Arsenal 2-0 Borussia Dortmund (27/11/2014)

Kamis, 27 November 2014

Arsenal berhasil memetik kemenangan 2-0 saat berhadapan dengan Borussia Dortmund di lanjutan Liga Champions. Kemenangan itu mengantarkan tim besutan Arsene Wenger itu lolos ke babak 16 besar.

Saat melakoni pertandingan di Emirates Stadium, Kamis (27/11/2014) dinihari WIB, 'Gudang Peluru' unggul cepat berkat gol Yaya Sanogo di menit kedua.

Arsenal menggandakan keunggulan lewat kaki Alexis Sanchez saat pertandingan berjalan 57 menit. Dia mencetaknya lewat satu sepakan jarak jauh.

Dalam laga ini Arsenal sebenarnya melakukan penguasaan bola lebih sedikit. Tapi, mereka mencatatkan peluang lebih banyak.

Dalam data yang dilansir oleh Soccernet, Arsenal mencatatkan 45 persen penguasaan bola, sembilan kali melenceng, tiga tepat sasaran. Sementara itu, Dortmund cuma membukukan tujuh sepakan ke gawang, tiga di antaranya menemui bidang.

Dengan kemenangan ini, Arsenal memastikan diri menemani Dortmund ke babak 16 besar. Mereka yang menduduki posisi runner-up dengan kumpulan 10 poin, tertinggal dua angka dari Dortmund.

Arsenal bisa mencetak gol cepat saat menjamu Dortmund. Gol itu dilesakkan oleh Yaya Sanogo saat pertandingan berjalan dua menit.

The Gunners mendapatkan satu lemparan ke dalam di sisi kanan lapangan. Sanogo yang mendapatkan bola ke dalam melakukan kerja sama dengan Santi Cazorla.

Sanogo bisa meloloskan diri dari jebakan offside, sebelum menceploskan bola masuk ke dalam gawang yang di kawal oleh Weidenfeller.
Enam menit berselang, Sanogo kembali membahayakan gawang Dortmund. Sial, sepakannya dari dalam kotak penalti masi bisa diblok barisan belakang.

Di menit 15, giliran Sanchez yang mendapatkan peluang. Sialnya, masih belum menemui bidang.

Ciro Immobile gagal memanfaatkan peluang empat menit kemudian. Striker Dortmund asal Italia itu gagal mengonversi umpan silang mendatar terukur dari sisi sayap kanan.

Henrikh Mkhitaryan juga gagal memanfaatkan kans pada menit 21. Bisa menguasai bola sodoran Kevin Grosskreutz, sepakannya masih melambung jauh.

Mkhitaryan gagal memanfaatkan umpan emas dari Lukasz Piszczek pada menit 38. Sepakannya dari jarak dekat sudah tepat sasaran, tapi belum berbuah gol.

Dortmund mendapatkan kans lagi di menit 42. Sialnya, sepakan jarak jauh Sven Bender masih bisa diselamatkan oleh Emiliano Martinez. Di sisa babak pertama tak ada gol tambahan, Arsenal unggul 1-0 saat turun minum.

Arsenal mengancam di menit 50. Sanchez melepaskan sepakan terarah dari luar kotak penalti, tapi masih bisa ditepis oleh Weidenfeller.

Alex Oxlade-Chamberlain nyaris menambah keunggula Arsenal di menit 54. Tendangan jarak jauhnya hanya membentur mistar.

Tiga menit berselang, Arsenal menggandakan keunggulan. Tendangan keras terarah kaki kanan Sanchez dari luar kotak penalti gagal dijangkau oleh Gago. Arsenal pun unggul 2-0.

Dortmund mengancam di menit 72. Tapi, percobaan Neven Subotic dari luar kotak penalti masih melayang jauh.
Arsenal membalas serangan lewat Chamberlain empat menit berselang. Tapi, sepapak jarak jauhnya dari luar kotak penalti masih jauh di atas mistar.

Di menit 88, Arsenal mendapatkan kans lewat satu sepakan bebas di muka kotak penalti Dortmund. Cazorla menjadi eksekutornya, tapi eksekusinya tak tepat sasaran

Tak ada lagi gol tambahan di sisa pertandingan, Arsenal menang 2-0, sekaligus membayar tuntas kekalahan di laga pertama yang berahir dengan skor yang sama untuk kemenangan Dortmund.

Susunan Pemain:

Arsenal: Martinez, Chambers, Mertesacker, Monreal, Gibbs, Arteta (Flamini 67), Oxlade-Chamberlain (Campbell 90), Ramsey, Cazorla, Sanchez, Sanogo (Podolski 79)

Dortmund: Weidenfeller, Piszczek, Subotic, Ginter, Schmelzer, Mkhitaryan, Bender, Gundogan , Grosskreutz (Jojic 78), Immobile (Kagawa 61), Aubameyang (Ramos 61)

Berita Terkait: