Ajax 0-2 Barcelona (6/11/2014)

Kamis, 06 November 2014

Barcelona menang 2-0 atas Ajax Amsterdam di lanjutan Grup F Liga Champions, Kamis (6/11/2014) dini hari WIB. Lionel Messi tampil selayaknya bintang dengan menjaringkan dua gol, yang membuatnya setara dengan legenda hidup Real Madrid, Raul Gonzales dengan 71 gol.

Barca melaju ke babak 16 besar Liga Champions bersama dengan Paris Saint-German yang di saat bersamaan menang kontra APOEL dengan skor 1-0. Ajax pun harus menunda hingga musim depan untuk kembali berkiprah di Liga Champions.

Barcelona yang bertindak sebagai tamu langsung mendominasi laga babak pertama. Peluang pertama di menit ketiga, Neymar! Tendangannya masuk kedalam gawang Jasper Cillessen, namun dinyatakan offside. Posisinya tipis di depan para pemain belakang Ajax, wasit menganulir gol tersebut.

Permainan yang sangat baik dilancarkan para pemain Ajax kali ini, ketimbang yang mereka tampilkan saat bertandang ke Camp Nou. Peluang bagi Ajax di menit 15, Lucas Andersen membawa bola sendirian di sisi kiri, tapi umpannya terlalu deras dan mampu dihalau kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Barca kembali mendapat peluang di menit 21, Lionel Messi mendapat bola di sepertiga daerah kekuasaan Ajax. Ia mencoba memberikan umpan ke sisi kanan namun dengan baik bek Ajax, Nikolas Moisander, mampu memotongnya.

Ajax kembali menguji pertahanan Blaugrana! Davy Klassen melakukan tembakan ke gawang Barca, tendangan kaki kirinya masih bisa dihalau dengan baik oleh Ter Stegen.

Masuk 15 menit jelang turun minum, kedua tim masih belum mampu memecah kebuntuan. Barca kesulitan menembus pertahanan Ajax, sementara tim besutan Frank de Boer kurang memanfaatkan peluang yang bisa berbuah gol.

Messi! Akhirnya membuka keran gol bagi Barcelona. Di sisi kanan Marc Bartra mengirim umpan dan sukses dimanfaatkan Messi dengan sundulan ke arah kanan gawang Ajax. Gol tersebut menjadikan Messi sejajar dengan Cristiano Ronaldo, 70 gol di ajang Liga Champions.

Satu gol tertinggal dari pemegang rekor Raul Gonzales. 1-0 untuk Barcelona. Laga babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk tim tamu.

Barca mencoba menekan di awal-awal babak kedua ini . Benar saja, Neymar langsung mengancam Ajax. Namun tendangan kaki kanannya masih membentur tiang. Sebelumnya, ada sedikit dorongan dari Neymar terhadap pemain Ajax. Wasit menganggap pelanggaran terlebih dahulu.

Di menit 58, peluang didapatkan Luis Suarez! berhadapan sendirian dengan Cillessen namun ia gagal menyelesaikan peluang dengan baik. Umpan terobosan yang sangat baik diberikan oleh Messi.

Ajax harus kehilangan satu pemainnya, yaitu Joel Veltman usai melanggar Messi yang mencoba menerobos masuk ke pertahanan Ajax. Kartu kuning kedua bagi sang bek tengah, membuat pelatih Ajax Frank de Boer mengubah peta kekuatan. Pergantian pemain pun dilakukannya, Jairo Riedewald disiapkan masuk.

Keluarnya satu pemain sepertinya memberikan dampa pada Ajax. Messi kembali menambah pundi-pundi golnya di menit 76. Sekaligus menyamai rekor Raul dengan torehan 71 gol di ajang Liga Champions!

Ajax sudah hampir kehilangan asa. Mereka nampak sudah kehilangan roh seiring dengan semakin kuatnya Barcelona menguasai lini tengah. Dengan keunggulan jumlah pemain, Barcelona hanya bermain-main dengan umpan pendek dan melakukan pergantian pemain untuk menyegarkan skuad.

Laga pun berakhir dengan skor 2-0 di Amsterdam Arena. Dengan demikian, Barcelona memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Susunan Pemain:

Ajax Amsterdam: J. Cillessen, R. Van Rhijn, N. Moisander, J. Veltman, N. Boilesen, L. Schone, T. Serero (S. Denswil 80’), L. Andersen (Jairo Riedewald 72’), D. Klaassen, K. Sigthorsson (A. Milik 62’), A. El Ghazi.

Barcelona: M. Ter Stegen, D. Alves (Adriano 83’), J. Alba, M. Bartra, J. Mascherano, Xavi, I. Rakitic (Rafinha 80’), S. Busquets, L. Messi, L. Suarez, Neymar (Pedro 75’).

Berita Terkait: