Borussia Dortmund 4-1 Galatasaray (5/11/2014)

Rabu, 05 November 2014

Borussia Dortmund memastikan diri lolos ke fase knockout. Memainkan laga keempat babak grup, Dortmund memetik kemenangan telak atas tamunya, Galatasaray, dengan skor telak 4-1.

Pada pertandingan di Signal Iduna Park, Rabu (5/11/2014) dinihari WIB, Marco Reus membawa Dortmund unggul 1-0 hingga paruh pertama. Sokratios Papastathopoulus menggandakan skor di awal babak kedua sebelum Hakan Balta memperkecil skor Galatasaray.

Ciro Immobile yang masuk menggantikan Reus membawa Dortmund kembali menjauh sebelum gol bunuh diri bek Galatasaray Semih Kaya melengkapi kemenangan tim tuan rumah.

Dengan kemenangan ini, Dortmund berhasil mengamankan tiket perdelapafinal setelah mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan, unggul lima poin dari rival terdekatnya Arsenal dengan dua sisa laga grup.

Sebaliknya, dengan kekalahan ini Galatasaray menduduki posisi juru kunci grup dengan 1 poin sekaligus tersingkir dari Liga Champions. Anderlecht di urutan ketiga dengan dua poin.

Dortmund mengendalikan permainan di 10 menit pertama. Di menit ketiga, Marco Reus melepaskan sebuah sepakan kencang dari pinggir kotak penalti tapi arah bola masih melenceng.

Peluang pertama dari Galatasaray. Di menit ke-15, Sneijder menyongsong umpan silang dari sisi kanan dengan sebuah tendangan overhead dari dalam kotak tapi belum cukup menguji Roman Weidenfeller.

10 menit berselang, bola tandukan Sokratis membentur mistar gawang Galatasaray setelah menyambut sepak pojok Reus. Bola pantul kembali diteruskan Sokratis dengan tendangan tapi cuma menghasilkan tendangan gawang.

Tekanan Dortmund kembali hadir di menit ke-33. Akselerasi Henrikh Mkhitaryan berakhir dengan backheel ke jalur Shinji Kagawa. Sayangnya, eksekusi pemain Jepang itu kurang sempurna. Skor masih 0-0.
Kebuntuan Dortmund akhirnya terpecah. Reus membawa tim tuan rumah unggul di menit ke-39 setelah menuntaskan umpan terobosan Lukasz Piszczek. Dortmund memimpin 1-0 dari Galatasaray.

Pasca turun minum, Galarasaray mencoba menyamakan skor. Di menit ke-48, tendangan gawang Fernando Muslera melambung jauh ke depan. Sneijder mengontrol bola dengan dadanya, sebelum melakukan tendangan voli kaki kanan yang bersarang di samping kanan gawang Weidenfeller.

Pertandingan sempat terhenti selama beberapa saat akibat lemparan flare dan kembang api dari suporter tim tamu. Para pemain Galatasaray mencoba menenangkan pendukungnya sebelum laga dilanjutkan kembali.

Dortmund langsung bereaksi dengan menambah keunggulannya menjadi 2-0 atas Galatasaray di menit ke-56. Dari umpan di sisi kiri, Sebastian Kehl menyundul bola yang jatuh di jalur Sokratis. Sokratis mendahului tangkapan Muslera untuk menceploskan bola ke gawang Galatasaray.

Galatasaray akhirnya mampu menciptakan gol balasan di menit ke-70. Menyambut tendangan penjuru Sneijder, Balta menanduk bola di dekat tiang gawang untuk menaklukkan penjagaan Weidenfeller. Dortmund 2, Galatasaray 1.

Masuknya Immobile langsung membawa pengaruh besar. Baru tiga menit setelah masuk menggantikan Reus, Immobile langsung mencetak gol ketiga Dortmund untuk menjauhi Galatasaray 3-1.

Berawal dari serangan balik cepat, dari kerjasama Mkhitaryan-Aubameyang, Immobile mengontrol bola dengan dadanya sebelum diakhiri dengan tembakan ke tengah bawah gawang Dortmund.

Aubameyang melewatkan peluang mencetak gol tambahan bagi Dortmund. Di menit ke-83, bola sudah bergulir menuju gawang Galatasaray, Aubameyang mengejar bola mencoba mencukilnya tapi gagal mendahului Muslera.

Empat menit sebelum waktu normal pertandingan, Dortmund kembali memperbesar skor menjadi 4-1 setelah Semih Kaya salah mengantisipasi operan Immobile.


Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Piszczek, Subotic, Sokratis, Durm, Kehl, Bender, Mkhitaryan, Reus (Immobile 71'), Kagawa (Guendogan 63'), Aubameyang

GALATASARAY: Muslera, Altintop (Oeztekin 82'), Camdal, Chedjou, Kaya, Balta, Melo, Dzemaili, Inan, Sneijder, Bulut (Yilmaz 85')

Berita Terkait: