Chelsea 2-2 Swansea City (8/8/2015)

Senin, 10 Agustus 2015

Juara bertahan Chelsea mengawali Liga Primer Inggris musim ini dengan hasil seri. Dalam laga yang diwarnai kartu merah untuk Thibaut Courtois, The Blues ditahan imbang Swansea City dengan skor 2-2.

Chelsea turun dengan kekuatan terbaiknya saat menjamu Swansea di Stamford Bridge, Sabtu (8/8/2015). Diego Costa, yang sempat diragukan bisa tampil karena cedera, bermain sejak menit pertama. Dua pemain baru Chelsea, Asmir Begovic dan Radamel Falcao, tampil sebagai pemain pengganti.

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi dan banyak peluang yang tercipta untuk kedua tim. Chelsea membuka skor lewat tendangan bebas Oscar pada menit ke-23, yang dibalas oleh Swansea lewat gol Andre Ayew pada menit ke-29. Gol bunuh diri Federico Fernandez pada menit ke-30 membuat Chelsea unggul 2-1 hingga turun minum.

Di babak kedua, Chelsea mendapatkan petaka saat Courtois dikartu merah akibat pelanggaran yang dilakukannya. Pelanggaran Courtois itu juga berbuah penalti untuk Swansea, yang dieksekusi dengan sangat baik oleh Bafetimbi Gomis.

Kedua tim punya peluang untuk mencetak gol tambahan di sisa waktu. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-2 tak berubah.

Swansea membahayakan gawang Chelsea pada menit ketujuh. Gomis menyambut bola hasil tendangan sudut, tapi sundulannya masih melenceng tipis.

Gomis menyia-nyiakan kesempatan emas yang dia dapatkan pada menit ke-15. Dia punya ruang tembak terbuka saat menerima umpan terobosan dari Jonjo Shelvey, tapi tak segera melakukan penyelesaian. Akibatnya, dia lebih dulu ditutup oleh John Terry dan peluang pun terbuang percuma.

Beberapa saat kemudian, Swansea kembali punya kans. Namun, sepakan Ki Sung-yueng bisa dimentahkan kiper Thibaut Courtois.

Chelsea yang lebih dominan dalam penguasaan bola membuka skor pada menit ke-23. Tendangan bebas Oscar di sisi kanan pertahanan Swansea melaju mulus ke dalam gawang dan mengecoh penjaga gawang Swansea, Lukasz Fabianski.

Swansea cuma butuh enam menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tim tamu menjebol gawang Chelsea lewat gol Ayew. Berawal dari aksi Jefferson Montero di sisi kiri, bola kemudian diumpankan ke mulut gawang. Gomis menanduknya, tapi Courtois membuat penyelamatan gemilang. Bola rebound jatuh ke kaki Ayew. Meski tembakan pertamanya bisa diblok, Ayew tak gagal di usaha keduanya.

Namun, hanya semenit setelah kebobolan, Chelsea kembali memimpin. Gol bunuh diri Fernandez membawa mereka unggul 2-1. Fernandez berusaha menghalau umpan silang Willian, tapi bola malah melambung ke arah gawangnya sendiri.

Swansea mengancam gawang Chelsea pada menit ke-36 melalui sepakan Gylfi Sigurdsson. Namun, usaha Sigurdsson bisa digagalkan Courtois.

Di sisa babak pertama, tak ada gol tambahan yang tercipta. Chelsea masih unggul 2-1 atas Swansea.

Chelsea mendapatkan masalah besar saat laga memasuki menit ke-52. Courtois diganjar kartu merah langsung karena menerjang Gomis yang tengah berlari ke arah gawang. Selain itu, tim tuan rumah juga terkena hukuman penalti.

Diusirnya Courtois membuat Jose Mourinho terpaksa menarik keluar Oscar dan memasukkan kiper kedua, Begovic. Namun, pekerjaan pertama yang dilakukan Begovic adalah memungut bola dari dalam gawangnya karena dia tak bisa menghentikan eksekusi penalti Gomis pada menit ke-55. Chelsea 2, Swansea 2.

Swansea mencoba memaksimalkan keunggulan jumlah pemain yang mereka miliki. Mereka berpeluang mencetak gol ketiga pada menit ke-61, tapi tembakan jarak dekat Montero bisa dimentahkan oleh Begovic.

Sementara itu, Chelsea yang tampil dengan 10 pemain tetap berusaha menekan. Mereka mendapatkan kesempatan pada menit ke-66 melalui situasi bola mati. Tapi, sundulan Branislav Ivanovic meneruskan tendangan bebas Cesc Fabregas masih melambung.

Dua menit kemudian, Gomis kembali menjebol gawang Chelsea. Namun, gol ini dianulir wasit karena Gomis lebih dulu terjebak offside saat menerima umpan silang dari Montero.

Pemain pengganti Wayne Routledge punya peluang bagus untuk membawa Swansea memimpin pada menit ke-73. Sial buat Routledge, sepakannya dari dalam kotak penalti dengan mudah dibaca oleh Begovic.

Eden Hazard melakukan aksi individu beberapa saat kemudian yang membahayakan gawang Swansea. Akan tetapi, penyelesaian Hazard dari sudut sempit bisa dihalau Fabianski.

Upaya Ayew pada menit ke-81 juga belum menghasilkan gol tambahan untuk Swansea. Tembakan penyerang asal Ghana itu ditangkap dengan sempurna oleh Begovic.

Susunan Pemain
Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Matic, Fabregas (Zouma 76'); Willian (Falcao 84'), Oscar (Begovic 54'), Hazard; Diego Costa

Swansea City: Fabianski, Naughton, Fernandez, Williams, Taylor, Ki Sung-Yueng (Cork 42'), Shelvey, Sigurdsson, Ayew, Montero (Routledge 71'), Gomis (Eder 79')

Berita Terkait: