Liverpool 1-2 Chelsea (8/11/2014)

Senin, 10 November 2014

Chelsea pulang dari markas Liverpool dengan kemenangan 2-1 meskipun sempat tertinggal lebih dulu. Diego Costa menjadi pencetak gol penentu kemenangan Chelsea atas Liverpool.

Di Anfield, Sabtu (8/11/2014) malam WIB, Liverpool memulai dengan baik setelah Emre Can sudah membuat kubu tuan rumah bersorak berkat golnya di menit ke-9.

Akan tetapi Chelsea merespons dengan cepat. Cuma terpaut lima menit, tim tamu menyamakan kedudukan melalui gol dari Gary Cahill.

Di pertengahan babak kedua, tepatnya di menit ke-67, The Blues bahkan berbalik mengungguli The Reds setelah Diego Costa menjebol gawang Simon Mignolet.

Dengan hasil tersebut Chelsea mengokohkan posisi di puncak klasemen dengan koleksi 29 poin dari 11 laga. Sedangkan Liverpool bergeming di posisi tujuh dengan 14 poin.

Baru satu menit laga berjalan, Emre Can sudah melepaskan tembakan spekulasi. Bola yang sempat mengenai John Terry lalu melaju di sisi gawang untuk menghasilkan sepak pojok.

Dari Emre Can pula akhirnya Liverpool membuka keunggulan. Menerima operan dari Raheem Sterling di menit ke-9, Emre Can sempat menggiring bola sebelum kemudian melepaskan tembakan. Si kulit bundar melaju deras dan menjebol gawang Chelsea setelah sebelumnya membentur tubuh Gary Cahill.

Cahill kemudian menjadi penyama kedudukan di menit ke-14. Dari sepak pojok, bola dilayangkan Cesc Fabregas ke depan gawang Liverpool untuk ditanduk Terry. Kemelut kecil kemudian lahir, dengan Cahill pada akhirnya menyepak bola yang ditangkap Simon Mignolet sambil menjatuhkan tubuh. Tetapi dari goal line technology terlihat bahwa bola rupanya sudah melewati garis gawang dan skor pun berubah jadi 1-1.

Mario Balotelli menjebol gawang Chelsea di menit ke-19. Tetapi gol tak berlaku karena ia sudah lebih dulu terjebak offside.
Philippe Coutinho unjuk aksi individu di menit ke-27. Dari tengah ia menggiring bola, mencari celah, lalu melepaskan tembakan. Bola dibendung Thibaut Courtois seraya meregangkan tubuh dan Branislav Ivanovic kemudian datang membantu untuk menyapu si kulit bundar.

Kesalahan operan Liverpool sukses dimanfaatkan Chdelsea di menit ke-35. Dari kanan Ramires mengirim bola ke Eden Hazard yang berada di tengah. Bola lalu disepak Hazard ke arah gawang Liverpool, tapi Glen Johnson sukses menghadang. Hazard tampak amat kesal dengan peluang yang baru saja ia buang tersebut.

Diego Costa melepaskan tembakan salto di menit ke-51. Tetapi arah bola masih jauh melambung di atas mistar gawang Liverpool. Uniknya, usai aksi akrobatik tersebut bagian belakang jersey Diego Costa memperlihatkan sobekan.

Dari sisi kiri Sterling beraksi dan mendapatkan ruang tembak. Ia menyepak bola yang kemudian masih bisa ditepis Courtois di menit ke-52. Setelah itu Chelsea melakukan serangan balik dari sisi kiri dengan Hazard sukses mengecoh Johnson dan mendapatkan ruang bebas di area itu. Hazard lalu berlari ke tengah dan menyepak bola yang masih membentur kerumunan pemain Liverpool.

Chelsea berbalik unggul atas Liverpool di menit ke-67. Dari sisi kiri Cesar Azpilicueta berhasil memenangi duel dengan Coutinho dan melepaskan umpan ke tengah. Bola sempat coba dihalau Mignolet lalu Alberto Moreno tapi kemudian malah melaju ke sisi tiang lainnya. Diego Costa tak membuang peluang untuk mencetak gol.

Sepakan Jordan Henderson di depan gawang Chelsea dalam usaha Liverpool menyamakan kedudukan di menit ke-75 tampaknya akan menuju ke sasaran, tapi bola berhasil dihalau Nemanja Matic dengan kepalanya.

Klaim handball keras terdengar di Anfield setelah bola sepakan Gerrard dinilai mengenai tangan Cahill yang coba menghalau. Tapi wasit tidak berpendapat demikian.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet; Johnson, Skrtel, Lovren, Moreno: Can (Allen 69'), Henderson, Gerrard; Coutinho (Borini 69'), Sterling, Balotelli (Lambert 79')

Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Matic, Fabregas; Ramires (Willian 54'), Oscar, Hazard (Filipe Luis 94'); Diego Costa (Drogba 89')

Berita Terkait: