Dinamo Zagreb 2-1 Arsenal (17/9/2015)

Kamis, 17 September 2015

Arsenal mengawali langkahnya di Liga Champions 2015/2016 dengan kekalahan. Harus mengakhiri laga dengan 10 orang, The Gunners takluk 1-2 di kandang Dinamo Zagreb.

Dalam pertandingan di Stadion Maksimir, Kamis (17/9/2015) dinihari WIB, Arsenal tertinggal lebih dulu di babak pertama. Jelang turun minum, Arsenal harus kehilangan Olivier Giroud yang diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Di babak kedua, Dinamo yang unggul jumlah pemain kemudian menggandakan keunggulan lewat sundulan Fernandes di menit ke-58. Arsenal baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-79 lewat sepakan Theo Walcott.

Dengan kekalahan ini, Arsenal menempati peringkat ketiga klasemen Grup F dengan poin nol. Sementara Dinamo yang punya tiga poin duduk di urutan kedua, kalah selish gol dari Bayern Munich yang di saat bersamaan menang 3-0 atas Olympiakos.

Dinamo Zagreb mendapat peluang lebih dulu di menit ketujuh. Marko Pjaca yang punya ruang di depan kotak penalti kemudian melepaskan tembakan. Namun upayanya itu masih belum mengarah ke gawang.

Dua menit berselang, giliran Arsenal yang nyaris membobol gawang Dinamo. Sepak pojok Mesut Oezil disambut sundulan oleh Olivier Giroud. Tapi tandukan Giroud masih bisa dihalau oleh Eduardo.

Di menit ke-18, dua peluang bagus didapat Arsenal sekaligus. Sepakan Giroud meneruskan umpan dari Alex Oxlade-Chamberlain membentur tiang gawang. Bola muntah coba kembali dimanfaatkan oleh Giroud, tapi Eduardo bereaksi dengan cepat untuk mengamankan bola.

Enam menit kemudian, gawang Arsenal akhirnya bobol. Josip Pivaric yang menerima bola dari Soudani melepaskan tembakan yang bisa ditepis oleh David Ospina. Tapi bola muntah kembali bisa dimanfaatkan Pivaric dan masuk ke dalam gawang.

Upaya Arsenal untuk mengejar ketertinggalan justru mendapat pukulan di menit ke-40. Giroud diusir keluar lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua. Kartu kuning itu didapatnya karena melanggar Ivo Pinto.

Di sisa lima menit babak pertama, tidak ada gol lagi yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Dinamo bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, Dinamo yang unggul jumlah pemain nyaris mencetak gol keduanya dua menit usai restart. Soudani melepaskan tembakan tapi masih mengenai tiang gawang. Bola muntah kembali coba dimanfaatkan oleh Soudani, tapi upayanya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Ospina.

Dua menit berselang, Arsenal punya peluang untuk menyamakan kedudukan. Tapi dua peluang yang masing-masing didapat Koscielny dan Oezil tak membuahkan hasil. Upaya Koscielny masih bisa diblok, sementara tembakan Oezil bisa digagalkan oleh Eduardo.

Dinamo menggandakan keunggulan di menit ke-58. Fernandes menjebol gawang Ospina lewat sundulannya setelah memanfaatkan sepak pojok Paulo Machado.

Arsenal mendapat tendangan bebas di menit ke-67 menyusul pelanggaran Pinto terhadan Sanchez. Tapi Sanchez tak mampu memaksimalkannya setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Arsenal baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-79. Menerima operan dari Sanchez, Walcott kemudian merangsek masuk ke dalam kotak penalti dan menuntaskannya dengan sepakan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh.

Di masa injury time, Gabriel gagal memanfaatkan peluang yang didapat untuk membawa Arsenal menyamakan kedudukan. Sundulannya meneruskan sepak pojok Oezil masih belum menemui sasaran.

Hingga pertandingan usai, skor 2-1 untuk Dinamo tetap bertahan.

Susunan Pemain

Dinamo Zagreb: Eduardo, Pinto, Sigali, Taravel, Antolic (Rog 82'), Machado, Ademi, Pivaric, Soudani, Fernandes (Coric 74'), Pjaca (benkovic 88')

Arsenal: Ospina, Debuchy, Gibbs (Campbell 65'), Gabriel, Koscielny, Arteta (Coquelin 64'), Oezil, Cazorla, Giroud, Oxlade-Chamberlain (Walcott 65'), Sanchez

Berita Terkait: