PSG 0-0 Real Madrid (22/10/2015)

Jumat, 23 Oktober 2015

Duel ketat antara Paris Saint-Germain kontra Real Madrid harus berakhir dengan skor 0-0. Laga berjalan seimbang dengan kedua kubu sama-sama punya sejumlah peluang bagus.

Dalam laga yang berlangsung di Parc de Princes, Kamis (22/10/2015) dinihari WIB, PSG bermain sabar dengan umpan-umpan pendek satu sentuhan. Sementara Madrid melakukan pendekatan yang lebih agresif, melancarkan serangan-serangan cepat dan umpan yang lebih direct.

Statistik menunjukkan PSG lebih uinggul dalam penguasaan bola dengan persentase 58% berbanding 42%. Namun demikian, Madrid punya peluang lebih banyak.

PSG cuma melepaskan 10 percobaan sepanjang laga dengan dua yang tepat sasaran. Sementara Madrid punya 16 upaya dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Namun demikian tak ada gol tercipta selama 90 menit. Kedua tim pun berbagi satu angka dan sama-sama tak beranjak dari posisinya di papan klasemen.

Madrid masih memuncaki Grup A dengan nilai tujuh, unggul selisih gol dari PSG. Sementara Malmo menempati posisi tiga berkat kemenangan 1-0 atas Shakhtar Donetsk di laga lainnya. Shakhtar sendiri belum mendapatkan poin sampai laga ketiga.

Madrid tampil agresif di awal-awal laga, menekan dengan gencar. Peluang pertama pun jadi milik mereka kala Marcelo melepaskan sepakan jarak jauh. Cuma melebar ke kiri gawang Kevin Trapp.

Sementara Madrid bermain agresif dan cepat, PSG berupaya tampil dengan tempo lambat. Mereka memainkan umpan-umpan pendek satu sentuhan. Kesempatan didapatkan PSG di menit ke-8, saat Zlatan Ibrahimovic menyambut umpan silang dengan sepakan kaki kiri. Upayanya melebar dan belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

PSG mendapatkan peluang kedua di menit ke-11. Berawal dari umpan silang Serge Aurier dari kanan yang dimentahkan bek Madrid, bola pantulan diterima Blaise Matuidi di depan kotak penalti. Matuidi lantas melepaskan sepakan kaki kiri, tapi mengarah tepat ke Keylor Navas dan mudah diantisipasi.

Tiga menit berselang, PSG punya kesempatan lewat bola mati. Thiago Motta mengirimkan umpan lambung dari sisi kiri ke dalam kotak penalti dan disambut sundulan Thiago Silva. Tak berbuah ancaman berarti untuk Madrid karena melambung jauh.

Sebuah ancaman berbahaya kemudian dilancarkan Madrid di menit ke-26. Toni Kroos melepaskan umpan terobosan ke Jese Rodriguez yang berlari ke sisi kanan di dalam kotak penalti. Jese sempat menyepak bola, tapi Trapp sigap mengantisipasi pergerakannya. Dia berada di hadapan Jese dan berhasil menghalau laju bola.

Peluang lain diciptakan Madrid di menit ke-35. Umpan silang Marcelo dari sisi kiri disambut sundulan Cristiano Ronaldo yang tak terkawal ke pojok kiri gawang. Trapp menunjukkan refleks cemerlang untuk menepis bola dan berujung sepak pojok.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Ronaldo kembali menebar bahaya untuk tuan rumah. Umpan lambung Kroos disambutnya dengan tandukan. Trapp kembali membuat penyelamatan dengan menghalau bola ke atas mistar.

Madrid kembali menekan di menit ke-39. Isco melakukan akselerasi di tengah, memasuki kotak penalti, dan melepaskan tendangan. Bola sempat diblok Marquinhos sehingga berbelok arah, tipis saja di samping kiri gawang PSG.

Semenit berselang sepakan Casemiro dari luar kotak penalti cukup menyulitkan Trapp. Bola yang memantul tanah membuat kiper PSG itu mengamankan dengan menepis ke luar lapangan.

Empat menit babak kedua berjalan, PSG mendapatkan peluang apik. Umpan silang Motta dari kiri mampu disonteknya yang berlari tanpa pengawalan ketat. Hanya saja upayanya masih melebar ke kiri gawang Navas.

Di menit ke-52, giliran Madrid punya peluang dari bola mati tak jauh di depan kotak penalti. Ronaldo bertindak sebagai eksekutor, melepaskan sepakan keras mengincar pojok kiri gawang PSG. Cuma melebar setelah berbelok arah mengenai pagar pemain.

Di Maria melakukan tusukan dari sisi kanan di menit ke-65. Berlari memotong ke tengah, dia melepaskan sepakan ke gawang Madrid. Bola sempat membentur bek Madrid, lantas diamankan oleh Navas.

Madrid nyaris memimpin di menit ke-73 lewat sebuah serangan balik. Modric menusuk di sisi kanan, lalu mengoper ke Jese di tengah. Jese mencoba melepaskan tembakan, tapi diblok Thiago Silva.

Bola pantulan lantas diterima Marcelo, yang langsung mengoper ke Ronaldo di sisi kiri. Tanpa kawalan, Ronaldo melepaskan tendangan voli kaki kiri yang tak mampu dihalau Trapp. Tapi bola cuma melesat tipis di sisi kanan gawang.

PSG tampak menguasai pertandingan dengan nyaman, namun kesulitan menciptakan peluang berarti. Sementara Madrid beberapa kali melakukan tusukan cepat dan mencoba memaksimalkan bola mati, hanya saja belum membuahkan hasil.

Tak ada gol hingga laga usai, kedua tim pun berbagi satu poin.

Susunan pemain:

PSG: Trapp, Thiago Silva, Marquinhos, Maxwell, Aurier, Verratti (Lavezzi 80'), Thiago Motta, Di MarĂ­a (Lucas 67'), Matuidi, Cavani (Pastore 67'), Ibrahimovic

Madrid: Navas, Varane, Ramos, Marcelo, Danilo, Kroos, Casemiro, Lucas Vazquez, Isco (Modric 69'), Ronaldo, Jese (Cheryshev 73')

Berita Terkait: