Chelsea 3-0 Tottenham Hotspur (4/12/2014)

Kamis, 04 Desember 2014

Chelsea masih menjaga kesempurnaan mereka di Stamford Bridge sekaligus mengokohkan posisi puncak klasemen, usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 3-0.

Pada laga pekan ke-14 Premier League yang dihelat, Kamis (4/12/2014) dinihari WIB, Chelsea memimpin dua gol tanpa balas di babak pertama lewat Eden Hazard dan Didier Drogba. Satu gol lainnya diciptakan pemain pengganti, Loic Remy, di babak kedua.

Kemenangan atas Spurs membuat The Blues belum pernah kehilangan poin penuh dari tujuh pertandingan kandangnya musim ini, dengan bikin 18 gol serta hanya kebobolan tiga gol. Mereka kokoh di posisi pertama dengan 36 poin, unggul enam angka dari Manchester City di posisi kedua.

Sementara itu kekalahan keenam Spurs musim ini membuat mereka tertahan di posisi ke-10 dengan 20 poin.

Spurs tanpa diduga mengambil inisiatif serangan sejak menit awal dan mampu merepotkan pertahanan Chelsea. Bahkan sebelum laga berjalan lima menit, tim tamu sudah mendapat dua korner beruntun.

Di menit keempat peluang pertama dibuat Spurs dari crossing Vlad Chirices menemui Jan Vertonghen di kotak penalti. Vertonghen melompat untuk menyundulnya, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Tiga menit setelahnya Spurs kembali membahayakan gawang Chelsea. Aaron Lennon menyisir sisi kanan yang dituntaskan dengan umpan silang ke depan gawang. Di sana ada Harry Kane yan menanduk si kulit bundar tapi sayang masih menghantam tiang.

Chelsea benar-benar dibuat kerepotan oleh Spurs di awal laga ini, sebab di menit ke-12, Kane, punya peluang lagi untuk bikin gol. Mencuri bola dari penguasaan Gary Cahill, Kane menggiringnya hingga kotak penalti. Dari sudut sempit dia coba menembak, tapi bola masih melebar dari sasaran.

Chelsea mendapat peluang on goal pertamanya di menit ke-19 dan langsung berbuah gol. Adalah Hazard yang mencatatkan namanya di papan skor.

Diawali bola silang Branislav Ivanovic ke sisi kiri permainan Chelsea, Hazard menerima bola itu dan membawanya hingga mendekati ke kotak penalti. Hazard lalu bermain umpan 1-2 dengan Didier Drogba, untuk kemudian mengirimkan bola melewati sela tubuh Hugo Lloris.

Tak butuh waktu lama bagi Chelsea memperbesar keunggulan karena tiga menit kemudian Drogba memaksa Lloris memungut lagi bola dari gawangnya.

Mendapat umpan terobosan Oscar, Drogba yang memenangi duel dengan Vertonghen dengan dingin mampu menaklukkan Lloris lewat sepakan kaki kanannya, untuk mengubah skor jadi 2-0.

Setelah dua gol dalam selang tiga menit itu, Chelsea relatif lebih nyaman menguasai pertandingan dan Spurs justru kesulitan keluar dari tekanan tuan rumah.

Spurs sempat sekali punya peluang di menit ke-33 tapi tendangan keras Kane masih tepat di tangkapan Thibaut Courtois, yang tak banyak bekerja malam ini.

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua pertandingan berjalan dengan tempo sedang-sedang saja dan tak banyak peluang yang didapat kedua tim.

Sampai di menit ke-73 publik Stamford Bridge menggelora ketika Remy sukses menjebol jala Lloris sekaligus mengubah skor jadi 3-0.

Mendapat umpan daerah dari Cesar Azpilicueta, Remy lolos dari jebakan offside dan sukses memenangi duel satu lawan satu dengan Verthongen, sebelum mengirimkan bola ke dalam gawang.

Hingga akhir pertandingan, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan Chelsea.

Susunan Pemain

Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill (Zouma 46'), Terry, Azpilicueta; Matic, Fabregas (Mikel 76'); Willian, Oscar, Hazard; Drogba (Remy 67').

Tottenham: Lloris; Chiriches, Fazio, Vertonghen, Davies; Mason (Paulinho 58'), Bentaleb; Lamela (Soldado 74'), Eriksen, Lennon (Lennon 58'); Kane.

Berita Terkait: