Stoke City 0-1 Liverpool (9/8/2015)

Senin, 10 Agustus 2015

Liverpool berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Stoke City di Britannia Stadium di laga pekan pertama Premier League 2015/2016. Sepakan keras Philippe Coutinho dari luar kotak penalti menjadi pembeda.

Bertandang ke Britanna Stadium, Minggu (9/8/2015) malam WIB, Liverpool sebenarnya tampak kesulitan mengembangkan permainan. Whoscored mencatat penguasaan bola relatif seimbang dengan anak-anak Merseyside sedikit unggul 53%-47%.

Liverpool melepaskan total delapan tembakan dengan tiga mengarah ke gawang. Sedangkan tuan rumah mencatatkan tujuh percobaan dan satu yang tepat sasaran.

Anak asuh Brendan Rodgers harus menunggu hingga menit ke-86 untuk memecah kebuntuan. Coutinho melepaskan sepakan jarak jauh yang tak mampu dihentikan Butland.

Gol tunggal itu memastikan Liverpool mengawali musim dengan angka penuh. Dengan tiga poin, mereka sementara menempati urutan lima di belakang Leicester City, Crystal Palace, West Ham United, dan Aston Villa.

Jalannya Pertandingan

Liverpool memulai laga dengan memasang empat pemain baru, yakni Nathaniel Clyne, Joe Gomez, James Milner, dan Christian Benteke. Sedang Stoke menempatkan tiga rekrutan anyar antara lain Glen Johnson, Marco van Ginkel, dan Ibrahim Afellay.

Sejak dimulainya laga, Liverpool menguasai permainan dan lebih banyak berupaya menusuk dari sisi kanan melalui Jordon Ibe dan Clyne. Stoke bermain sabar, berupaya membuka celah lewat bola panjang dan serangan balik.

Meski tim tamu dominan, tembakan tepat sasaran pertama di laga ini jadi milik Stoke. Di menit ke-19, Diouf melakukan sepakan voli dari luar kotak penalti menyambut umpan sundulan dari Jonathan Walters. Tapi masih terlalu mudah untuk diamankan Simon Mignolet.

Sepuluh menit kemudian Liverpool kembali mendapatkan tekanan, kali ini melalui bola mati eksekusi Charlie Adam. Walters berhasil mencuri langkah dari penjaganya dan menyambut bola lambung di depan gawang. Sundulannya melebar tipis ke kanan. Belakangan bendera tanda offside diangkat.
Seiring berjalannya laga, Liverpool justru kehilangan dominasi. Justru Stoke bermain dengan mengambil inisiatif, membangun serangan melalui kedua sayap.

Di menit ke-36, Stoke menekan lewat sisi kanan. Bola berakhir di kaki Johnson di depan gawang, hanya saja bola tak terkontrol dengan baik. Sepakan yang dilancarkan pun cuma melambung. Tak ada peluang berarti di sisa waktu babak pertama, begitu juga belum ada gol tercipta.

Babak kedua baru berjalan, Stoke langsung menciptakan kans. Menerima umpan Walters, sepakan jarak jauh dari Van Ginkel dari sisi kanan meluncur tipis di sisi kanan gawang.

Liverpool mencatatkan tendangan tepat sasarannya untuk kali pertama di laga ini pada menit ke-63. Dari tendangan bebas, bola jatuh ke kaki Skrtel di sisi kiri kotak penalti. Dia lalu mengumpan ke Dejan Lovren, bola lantas disepak ke arah gawang. Tepat ke arah kiper Jack Butland.

Di menit ke-67, sebuah sepakan dari Benteke di dalam kotak penalti diblok Johnson. Tak lama berselang, sebuah sundulan dari Skrtel menyambut umpan sepak pojok Milner diselamatkan dengan baik oleh Butland di pojok kiri gawang.

Umpan silang Johnson di menit ke-84 nyaris saja berbuah hasil untuk Stoke. Tapi sebelum umpan disambut sundulan Mame Biram Diouf, bola lebih dulu disontek bek Liverpool dan berujung sepak pojok.

Kendati tampak tak berbahaya sepanjang laga, Liverpool berhasil memetik keunggulan di menit ke-86. Menerima umpan Gomez di sisi kiri, Coutinho melepaskan diri dari kawalan lalu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola melesak ke pojok kanan atas tanpa mampu dihentikan Butland.

Tak ada gol di sisa waktu. Liverpool menang tipis 1-0.

Susunan pemain:

Stoke: Butland; Johnson, Cameron, Muniesa, Pieters (Wollscheid 46'); Whelan, Adam (Sidwell 78'); Walters, van Ginkel, Afellay (Odemwingie 78'); Diouf.

Liverpool: Mignolet, Clyne, Skrtel, Lovren, Gomez, Henderson, Milner, Lallana (Can 63'), Ibe (Firmino 78'), Coutinho, Benteke.

Berita Terkait: