Maribor 1-1 Chelsea (6/11/2014)

Kamis, 06 November 2014

Chelsea hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Maribor dalam laga lanjutan Grup G Liga Champions, Kamis (6/11/2014) dini hari WIB. Walau tampil mendominasi, nyatanya The Blues lebih dahulu tertinggal sebelum Nemanja Matic menyamakan kedudukan.

Eden Hazard memang menjadi pemain dengan pergerakan paling berbahaya, namun begitu banyak peluang emas yang ia dapatkan tidak mampu diselesaikannya dengan gol. Termasuk penalti yang ia dapat di penghujung laga.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Chelsea sudah mendapatkan peluang. Eksekusi sepakan pojoknya menemui Zouma di tiang dekat dan menyambutnya dengan sebuah tandukan. Sayang belum dapat memberikan keunggulan.

Chelsea dengan nyaman mendikte permainan di 10 menit pertama. Tim arahan Jose Mourinho terlihat begitu perkasa, asalkan tetap berkonsentrasi penuh dan mewaspadai serangan balik dari Maribor.

Kekalahan 0-6 di pertemuan pertama dengan Chelsea membuat Stojanovic dkk lebih berhati-hati dalam melepaskan serangan. Apalagi mereka terlihat kewalahan mengikuti pergerakan lincah dari Eden Hazard. Kartu kuning pertama di laga ini untuk Felipe Luis.

Sejauh ini Chelsea bermain hanya berputar-putar di tengah lapangan dan bersabar untuk membongkar rapatnya pertahanan tuan rumah yang tentu tak ingin kecolongan setengah lusin gol untuk kedua kalinya.

Sebelum turun minum Chelsea sempat menebar ancaman melalui aksi dari Hazard yang masih digagalkan oleh Handanovic di bawah gawang Maribor. Skor kacamata menghiasi papan skor sementara pada 45 menit pertama.

Mourinho melakukan dua perubahan dengan memasukkan Diego Costa dan Oscar. Keduanya menggantikan Andre Schurrle dan Willian yang permainannya tak begitu menonjol, selain itu Mou juga mengharapkan pemain The Blues lebih banyak berada di dalam kotak penalti lawan.

Gol! Chelsea kecolongan! Ialah Agim Ibraimi memanfaatkan sapuan tak bersih dari Zouma, bola malah mendarat di kaki Ibraimi yang lantas melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh dan gagal diamankan oleh Cech. 1-0 Chelsea tertinggal.

Chelsea bereaksi dengan memasukkan satu pemain menyerang lainnya, yakni Ramires. Gelandang asal Brasil itu masuk menggantikan pemain Brasil lainnya, Felipe Luis di menit 56.

Zahovic! Nyaris saja menambah nestapa John Terry dkk pada menit 62, terbebas dari penjagaan pemain belakang Chelsea, pemain muda itu malah menembak bola melenceng dari sasaran target. Perubahan tiga bek yang diterapkan Mourinho terlihat berantakan.

The Blues menyamakan kedudukan! Sebuah kemelut di depan gawang Maribor berakhir dengan bola yang bersarang di gawang Handanovic. Adalah Nemanja Matic yang menyelesaikan kemelut dan membawa Chelsea kembali ke ritme pertandingan pada menit 73.

Dalam kurun waktu 11 menit, Hazard mendapatkan dua peluang matang guna membawa Chelsea berbalik unggul. Namun usaha winger internasional Belgia itu belum dapat merubah keadaan pada empat menit yang tersisa.

Penalti! Eden Hazard dijatuhkan di dalam kotak 16 meter oleh Viler dan wasit melihatnya sebagai sebuah pelanggaran. Namun asa membalikkan keadaan kembali pupus setelah eksekusi pemain bernomor punggung 10 itu digagalkan oleh Handanovic empat menit jelang bubaran.

Penalti tadi menjadi peluang terakhir The Blues di laga ini dan harus puas dengan skor imbang 1-1. Meski gagal menang, namun posisi Chelsea masih aman di puncak klasemen sementara Grup G dengan mengumpulkan delapan poin, selisih tiga dari Schalke 04 yang kalah 2-4 dari Sporting Lisbon.

Susunan pemain

Chelsea: Petr Cech, Ivanovic, Zouma, John Terry, Filipe Luis (Ramires 58’), Nemanja Matic, Cesc Fabregas, Andre Schurrle (Diego Costa 46’), Willian (Oscar 46’), Eden Hazard, Didier Drogba.

Maribor: Handanovic; Rajcevic, Viler, Arghus, Stojanovic; Filipovic, Sallalich (N’Diaye 90’), Agim Ibraimi (Bohar 90’), Mertelj; Tavares, Luka Zahovic (Mendy 73’).

Berita Terkait: