Newcastle 2-1 Chelsea (7/12/2014)

Minggu, 07 Desember 2014

Newcastle United memberikan kekalahan pertama untuk Chelsea musim ini. Bermain dengan 10 orang sejak menit ke-83, Newcastle menang 2-1.

Kartu kuning kedua yang diterima Steven Taylor membuat Newcastle bermain dengan anggota tak lengkap sejak menit itu. The Magpies sudah unggul 2-0 saat itu, namun Chelsea mempertipis skor menjadi 2-1 lewat sundulan Didier Drogba.

Unggul jumlah pemain, Chelsea terus menekan pertahanan Newcastle. Namun, mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan. Newcastle pun meraih poin penuh berkat sepasang gol yang dilesakkan Papiss Cisse.

Kekalahan ini tidak memengaruhi posisi Chelsea. Tim besutan Jose Mourinho ini masih berada di puncak klasemen dengan koleksi nilai 36 --tetap unggul enam poin atas Manchester City. Namun, selisih enam poin itu bisa terpangkas andai City menundukkan Everton pada hari Minggu (7/12/2014) dinihari WIB.

Sementara, Newcastle naik ke urutan ketujuh dengan koleksi nilai 23.

Bertanding di St James' Park, Sabtu (6/12/2014) malam WIB, Chelsea tampil dengan mayoritas pemain utamanya, kecuali Nemanja Matic. Gelandang asal Serbia itu terkena larangan bermain setelah mengantongi lima kartu kuning.

Tanpa Matic, Jose Mourinho menumpuk John Obi Mikel dan Oscar untuk menemani Cesc Fabregas. The Blues tampil relatif oke di babak pertama, menorehkan 12 attempts ke gawang Newcastle, meski hanya dua di antaranya yang tepat sasaran.

Sementara dari sisi penguasaan bola, tidak ada perbedaan mencolok. Chelsea unggul 58:42, tetapi Newcastle beberapa kali sukses mengancam pertahanan Chelsea.

Salah satu peluang terbaik Newcastle didapatkan oleh Jack Colback ketika pertandingan berjalan sekitar setengah jam. Colback berlari menusuk lewat tengah dan menyambut umpan terobosan dari Ayoze Perez. Sial bagi Colback, tendangannya masih bisa diblok oleh kiper Chelsea, Thibaut Courtois.
Pertahanan kedua kesebelasan sama-sama tampil kokoh di babak pertama. Tidak heran jika melihat banyaknya blok dilakukan di area kotak penalti masing-masing.

Menjelang babak pertama selesai, Chelsea sempat mendapatkan peluang lewat sepakan Oscar. Namun, tendangan gelandang asal Brasil itu masih menyamping. Peluang Oscar ini menjadi satu di antara banyak peluang Chelsea di babak pertama yang melebar dari sasaran ataupun ditangkap kiper Newcastle, Robert Elliot.

Tepat sesaat sebelum babak pertama selesai, Elliot mendapatkan cedera setelah melakukan tendangan gawang. Elliot tidak kembali bermain di babak kedua dan posisinya digantikan oleh kiper debutan berusia 21 tahun, Jak Alnwick.

Alnwick unjuk kemampuan di menit ke-48 ketika Chelsea mendapatkan tendangan bebas. Dia maju dari gawangnya untuk meninju bola yang dilepaskan Fabregas ke dalam kotak penalti Newcastle. Peluang Chelsea pun gagal.

Pada menit ke-56, Chelsea kembali mengancam lewat set piece. Kali ini, tendangan bebas Fabregas disambut Mikel dengan sundulan. Sial buat Mikel, sundulannya masih menyamping.

Semenit berselang, malah Newcastle yang memaksimalkan dengan baik peluang yang mereka miliki. Sebuah umpan dari kiri yang dilepaskan oleh Sammy Ameobi disambar oleh Papiss Cisse tepat di depan gawang Chelsea.

Umpan Ameobi tersebut gagal dihalau oleh setidaknya tiga orang bek Chelsea. Cisse pun dengan tenang tinggal menceploskan bola ke gawang yang dikawal Courtois. Newcastle 1, Chelsea 0.

Chelsea menekan pertahanan Newcastle pada menit ke-75. Mereka berusaha membongkar pertahanan Newcastle lewat umpan lambung dan mengandalkan pantulan dari Didier Drogba. Penyerang asal Pantai Gading itu memberikan bola kepada Diego Costa dengan sundulan, namun tendangan Costa setelahnya masih bisa diblok oleh Fabricio Coloccini.

Dua menit berselang, Chelsea kembali mendapatkan peluang. Umpan Branislav Ivanovic dari sisi kanan disambut dengan sepakan oleh Hazard di dalam kotak penalti. Sial buat Hazard, dan juga Chelsea, tendangannya masih mengenai tiang gawang.

Newcastle pada akhirnya malah menambah keunggulan di menit ke-78. Berawal dari serangan balik yang dibangun amat rapi dari tengah, pemain-pemain Newcastle naik dengan amat perlahan dan menembus kotak penalti Chelsea.
Colback yang membawa bola kemudian mengirimkan umpan terobosan kepada Moussa Sissoko yang berada di kiri. Kontrol bola yang buruk dari Sissoko membuat bola dihalau barisan pertahanan Chelsea. Namun, bola malah mengarah kepada Cisse yang tidak terkawal. Dengan tenang, Cisse melesakkan bola ke dalam gawang. Itu gol keduanya pada laga kali ini.

Pada menit ke-83, Newcastle harus bermain dengan 10 orang setelah Steven Taylor menerima kartu kuning kedua. Chelsea pun mendapatkan tendangan bebas dan, seperti beberapa peluang mereka sebelum ini, The Blues memberikan ancaman untuk gawang Newcastle. Kali ini, ancaman mereka berubah menjadi gol.

Tendangan bebas Fabregas ke arah depan gawang Newcastle disambut dengan sundulan oleh Drogba. Bola hasil sundulan tersebut pun mengarah masuk ke dalam gawang dan Chelsea mempertipis skor.

Menjelang menit ke-90, Alnwick --kiper debutan itu-- melakukan dua penyelamatan penting untuk membuat Newcastle tetap memimpin. Chelsea pun terus menekan pertahanan Newcastle yang kini bermain minus satu orang sampai enam menit injury time.

Kendati demikian, gol penyama kedudukan yang dicari-cari Chelsea itu tidak kunjung muncul. Newcastle pun mengakhiri laga ini dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain

Newcastle United: Elliot (Alnwick 46), Coloccini, Janmaat, Taylor, Dummett, Sissoko, Colback, Cabella (Cisse 53), Tiote, Ameobi (Williamson 83), Ayoze.

Chelsea: Courtois, Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta (Filipe Luis 66), Fabregas, Oscar (Schuerrle 61), Mikel, Willian (Drogba 66), Hazard, Costa.

Berita Terkait: