Bayern Munich 2-0 AS Roma (6/11/2014)

Kamis, 06 November 2014

Bayern Munich melaju ke babak 16 Besar Liga Champions usai mengalahkan AS Roma 2-0 di Allianz Arena pada laga lanjutan Grup E, Kamis (6/11/2014) dini hari WIB. Franck Ribery dkk tampil begitu dominan sepanjang pertandingan. Dua gol Die Roten diciptakan oleh Ribery dan Mario Gotze.

Munich langsung mengontrol penguasaan bola pada 10 menit pertama laga ini, bahkan pola permainan yang dikembangkan tim asuhan dari Pep Guardiola menuai presentasi mencapai 60 persen. Sementara Roma masih coba mengimbangi permainan tuan rumah.

Ribery melakukan percobaan di menit 14, namun usahanya masih dapat di blok oleh Holebas. Munich terlihat mulai melihat celah di antara pemain tengah dan belakang Giallorossi. Hati-hati Roma!

Gotze! Nyaris saja membawa tuan rumah unggul andaikan Torosidis tidak melakukan halauan nan krusial di menit 18 dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Roma membalasnya dengan umpan terukur dari Florenzi menuju Destro, namun Bernat dengan sigap menyapu bersih.

Nainggolan dijatuhkan di dalam kotak penalti! Pergerakan menusuknya di menit 25 menyambut umpan trobosan lambung dari Florenzi, sentuhan pertamanya tak sempurna dan Manuel Neuer maju coba menyergapnya dan menjatuhkan Nainggolan. Beruntung wasit tak melihatnya sebagai sebuah pelanggaran.

Delapan menit berselang gantian Munich datang mengancam! Alaba menyisir pertahanan Roma dan melepaskan umpan ke tiang jauh namun tak ada pemain Die Roten yang menyambut dan Skorupski dengan mudah mengamankan bola.

Gol! Ribery membuat seisi Allianz Arena bergemuruh tujuh menit jelang turun minum. Alaba menjadi arsitek gol dengan melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti Roma, Ribery berlari menyambutnya dan melepaskan tembakan ke sudut gawang Skorupski. 1-0 tuan rumah unggul.

Hingga turun minum kedudukan masih 1-0 untuk keunggulan Bayern Munich. Begitu dominannya penguasaan bola dari tuan rumah membuat pelatih Rudi Garcia harus melakukan perubahan strategi di 45 menit kedua nanti.

Menjadi titik lemah di pertemuan pertama, namun pelatih Rudi Garcia memasukkan Ashley Cole di awal paruh kedua menggantikan Jose Holebas di sisi pertahanan Giallorossi. Lima menit berselang, Gotze melepaskan umpan cantik ke Lewandowski namun hakim garis melihatnya berada di posisi offside.

Die Roten masih menguasai pertandingan dan dua peluang didapat oleh Rafinha serta Lewandowski. Namun keduanya masih belum menambah keunggulan tuan rumah. Sementara bek tengah Roma, Yanga-Mbiwa bermain apik dalam meredam setiap serangan dari Munich.

Gol kedua pun datang! Mario Gotze menambah keunggulan Munich atas Roma pada menit 64 dengan sebuah sontekan melewati kepala dari penjaga gawang Skorupski hasil umpan Lewandowski di menit 64. Jika berhasil mempertahankan keunggulan, maka tiket ke 16 besar mereka genggam.

Roma coba memperkecil ketinggalan mereka melalui kerja sama dari Iturbe dan Destro di menit 69. Namun mantan rekan setim mereka, Benatia memotong usaha mereka yang kemudian dibalas oleh Ribery, namun usahanya masih melambung di atas mistar gawang.

Nyaris saja! Neuer kembali menunjukkan kelasnya sebagai penjaga gawang top dunia pada enam menit jelang bubaran. Gervinho melepaskan tembakan dari jarak dekat namun kiper Tim nasional Jerman itu berhasil membloknya, bola malah mendarat di kaki Nainggolan, lagi-lagi berhasil ditip Neuer dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Guardiola melakukan pergantian pemain terakhir di laga ini, mantan pelatih Barcelona itu menarik Philipp Lahm dan menggantikannya dengan Emil Hojbjerg sekaligus mengakhiri pertandingan. Dengan kemenangan ini Munich memastikan tiket ke babak 16 Besar.

Susunan pemain

Bayern Munich (3-4-3): Manuel Neuer; Mahdi Benatia, Jarome Boateng, David Alaba (Rode 81’); Rafinha, Philipp Lahm (Hojbjerg 88’), Xabi Alonso (Shaqiri 72’), Bernat; Mario Gotze, Robert Lewandowski, Franck Ribery.

AS Roma (4-3-3): Skorupski; Torosidis, Manolas, Yanga-Mbiwa, Jose Holebas (Cole 46’) ; Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Seydou Keita; Alesandro Florenzi (Pjanic 58’), Mattia Destro, Juan Iturbe (Gervinho 74’).

Berita Terkait: