Chelsea 2-0 Aston Villa (17/10/2015)

Senin, 19 Oktober 2015

Chelsea akhirnya bangkit setelah gagal menang di tiga pertandingan terakhirnya. Menjamu Aston Villa, The Blues meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Di Stamford Bridge, Sabtu (17/10/2015) malam WIB, Chelsea menjamu Aston Villa usai menjalani jeda internasional. Sebelumnya skuat besutan Jose Mourinho gagal menang di tiga pertandingan beruntun: kalah 1-3 dari Southampton, tunduk 1-2 atas FC Porto dan berimbang 2-2 dengan Newcastle United.

Setelah serangkaian hasil buruk tersebut Chelsea akhirnya bisa kembali menang. Diego Costa mencetak gol pembuka dalam laga ini di menit 34 setelah menerima assist dari Willian.

Striker asal Spanyol itu kemudian juga terlibat dalam gol kedua di menit 54, saat sepakannya membentur kaki Alan Hutton dan berbelok masuk ke gawang. Meski awalnya dianggap milik Costa, gol itu kemudian dinyatakan sebagai bunuh diri Hutton.

Tambahan tiga poin ini membuat Chelsea kini mengoleksi 11 angka, yang membuat mereka naik ke urutan 11 klasemen. Juara Premier League musim lalu ini masih tertinggal 10 angka dari Manchester City di posisi teratas.

Sementara Aston Villa tertahan di posisi 18 klasemen dengan poin empat.

Chelsea lebih dulu membuka kesempatan bikin gol di menit enam saat Pedro Rodriguez memberi umpan pendek pada Ruben Loftus-Cheek di dalam kotak penalti. Dari posisi tersebut tendangan Loftus-Cheek tidak membuahkan hasil karena bola membentur bek Villa dan bergulir ke luar lapangan.

Villa balas mengancam tiga menit berselang saat Hutton berhasil melewati Baba Rahman di sisi kiri pertahanan Chelsea. Masuk ke kotak penalti, Hutton memaksakan melepas tembakan dari sudut sempit, upayanya dimentahkan Asmir Begovic. Bola mental dari momen itu kembali jatuh ke kaki Hutton, bukannya melepas umpan pada tiga rekannya di kotak penalti dia malah memilih melepaskan tembakan. Akurasinya buruk, alhasil tak ada gol tercipta.

Kans tim tamu setelahnya datang saat Jordan Ayew menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpan pada Rudy Gestede. Diganggu John Terry di dalam kotak penalti, tandukan Gestede melayang di atas mistar.

Gol! Chelsea akhirnya memecah kebuntuan di menit 34. Gol tersebut datang akibat kesalahan Micah Richards yang tak sempurna mengontrol bola hasil umpan dari kiper.

Si kulit bundar kemudian direbut Willian, yang kemudian berlari masuk ke kotak penalti dan mengirim umpan pada Costa. Sontekan pelan Costa dari jarak dekat menjebol gawang Aston Villa dan memberi The Blues keunggulan 1-0.

Sebuah kesalahan dari barisan belakang Villa nyaris memberi Chelsea gol kedua. Richard salah memberi umpan pada Willian, di mana gelandang asal Brasil itu langsung meneruskan bola pada Costa. Serangan tersebut menjadi percuma karena bola yang disodorkan Costa pada Loftus-Cheek terlalu deras sehingga lebih dulu ditangkap kiper.

Pada awal babak kedua, Villa lebih dulu menebar ancaman. Jack Grealish berhasil melewati Cesar Azpilicueta di sisi kanan dan melakukan cut inside untuk kemudian melanjutkan dengan melepaskan tembakan. Upayanya terlalu ambisius karena dari sudut sempit bola yang dia sepak cuma melayang melewati gawang.

Gol Chelsea! Di menit 54 tuan rumah menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Costa kembali terlibat dalam terciptanya gol ini. Sepakan yang dia lepaska dari muka gawang berbelok arah karena membentur kaki Hutton. Itu membuat kiper Brad Guzan terkecoh dan tak bisa berbuat banyak saat si kulit bundar melambung masuk ke gawangnya. Meski awalnya dianggap gol Costa, adalah Hutton yang kemudian dinyatakan membuat own goal.

Kesalahan lain dibuat barisan belakang Villa pada menit 69 yang nyaris menjebol gawang mereka untuk kali ketiga. Peluang tersebut diawali saat Willian berhasil memotong umpan Ashley Westwood dan mengirim umpan pada Costa. Villa beruntung karena upaya Costa kali ini dihalau Richards sehingga tak ada gol tambahan bersarang di gawang mereka.

Sepuluh menit sebelum turun minum gantian Fabregas yang membuang kesempatan. Sepakannya dari dalam kotak penalti hanya melintas melewati muka gawang dan berakhir dengan tendangan gawang untuk Villa.

Tak ada gol tambahan dibuat Chelsea setelah wasit memberi tiga menit injury time. Periode itu juga gagal dimanfaatkan Villa untuk memperkecil kedudukan.

Susunan Pemain

Chelsea: Asmir Begovic, Kurt Zouma, Baba Rahman, John Terry, Ce;sar Azpilicueta, Cesc Fabregas, Ramires, Pedro ('83 Eden Hazard), Willian ('90 Loic Remy), Ruben Loftus-Cheek ('45 Nemanja Matic), Diego Costa

Aston Villa: Brad Guzan, Micah Richards, Joleon Lescott, Kieran Richardson ('64 Jordan Amavi), Alan Hutton, Idrissa Gueye, Ashley Westwood, Jordan Ayew ('68 Adama Traore;), Carles Gil, Jack Grealish, Rudy Gestede

Berita Terkait: