Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol 2015

Selasa, 18 Agustus 2015

Athletic Bilbao keluar sebagai juara Piala Super Spanyol 2015 usai bermain imbang 1-1 dengan Barcelona di leg II. Dengan demikian, Bilbao menang 5-1 secara agregat.

Bilbao sudah menaruh satu tangan mereka di trofi berkat kemenangan 4-0 pada leg pertama pekan lalu. Tim besutan Ernesto Valverde itu membuat Barca punya pekerjaan berat untuk membalikkan keadaan pada leg II, Selasa (18/8) dinihari WIB.

Pada pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Barca tampil dominan sejak awal. Statistik yang dilansir ESPNFC menunjukkan, tim arahan Luis Enrique itu memenangi penguasaan bola hingga 73%. Barca juga menorehkan 17 attempts, tapi hanya 4 di antaranya tepat sasaran.

Athletic sendiri hanya memiliki 7 attempts sepanjang laga. Namun, jumlah attempts on target mereka sama dengan milik Barca, yakni 4.

Barca memperoleh peluang pertama mereka ketika laga baru berjalan lima menit. Pedro Rodriguez yang menerima operan dari Andres Iniesta melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun, tendangannya masih bisa diblok.

Semenit berselang, Barca mendapatkan sepak pojok. Dari sepak pojok tersebut, gantian Gerard Pique yang mendapatkan peluang. Sial bagi Pique, tendangannya dari dalam kotak penalti masih menerpa mistar.

Barca yang membutuhkan empat gol untuk mengejar agregat terus menekan. Pada menit ke-30, gantian Lionel Messi yang mendapatkan kans. Tetapi, tendangan bintang asal Argentina itu masih melambung di atas mistar gawang.

Barulah pada menit ke-43, Messi bisa membawa Barca memimpin. Gol bermula dari umpan silang yang dilepaskan Ivan Rakitic dari sisi kanan.

Umpan Rakitic itu diteruskan oleh Luis Suarez dengan dadanya kepada Messi yang menusuk masuk ke tengah kotak penalti. Lewat sepakan kaki kiri, Messi pun membobol gawang Bilbao.

Para pemain Barca pun buru-buru mengambil bola dari dalam gawang Bilbao. Sempat terjadi sedikit cekcok lantaran kiper Bilbao, Gorka Iraizoz, berusaha menahan bola.
Di awal-awal babak kedua, Barca sempat mendapatkan sejumlah peluang. Dua di antaranya lewat Pedro dan Rakitic. Namun, usaha keduanya juga belum membuahkan hasil.

Di tengah usaha untuk menambah gol, Barca malah harus kehilangan pemain. Pada menit ke-56, Pique dipersilakan keluar dari lapangan lantaran melakukan protes berlebihan kepada hakim garis.

Dalam keadaan kalah jumlah pemain, usaha Barca pun kian berat. Kendati demikian, mereka masih sempat membuat beberapa peluang. Salah satunya lewat sepakan Luis Suarez dari luar kotak penalti, yang masih bisa dijinakkan oleh Iraizoz.

Bukannya menambah gol, Barca malah kebobolan pada menit ke-74. Adalah Aritz Aduriz, yang mencetak tiga gol ke gawang Barca pekan lalu, yang jadi pendulang golnya.

Gol bermula dari duel udara antara Oscar De Marcos dan Jeremy Mathieu yang dimenangi oleh De Marcos. Bola kemudian jatuh di kaki Aduriz yang berdiri tanpa pengawalan sama sekali di depan kotak penalti Barca.

Usaha pertama Aduriz lewat sebuah sepakan masih bisa digagalkan kiper Barca, Claudio Bravo. Namun, bola muntah langsung disambar lagi oleh Aduriz dan gol pun tercipta.

Dengan kedudukan 1-1, Barca tidak punya banyak kesempatan. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor tersebut pun tetap bertahan. Bilbao keluar sebagai juara.

Susunan Pemain

Barcelona: Bravo, Pique, Mascherano, Alves, Mathieu, Busquets, Rakitic (Sandro 68), Iniesta, Pedro (Munir 68), Messi, Suarez.

Athletic Bilbao: Iraizoz, Boveda, Laporte, Etxeitia (Elustondo 68), Balenziaga, Benat (Rico 83), Eraso, De Marcos, Susaeta, Gurpegui, Aduriz.

Berita Terkait: