Manchester City 5-1 Bournemouth (17/10/2015)

Senin, 19 Oktober 2015

Manchester City memetik kemenangan telak 5-1 saat menjamu Bournemouth untuk mengokohkan posisinya di puncak klasemen Premier League. Raheem Sterling menjadi bintang dengan mencetak tiga gol.

Dalam pertandingan di Etihad Stadium, Sabtu (17/10/2015) malam WIB, City sudah unggul 2-0 saat laga baru berjalan 11 menit. Sterling dan Wilfried Bony mencetak gol-gol tuan rumah.

Bournemouth sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Glenn Murray. Tapi dua gol tambahan dari Sterling memantapkan posisi City saat turun minum.

Di babak kedua, tempo permainan melambat. Baru di menit ke-89 City menambah gol lagi lewat sepakan Bony.

Dengan tambahan tiga poin, City mantap di puncak klasemen dengan 21 poin dari sembilan laga. Sementara Bournemouth ada di urutan ke-17 dengan delapan poin.

City sudah langsung unggul saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Pablo Zabaleta yang bergerak di sisi kanan meneruskan bola lambung dari Fernandinho dengan menyundulnya ke depan gawang. Wilfried Bony sempat menyentuh bola dan bola langsung disambar oleh Raheem Sterling untuk menjebol gawang Bournemouth.

Tak butuh waktu lama, City menggandakan keunggulannya. Empat menit usai gol Sterling, City kembali membobol gawang Bournemouth. Umpan Bacary Sagna dari sisi kiri tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Federici. Bony yang ada di dekatnya langsung mencuri bola dan menceploskannya ke dalam gawang.

Unggul dua gol tak membuat City mengendurkan serangan. Sebuah tembakan Kevin De Bruyne dari luar kotak penalti mengancam gawang Bournemouth. Tapi sepakan kerasnya itu bisa ditepis oleh Federici.

Bournemouth memperkecil ketertinggalan dari City di menit ke-22. Glenn Murray melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau oleh Joe Hart.

City bereaksi tujuh menit berselang. Umpan terobosan De Bruyne jatuh ke kaki Sterling yang kemudian langsung merangsek masuk ke dalam kotak penalti. Setelah melewati adangan dua pemain belakang Bournemouth, Sterling langsung melepaskan tembakan yang meluncur mulus ke dalam gawang tim tamu.

Di menit ke-45, De Bruyne kembali menebar ancaman lewat tembakannya dari luar kotak penalti. Sial bagi De Bruyne, sepakannya ini ditepis oleh Federici dan kemudian membentur mistar gawang.

Di penghujung babak pertama, kesalahan Andrew Surman berakibat fatal untuk Bournemouth. Bola bisa dicuri oleh Jesus Navas yang langsung menuju gawang. Sepakan Navas lantas bisa ditepis oleh Federici. Tapi bola muntah bisa dimaksimalkan oleh Sterling untuk membawa City unggul 4-1 sekaligus melengkapi hat-trick-nya.

Memasuki babak kedua, tempo permainan sedikit melambat kendati City masih memegang kendali. Meski demikian, City masih menciptakan sejumlah peluang berbahaya.

Di menit ke-57, umpan Navas disambut tendangan first time oleh Bony. Tapi upayanya itu masih mengarah tepat ke Federici.

Empat menit berselang, umpan lambung Bony jatuh ke kaki Sterling yang berdiri bebas. Tapi dia gagal memanfaatkan peluang itu setelah tembakannya hanya mengenai sisi luar jaring gawang Bournemouth.

Sterling kembali menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya tiga menit kemudian. Mendapat umpan terobosan dari Bony di dalam kotak penalti, Sterling tinggal menghadapi kiper. Tapi tembakannya justru melebar.

Menguasai permainan, City baru bisa menambah gol di menit ke-89. Berawal dari umpan Navas dari sisi kanan, bola jatuh ke kaki Bony yang ada di dalam kotak penalti. Bony yang membelakangi gawang lantas membalikkan badan dan melepaskan tembakan ke arah gawang untuk membawa City menjauh.

Di masa injury time, City sempat menambah gol lagi lewat gol Kelechi Iheanacho yang menuntaskan umpan terobosan dari Bony. Tapi gol ini dianulir wasit karena Iheanacho dinilai sudah berada dalam posisi offside.

Susunan Pemain

Manchester City: Hart, Zabaleta, Otamendi, Mangala, Sagna, Fernandinho, Toure (Fernando 46'), Navas, De Bruyne (Nasri 62'), Sterling (Iheanacho 78'), Bony

Bournemouth: Federici, Francis, Cook, Distin, Daniels, Smith (Pugh 78'), Gosling, Surman, Ritchie, O'Kane (MacDonald 65'), Murray (King 74')

Berita Terkait: