Barcelona Juara Joan Gamper Trophy 2015

Kamis, 06 Agustus 2015

Kembalinya Neymar dan Lionel Messi langsung berbuah positif untuk Barcelona. Keduanya menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 3-0 atas AS Roma ajang Joan Gamper Trophy. Satu gol lain dicetak Ivan Rakitic.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (6/8/2015) dinihari WIB, Barca kembali diperkuat Messi dan Neymar yang di laga-laga uji coba sebelumnya absen. Keduanya turun sebagai starter mendampingi Luis Suarez.

Di belakang Marc-Andre ter Stegen dikawal Jeremy Mathieu, Thomas Vermaelen, Marc Bartra, dan Dani Alves. Sementara tiga pemain mengisi lini tengah yakni Javier Mascherano, Rafinha, dan Ivan Rakitic.

Sementara Roma memasang Wojciech Szczesny di bawah mistar di belakang Alessandro Florenzi, Mapou Yanga-Mbiwa, Leandro Castan, dan Vasilis Torosidis. Di tengah, Seydou Keita, Radja Nainggolan, dan Miralem Pjanic mendukung trio Falque, Destro, dan Gervinho.

Barca langsung menggebrak di awal-awal laga. Sepakan Messi di menit ke-3 ditangkap Szczesny. Hanya semenit berselang, giliran Neymar mendapatkan peluang. Sundulannya menyambut umpan Alves melebar meski tak terkawal.

Di menit ke-6, sepakan Messi ditepis kiper. Bola pantulan disambut Rafinha namun diblok bek.

Roma balas menekan di menit ke-15. Sepakan Nainggolan dari luar kotak penalti tipis saja di kiri gawang. Barca merespons lewat tendangan keras Rakitic yang ditepis dengan gemilang oleh Szczesny.

Barca kembali membuang peluang apik di menit ke-18 kala sepakan voli Rafinha dari jarak dekat melambung. Di menit ke-26, mereka memetik keunggulan.

Dari tengah, Messi mengirimkan umpan terukur ke Mathieu di sisi kiri di dalam kotak penalti. Mathieu meneruskannya ke Neymar di depan gawang. Dengan satu sentuhan penyerang asal Brasil itu melewati Szczesny yang menerjang dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Barca terus mendominasi permainan. Sementara Roma beberapa kali membangun serangan balik lewat Gervinho dan Iago Falque, namun kerap terbaca.
Barca menambah gol di menit ke-41. Suarez menusuk di sisi kanan, lalu mengoper ke Alves dan diteruskan ke Rafinha. Melihat ruang tembaknya tertutup, Rafinha menyodorkan bola ke Messi di depan kotak penalti dan langsung disambut sepakan yang menghujam ke sisi kanan gawang.

Dominasi Barca masih berlanjut di babak kedua. Pada menit ke-51, sepakan Jordi Alba dari sisi kiri melebar ke kanan. Gol kemudian tercipta di menit ke-66 lewat sepakan spektakuler Rakitic dari jarak jauh, yang melesat ke pojok kiri atas.

Roma mendapatkan peluang apik di menit ke-74. Skema serangan dari sisi kanan berujung pada terbebasnya Maicon dari pengawalan dan mengirim umpan silang mendatar. Bola disambar Daniele De Rossi tapi cuma tipis di sisi kanan gawang.

Giliran Barca kembali menekan empat menit berikutnya. Pedro mendapatkan bola di sisi kiri dan menggiringnya memasuki kotak penalti. Setelah melakukan gerakan memotong ke tengah, Pedro melepaskan sepakan yang ditepis dengan baik oleh De Sanctis.

Gantian Rakitic yang memberikan tes untuk De Sanctis. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti dihalau oleh kiper 38 tahun itu. Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu, Barca pun menang.

Hasil ini memutus rangkaian tiga kekalahan beruntun sepanjang pramusim. Seperti diketahui, setelah menang atas LA Galaxy, Barca menelan tiga kekalahan masing-masing dari Manchester United, Chelsea (adu penalti), dan Fiorentina.

Berikutnya Barca akan menghadapi Sevilla di ajang Piala Super Eropa. Sementara Roma masih punya dua laga persahabatan melawan Valencia dan Sevilla sebelum memulai Serie A.

Susunan pemain:

Barcelona: Ter Stegen (Bravo 61'); Mathieu (Pedro 61'), Vermaelen (Alba 46' (Halilovic 76')), Bartra, Alves (sergi 60'); Masherano (Busquets 60'), Rakitic, Rafinha (Pique 61'); Messi (Iniesta 60'), Suarez (Munir 60'), Neymar (Sandro 60')

Roma: Szczesny (De Sanctis 46'); Torosidis, Castan (Manolas 46'), Mapou (Romagnoli 70'), Florenzi (Maicon 46'); Keita (De Rossi 66'), Nainggolan (Paredes 70'), Pjanic; Falque (Totti 66'), Destro (Iturbe 46'), Gervinho

Berita Terkait: