Alex "Kembar Group" Meninggal Dunia

Minggu, 21 Desember 2014

Telah kembali kepangkuan Sang Khalik, seorang musisi Alex Isaac Korengkeng (59) atau di kenal sebagai salah satu Personal dari KEMBAR GROUP. Almarhum meninggal dunia hari Kamis (18/12) Pkl 08:10 WIB di RS Permata Depok, Jawa Barat setelah sebelumnya tidaksadarkan diri akibat terjatuh di kediamannya. Alex adalah salah satu dari Personil Kembar Group bersama saudaranya Yacob Matius Korengkeng yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia di Balikpapan,Kalimantan Timur pada 4 Desember 2010. Keduanya lahir di Cimahi, Jawa Barat, tanggal 28 juli 1956. “Kami beda 17 menit,saya belakangan, Yacob duluan”, ungkap Alex semasa hidupnya.

Alex & Yacob, sudah menunjukkan bakat bernyanyinya disaat masih kanak-kanak, sekitar umur 9 tahun. anak ketujuh dari sembilan putra-putri JCA Korengkeng dan Siti Aisah bahkan menguasai berbagai jenis musik seperti; Gitar, Drum, Piano secara otodidak. Bakat seni kedua anak kembar ini ditularkan almarhum J.C.A Korengkeng sang ayah. Menginjak usia 15 tahun, secara profesional mereka menunjukkan eksistensinya bermusik. Kemudian, Alex & Yacob membentuk group, ‘Jaguar’ dan secara berkala manggung di beberapa Taman Rekreasi di kala itu, seperti Taman Ria Senayan & Monas.

Tahun 1974, Nomo Koeswoyo yang saat itu menjabat direktur perusahaan rekaman di Yukawi menemukan Alex & Yacob yang datang kepadanya bersama dua personil lainnya Akhmad (keyboard) dan Wahid (Drum) dengan mengusung nama group ‘The Brothers’. Nomo Koeswoyo mengganti nama The Brothers yang kebarat-baratan menjadi “Kembar Group” yang cukup Indonesia dan tidak berlebihan. Melalui lagu ciptaan Nomo Koeswoyo yang berjudul ‘Anak Muda Zaman Sekarang,’ yang diperkuat pemusik Hengky Firmansyah menjadi debut album mereka diblantika musik indonesia.

Alex & Yacob sebagai pasangan kembar yang memang ganteng langsung saja menyita perhatian publik dan menjadi idola di mana-mana. Kolaborasi Hengky Firmansyah dalam menggarap musik, albumnya berturut-turut berjudul ‘Di Pagi Hari (vol.2), Lamunanku(vol.3),Bunga Angrek(vol.4), Iri dan Dengki(vol.5) & ‘Pusara Cinta’ ciptaan Rahmat Kartolo, kembali melambungkan nama Kembar Group di percaturan musik indonesia. Album demi album dihasilkan perusahaan rekaman Yukawi maupun Remaco, sebut saja; ‘Dina, Hitam Manis, Pipip Pipip..Yeah Yeah,Sinar Matamu,Kasih Ibu,Mutiara Yang Hilang,Senandung Rindu,Setangkai Bunga Mawar’ dan banyak lagi lagu lainnya. Sebagai anak kembar membuat sebuah group sangat fenomenal dari tahun 1974 sampai dengan tahun 1980 menjadi ‘tak ada lawan’, setiap hari wajah ganteng mereka terpampang dihampir semua majalah dan surat kabar di kala itu.

Nama besar mereka rupanya memberikan pengaruh besar di dunia sinema, maka muncullah film “Bila Si Kembar Bercinta” (1977) yang dibintanginya bersama Joice Erna yang kelak menjadi isteri dari Yacob. Sukses di dunia film dan musik akhirnya merambah sebagai bintang iklan produk baju terkenal.

Di linimasa media sosial twitter, Koes Plus mencuitkan Kel. Bes. MURRY turut berduka atas berpulangnya Alex "kembar group", semoga di terima disisi NYA dalam damai sedangkan musisi dennysakrie bercuit RIP Alex Karongkeng dari Kembar Group,duo bersaudara dari era 70an. Jenasah Alex Isaac Korengkeng saat ini disemayamkan di Rumah Duka Komplek Sahid Arco No.13 - Sawangan, Depok,Jawa Barat. Menurut rencana jenazah Alex Isaac Korengkeng akan dimakamkan pada hari Minggu (21/12) di TPU Kampung Kandang,Ragunan,Jakarta Selatan

Berita Terkait: