Swansea 2-1 Arsenal (9/11/2014)

Senin, 10 November 2014

Arsenal mendapatkan hasil negatif pada laga tandangnya melawan Swansea City. Sempat unggul lebih dulu, The Gunners akhirnya menyerah dari tim tuan rumah dengan skor 1-2.

Berkunjung ke Liberty Stadium, Minggu (9/11/2014), Arsenal mampu memecahkan kebuntuan melalui gol Alexis Sanchez pada babak kedua. Tapi, keunggulan tersebut musnah dalam waktu singkat.

Hanya dalam tempo tiga menit, Swansea sukses mencetak dua gol untuk membalikkan keadaan. Dua gol tersebut tercatat atas nama Gylfi Sigurdsson dan Bafetimbi Gomis.

Dengan hasil ini, Arsenal menempati posisi keenam di klasemen Liga Primer Inggris dengan 17 poin dari 11 partai. Swansea ada tepat di atas mereka dengan 18 poin.

Swansea mengambil inisiatif serangan sejak kick-off. Mereka banyak menekan lewat sisi kiri dengan mengandalkan akselerasi Jefferson Montero.

Montero mengancam gawang Arsenal pada menit ke-21. Dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi usahanya digagalkan oleh kiper Wojciech Szczesny.

Pergerakan Montero kembali menjadi awal terciptanya peluang untuk Swansea. Pada menit ke-35, Montero memberikan umpan kepada Wilfried Bony. Bony kemudian meneruskannya kepada Marvin Emnes yang berlari dari belakang. Emnes melepaskan tembakan, yang masih mudah diantisipasi oleh Szczesny.

Arsenal mendapatkan dua peluang emas pada menit-menit akhir babak pertama. Yang pertama adalah saat Danny Welbeck bekerja sama dengan Alex Oxlade-Chamberlain di kotak penalti Swansea. Usai bermain umpan satu-dua dengan Oxlade-Chamberlain, Welbeck melepaskan tembakan. Tapi, Lukasz Fabianski berada di posisi yang tepat untuk menepis bola.

Percobaan Aaron Ramsey beberapa saat kemudian juga nyaris menghasilkan gol. Tapi, tembakan voli Ramsey dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor belum berubah. Kedua tim masih sama kuat 0-0.

Arsenal punya peluang bagus tak lama setelah babak kedua dimulai. Berawal dari kesalahan Ki Sung-Yueng, Alexis Sanchez merebut bola dan mengoperkannya kepada Oxlade-Chamberlain. Namun, penyelesaian Oxlade-Chamberlain masih terlalu lemah.

Usaha Santi Cazorla pada menit ke-61 juga belum menghasilkan gol. Tendangan keras kaki kirinya bisa diredam oleh Fabianski.

Kebuntuan akhirnya pecah juga dua menit kemudian. Lewat sebuah serangan balik cepat, Arsenal memimpin lewat gol Sanchez. Sanchez yang berdiri bebas di mulut gawang tanpa kesulitan menuntaskan umpan matang dari Danny Welbeck.

Swansea mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Pelanggaran Kieran Gibbs terhadap Modou Barrow membuat Swansea mendapatkan tendangan bebas. Tendangan bebas ini tak disia-siakan oleh Sigurdsson. Tembakan melengkungnya melewati pagar betis dan menembus pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny.

Hanya berselang tiga menit, Swansea berbalik memimpin 2-1 berkat gol Gomis. Gomis, yang baru saja masuk ke lapangan untuk menggantikan Bony, menanduk umpan silang Montero dari sisi kiri untuk menggetarkan gawang Arsenal.

Arsenal berusaha mati-matian untuk mencetak gol penyama di sisa waktu. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil.

Susunan Pemain
Swansea: Fabianski; Rangel, Bartley, Williams, Taylor; Ki, Carroll (Britton 86'), Sigurdsson; Emnes (Barrow 67'), Montero, Bony (Gomis 76')

Arsenal: Szczesny, Chambers (Sanogo 90'), Mertesacker, Monreal, Gibbs, Flamini (Wilshere 79'), Oxlade-Chamberlain, Ramsey (Walcott 79'), Alexis, Cazorla, Welbeck

Berita Terkait: