Arsenal 0-2 West Ham (9/8/2015)

Senin, 10 Agustus 2015

Arsenal membuka Premier League 2015-16 dengan hasil mengecewakan. Tampil di depan publiknya sendiri, anak asuhan Arsene Wenger itu dikalahkan West Ham United dengan skor akhir 0-2.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, Minggu (9/8/2015) malam WIB, gol-gol West Ham tercipta di masing-masing babak. Cheikhou Kouyate membawa tim tamu memimpin beberapa menit sebelum turun minum yang digandakan oleh Mauro Zarate setelah restart.

Statistik ESPNFC mencatat, Arsenal tampil mendominasi pertandingan tapi justru West Ham bermain efisien sehingga berhasil keluar sebagai pemenang.

Dengan 62 persen penguasaan bola, The Gunners menciptakan 21 percobaan dengan lima upaya mengarah ke gawang. Sedangkan The Hammers memiliki 38 persen penguasaan bola menciptakan delapan percobaan dengan empat upaya mengarah ke gawang, termasuk dua gol yang terlahir.

Kekalahan ini membuat Arsenal terperosok ke peringkat terbawah klasemen sementara tanpa mengantongi angka sedangkan West Ham berada di peringkat ketiga dengan nilai tiga.

Tekanan demi tekanan dilakukan Arsenal ke pertahanan West Ham. Di menit ke-12, sepakan voli Oxlade-Chamberlain melambung tipis dari sudut atas gawang Adrian.

Sebelumnya, Laurent Koscielny menebar ancaman denan sundulannya setelah menyongsong bola umpan silang Mathieu Debuchy.

Peluang berbahaya pertama yang didapat West Ham di menit ke-20. Crossing Payet menemui Sakho yang berada di muka gawang tapi sontekannya belum menguji Petr Cech.

Oxlade-Chamberlain meliuk-liuk melewati beberapa pemain lawan sebelum melepaskan umpan silang dari sisi kanan. Bola diterima Santi Cazorla tapi tendangan voli kaki kirinya hanya bersarang di atas jala gawang West Ham.
Di menit ke-31, tendangan Aaron Ramsey menghantam mistar gawang West Ham sebelum menghasilkan sepak pojok. Setelahnya, bola sepak pojok disundul Per Mertesacker di dalam kotak, bola sempat lepas dari tangkapan Adrian sebelum bisa diamankan.

Memasuki menit ke-39, Ramsey mengancam lagi. Operan Francis Coquelin diterima Ramsey di luar kotak penalti yang diteruskan dengan tendangan mendatar tapi masih melenceng.

Di menit ke-43, West Ham justru mampu mencuri gol. Berawal dari tendangan bebas, Cheikhou Kouyate menyarangkan bola ke gawang setelah Cech terlambat mencegat bola. West Ham unggul 1-0 dari Arsenal.

Selepas turun minum, umpan mendatar Oezil dari sisi kiri menemui Giroud di dalam kotak. Penyerang Prancis itu mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan keras tapi hanya bersarang di sisi luar gawang West Ham.

Giroud mengancam lagi di menit ke-56 tapi tembakannya masih belum sanggup menaklukkan Adrian. Semenit kemudan, Arsenal justru kebobolan lagi.

Berawal dari kegagalan Arsenal dalam mengamankan bola, Zarate menyongsong bola dengan tembakan mendatar yang tidak mampu dijangkau Cech. West Ham unggul 2-0 sekarang.

Untuk menambah daya gedor, Arsenal menarik Coquelin dan Debuchy untuk digantikan oleh Theo Walcott dan Alexis Sanchez.

Memasuki 10 menit terakhir, Diafra Sakho menusuk kotak penalti sebelum bola yang digiringnya dipotong Cech. Oxlade-Chamberlain melepaskan tendangan kencang tapi hanya bersarang di sisi luar jala gawang.

Di masa injury time, Sanchez mencoba peruntungannya dengan melakukan tendangan mendatar di dalam kotak. Adrian masih sigap menangkap bola.


Susunan Pemain

ARSENAL: Cech, Debuchy (Sanchez 67'), Mertesacker, Koscielny, Monreal, Coquelin (Walcott 58'), Ramsey, Oxlade-Chamberlain, Oezil, Cazorla, Giroud

WEST HAM: Adrian, Tomkins, Reid, Ogbonna, Cresswell, Oxford (Nolan 79'), Noble, Kouyate, Payet, Zarate (Jarvis 63'), Sakho (Maiga 89')

Berita Terkait: