Juventus 3-2 Olympiakos (5/11/2014)

Rabu, 05 November 2014

Lewat pertarungan ketat, Juventus sukses menundukkan Olympiakos. Bianconeri yang sempat tertinggal 1-2 di pertengahan babak kedua berhasil membalikkan keadaan dan memenangi laga dengan skor 3-2.

Pada pertandingan yang berlangsung di Juventus Stadium, Rabu (5/11/2014) dinihari WIB, Juventus tampil menekan sejak awal. Kendati mendominasi penguasaan bola, Juventus kesulitan menembus pertahanan Olympiakos di 20 menit pertama.

Bola yang dikuasai pemain-pemain Juventus lebih banyak berkutat di sepertiga akhir lapangan. Ketika buntu, mereka kerap mengalirkan bola ke sisi sayap, tempat di mana Stephan Lichsteiner dan Kwadwo Asamoah berada.

Juventus akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-21 setelah Paul Pogba dilanggar tak jauh dari kotak penalti Olympiakos. Juventus mendapatkan tendangan bebas karenanya dan Andrea Pirlo maju menjadi algojonya.

Tendangan Pirlo dari sisi kanan pertahanan Olympiakos melesak masuk ke sudut sebelah kanan penjaga gawang Olympiakos, Roberto. Sang penjaga gawang tak mampu menghalaunya dan gawang Olympiakos pun bobol.

Namun, tidak lama kemudian Olympiakos bisa menyamakan kedudukan. Pada menit ke-24, Olympiakos mendapatkan sepak pojok yang kemudian dieksekusi oleh Alejandro Dominguez. Bola sepakan Dominguez mengarah ke dalam kotak penalti dan disambut dengan sundulan oleh Alberto Botia. Kedudukan pun berubah jadi 1-1 bagi kedua tim.

Juventus sempat mendapatkan beberapa peluang setelah Olympiakos menyamakan kedudukan. Salah satu peluangnya lewat Alvaro Morata pada menit ke-31. Setelah menerima operan dari Carlos Tevez, Morata melepaskan sebuah sepakan datar dari dalam kotak penalti. Sial baginya, tendangannya masih melenceng tipis.

Enam menit berselang, giliran Tevez yang mendapatkan peluang. Penyerang asal Argentina itu mendapatkan ruang cukup luas di depan kotak penalti Olympiakos. Tanpa ragu, dia langsung melepaskan sebuah sepakan kaki kanan keras. Hasilnya? Tendangannya masih melambung.

Pogba juga sempat mendapatkan sebuah peluang pada menit ke-44, tapi tendangannya masih menyamping. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1.

Di awal-awal babak kedua, Juventus kembali tampil menekan. Kendati demikian, bukannya mendapatkan gol kedua, tim besutan Massimilano Allegri tersebut malah kebobolan.
Pada menit ke-60, sebuah sepakan bebas Olympiakos dari sisi kanan pertahanan Juventus masih bisa dihalau. Namun, bola jatuh di kaki Giannis Maniatis. Maniatis kemudian mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti dan disambut dengan sundulan oleh Delvin N'Dinga.

Pertandingan kemudian jadi menarik karena tak lama setelahnya Juventus berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2 dan berbalik unggul 3-2. Pertama-tama, kiper Olympiakos, Roberto, membuat gol bunuh diri di menit ke-65 sebelum akhirnya Pogba mengubah kedudukan jadi 3-2 di menit ke-66.

Gol bunuh diri Roberto bermula dari umpan silang yang dilepaskan Pirlo dari sisi kanan. Bola umpan silang Pirlo disambut oleh Fernando Llorente dengan sebuah sundulan. Awalnya, sundulan Llorente masih mengenai tiang gawang, tetapi bola memantul ke kaki Roberto dan bergulir masuk ke dalam gawang Olympiakos.

Semenit berselang, Juventus membangun sebuah serangan dari sisi kiri. Tevez yang berlari menusuk dari sisi kiri memberikan operan kepada Llorente yang langsung mengumpankan bola ke tengah, tempat Pogba berada. Lewat sebuah sepakan kaki kanan, Pogba membuat Roberto harus memungut bola dari gawangnya kembali. Juventus unggul 3-2 atas Olympiakos.

Meski beberapa peluang sempat tercipta setelahnya, tidak ada satu pun tim yang sukses menambah gol. Penalti Juventus di menit ke-90, setelah Tevez dilanggar oleh Luka Milivojevic, gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Arturo Vidal. Tendangannya ditepis Roberto lalu membentur mistar gawang. Skor 3-2 untuk keunggulan Juventus bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Berkat hasil ini, posisi Olympiakos di puncak klasemen Grup A diambil alih oleh Atletico Madrid yang pada saat bersamaan menang 2-0 atas Malmo. Olympiakos kini berada di posisi kedua grup dengan koleksi nilai 6. Sementara, Juventus ada di urutan ketiga dengan koleksi nilai 6 juga.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon, Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Asamoah (Pereyra 83), Pirlo, Vidal, Pogba, Marchisio (Padoin 71), Morata (Llorente 58), Tevez

Olympiakos: Roberto, Elabdellaoui, Botia, Abidal, Masuaku, Maniatis (Diamantakos 83), N’Dinga (Kasami 78), Milivojevic, Afellay, Dominguez (Fuster 72), Mitroglou

Berita Terkait: