Chelsea 2-0 West Brom (26/12/2014)

Sabtu, 27 Desember 2014

Chelsea meraih poin penuh di Boxing Day. The Blues mengalahkan West Ham United dengan skor 2-0 untuk mengamankan posisinya di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Menjamu West Ham di Stamford Bridge, Jumat (26/12/2014), Chelsea menurunkan kekuatan terbaiknya. Diego Costa menjadi ujung tombak dengan disokong oleh Eden Hazard, Oscar, dan Willian.

Sementara itu, West Ham yang sebelumnya melalui tren positif mencadangkan Alex Song. The Hammers mengandalkan Andy Carroll dan Enner Valencia di lini depan.

Chelsea mencetak satu gol di masing-masing babak. John Terry membawa tim tuan rumah unggul pada babak pertama sebelum Costa memantapkan kemenangan di paruh kedua.

Hasil ini membuat Chelsea masih kokoh di puncak klasemen dengan 45 poin dari 18 pertandingan. Mereka untuk sementara unggul enam poin atas Manchester City yang berada di urutan kedua. West Ham masih di posisi keempat dengan 31 poin.

Chelsea mendapatkan peluang emas pada menit keempat melalui aksi Oscar. Menerima umpan silang dari Willian, Oscar sebenarnya punya ruang tembak cukup terbuka di kotak penalti. Tapi, sepakannya dari jarak dekat masih melambung.

Chelsea yang terus menggempur West Ham kembali mengancam pada menit kesepuluh. Terry mengirimkan umpan lambung ke kotak penalti yang diteruskan Gary Cahill dengan sundulan. Akan tetapi, sundulan Cahill tak mengarah ke sasaran.

Pada menit ke-21, Chelsea punya kesempatan bagus untuk unggul. Tapi, Adrian menunjukkan refleks yang sangat baik untuk mementahkan tendangan keras Cahill.

Tendangan bebas Cesc Fabregas delapan menit kemudian dengan mudah ditangkap oleh Adrian. Adrian juga berada di posisi yang tepat untuk menepis tembakan Willian.

Gol yang dicari Chelsea akhirnya datang pada menit ke-31. Dari situasi tendangan sudut, Costa melompat tinggi untuk menyundul bola. Terry yang tak terkawal di mulut gawang dengan mudah menyontek si kulit bundar untuk membawa timnya memimpin 1-0.

Berselang tiga menit, Nemanja Matic nyaris menggandakan keunggulan tim tuan rumah. Tapi, tembakan terukurnya dari luar kotak penalti ditepis Adrian.

Memasuki menit ke-42, usaha Costa belum berbuah gol tambahan untuk Chelsea. Tendangannya meneruskan operan Branislav Ivanovic melambung tinggi.

Di injury time babak pertama, kubu Chelsea mengajukan klaim penalti setelah Ivanovic terjatuh usai terlibat kontak dengan Carroll. Tapi, wasit tak menunjuk titik putih. Carroll dan Ivanovic sempat bersitegang setelah insiden tersebut.

West Ham tampil lebih ofensif pada awal babak kedua. Hal ini membuat Chelsea punya ruang yang lebih terbuka untuk menyerang. Mereka punya kans pada menit ke-52 melalui tembakan Hazard, tapi Adrian membuat penyelamatan gemilang untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan. Beberapa saat kemudian, tendangan bebas Willian masih melayang di atas mistar.

Chelsea benar-benar unggul 2-0 pada menit ke-62 lewat gol Costa. Usai menerima umpan dari Hazard, Costa mengelabui tiga pemain lawan di kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri mematikan. Adrian tak kuasa mencegah bola menembus gawangnya.

Tendangan bebas Oscar pada menit ke-67 memaksa Adrian terbang untuk menepis bola keluar lapangan. Dari sepak pojok, Chelsea mendapatkan peluang lainnya. Namun, usaha Matic dari jarak dekat digagalkan Adrian.

West Ham nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit ke-87. Tapi, sundulan Morgan Amalfitano meneruskan umpan Song masih sedikit melebar. Beberapa saat kemudian, Amalfitano mampu melewati Cahill dan Terry di kotak penalti Chelsea, namun penyelesaiannya digagalkan tiang gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-0 untuk kemenangan Chelsea tak berubah.

Susunan Pemain
Chelsea: Courtois, Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta, Fabregas, Matic, Willian (Ramires 86'), Oscar (Mikel 83'), Hazard, Costa (Drogba 82')

West Ham: Adrian, Jenkinson, Collins, Reid, Cresswell, Nolan, Noble (Song 57'), Kouyate, Downing (Amalfitano 74'), Carroll (Sakho 57'), Valencia

Berita Terkait: