Penampakan Bola Api Besar di Langit Thailand

Selasa, 08 September 2015


Kemunculan bola api besar di langit menghebohkan warga Thailand. Berbagai spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyebut ini asteroid, namun ada juga yang menyebutnya sebagai balon udara yang terbakar.

Seperti dilansir CNN, Selasa (8/9/2015), bola api ini terlihat di langit Thailand pada Senin (7/9) pagi waktu setempat. Keberadaannya bisa dilihat dari beberapa lokasi berbeda, pada waktu yang sama. Menurut media setempat, Bangkok Post, bola api ini muncul sekitar pukul 08.40 waktu setempat. Bangkok Post melaporkan, bola api ini terlihat oleh warga di pinggiran Thailand, seperti di Korat and Kanchanaburi hingga ke wilayah ibukota Bangkok.

Terlihat dalam beberapa video amatir, bola api ini jatuh dengan cepat ke daratan. Pergerakan bola api ini sangat cepat saat menghantam Bumi, namun bisa terlihat jelas nyala api dan jejak asap di tengah langit biru. Otoritas Thailand menyebut dugaan kuat bola api itu berasal dari luar angkasa.

"Ada kemungkinan besar bahwa objek yang terlihat pagi hari... di media sosial, merupakan objek dari luar angkasa," jelas Wakil Direktur Institut Penelitian Astronomi Nasional Thailand, Saran Poshyachinda kepada CNN.

Saran meyakini objek yang terbakar itu berasal dari luar angkasa. Satelit di luar angkasa cenderung bergerak searah dari barat ke timur dan objek itu jatuh dari arah berlawanan sebelum terbakar. "Kemungkinan asteroid yang masuk ke Bumi dan bergesekan dengan udara kemudian menjadi bola api," ucapnya.

Dari video dan foto-foto yang beredar di media sosial, Saran memperkirakan objek itu terbakar ketika berada di ketinggian 100 kilometer dari permukaan bumi. "Tampaknya tidak terlalu berat, saya perkirakan hanya beberapa kilogram," sebutnya.

Tidak diketahui pasti di lokasi mana objek ini jatuh dan apa dampaknya. Saran menyebut, tidak ada cukup bukti untuk menganalisis objek apa sebenarnya yang jatuh ke wilayah Thailand tersebut.

Sementara Bangkok Post mengutip seorang pejabat Bangkok Planetarium yang menyebut, kemungkinan objek itu ialah balon udara yang terbakar. Otoritas setempat saat ini juga tengah memeriksa kemungkinan objek tersebut merupakan sampah luar angkasa yang terbakar saat jatuh ke Bumi. Wakil Gubernur Kanchanaburi di pinggiran barat Thailand, menyatakan tidak ada laporan helikopter atau pesawat jatuh di wilayahnya saat bola api itu terlihat.

Berita Terkait: