Arsenal 3-3 Anderlecht (5/11/2014)

Rabu, 05 November 2014

Arsenal batal memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sempat unggul 3-0 saat menjamu Anderlecht, The Gunners menyudahi laga dalam kedudukan imbang 3-3.

Bermain di Emirates Stadium, Rabu (5/11/2014) dinihai WIB, Arsenal sepertinya akan meraih kemenangan meyakinkan dan sekaligus menggenggam tiket ke fase knock out. Skuat besutan Arsene Wenger unggul 2-0 di babak pertama dan memperlebar keunggulannya jadi 3-0 di awal babak kedua.

Namun gol-gol yang dibuat Mikel Arteta, Alexis Sanchez dan Alex Oxlade-Chamberlain ternyata tak mampu memberi Arsenal kemenangan. Anderlecht dengan gagah berani mengejar ketertinggalannya dan pada akhirnya bisa mencetak tiga gol balasan yang memaksa laga tuntas dengan skor 3-3, termasuk yang dibuat Aleksandar Mitrovic di menit 90.

Kemenangan atas Anderlecht sejatinya akan mengantar Arsenal lolos ke babak 16 besar. Namun karena cuma dapat satu poin maka 'Gudang Peluru' masih harus menunggu pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Arsenal kini duduk di posisi dua Grup D dengan poin tujuh, tertinggal lima dari Borussia Dortmund yang sudah memastikan lolos. Sementara Anderlecht ada di urutan tiga dengan nilai dua.

Tampil dominan di menit-menit awal, Arsenal mengreasikan kesempatan pertamanya pada menit tujuh saat Oxlade Chamberlain mengirim umpan mendatar yang diterima Alexis Sanchez. Sepakan Sanchez tak membuahkan hasil karena arahnya masih melenceng.

Lima menit berselang Chambers mengirim umpan terukur pada Aaron Ramsey di dalam kotak penalti. Gol kembali gagal tercipta dalam kesempatan ini karena tendangan Ramsey diblok Mbemba.

Di menit 17 gantian Anderlecht yang menembar ancaman. Kljestan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti hanya untuk melihat bola yang dia tendang diblok kiper Szczesny.

Tiang gawang! Di menit 21 Sachez melakukan gerakan menipu pemain lawan di dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan dari sudut sempit. Bola sepakan Alexis dimentahkan tiang gawang.
Penalti untuk Arsenal. Wasit menunjuk titik putih setelah Mbemba melakulkan pelanggaran pada Danny Welbeck. Arteta yang maju sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya untuk membuat tuan rumah unggul 1-0 di menit 24.

Hanya berselang empat menit kegembiraan suporter Arsenal bertambah karena tim kesayangannya sukses mencetak gol kedua. Dari tendangan bebas eksekusi Alexis gagal melewati pagar hidup tendangan bebasnya membentur tembok pemain lawan, rebound pemain yang dibeli dari Barcelona itu sukses merobek gawang Anderlecht.

Sekitar delapan menit sebelum laga tuntas Arsenal punya peluang matang menambah keunggulan. Namun crossing yang dilepas Oxlade-Chamberlain tipis saja luput dari sambaran Welbeck. Babak pertama pun tuntas dengan skor 2-0.

Babak kedua berjalan 13 menit Arsenal berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0. Memanfaatkan kesalahan pemain bertahan lawan, Chamberlain berlari cepat menembus pertahanan Anderlecht dan mencetak gol setelah berhasil melewati kiper Proto dalam posisi satu lawan satu.

Namun skor tersebut tak bertahan lama karena cuma berselang tiga menit tim tamu berhasil memperkecil ketinggalan. Vanden Borre memperkecil ketinggalan timnya jadi 1-3 setelah menerima umpan dari sisi kiri.

Di menit 72 pendukung tuan rumah dibuat resah karena Anderlecht dapat penalti dari wasit menyusul pelanggaran yang dilakukan Monreal pada Mitrovic. Vanden Borre mencetak gol keduanya dalam laga ini setelah penaltinya memperdaya Szczesny. Skor kini jadi 3-2.

Kekhawatiran pendukung Arsenal menjadi kenyataan. Di menit 90 tim tamu berhasil mencetak gol yang menyamakan kedudukan jadi 3-3. Gol dibuat Mitrovic, setelah dia lebih dulu melewati Mertesacker.

Susunan Pemain

Arsenal: Szczesny, Chambers, Mertesacker, Monreal, Gibbs, Arteta ('62 Mathieu Flamini), Oxlade-Chamberlain ('81 Tomas Rosicky), Ramsey, Cazorla, Alexis, Welbeck ('82 Lukas Podolski)

Anderlecht: Proto, Vanden Borre, Mbemba ('54 Leander Dendoncker), Deschacht, Acheampong, Tielemans, Kljestan, Najar, Praet, Conte ('45 Andy Kawaya), Cyriac ('62 Aleksandar Mitrovic)

Berita Terkait: