AS Roma 1-7 Bayern Munich (22/10/2014)

Rabu, 22 Oktober 2014

Bayern Munich tampil perkasa di markas AS Roma di matchday 3 Liga Champions. Juara Jerman itu menang telak 7-1 atas Giallorossi.

Bertandang ke Stadion Olimpico, Rabu (22/10/2014) dinihari WIB, Bayern langsung tancap gas di babak pertama. Lima gol digelontorkan ke gawang tuan rumah.

Pada 45 menit pertama, Arjen Robben membuka pesta gol di menit ke-9, dilanjutkan Mario Goetze, Robert Lewandowski, gol kedua Robben, dan ditutup oleh eksekusi penalti Thomas Mueller. Roma sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 lewat gol Gervinho pada menit ke-66.

Tapi Bayern belum berhenti menggempur gawang Roma. Frank Ribery dan Xherdan Shaqiri turut mencatatkan namanya di papan skor masing-masing pada menit ke-78 dan 80. Kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Bayern kukuh di puncak klasemen Grup E dengan nilai sempurna sembilan dari tiga laga. Sementara Roma tetap bertahan di urutan dua dengan empat poin. Di belakang keduanya, Manchester City dan CSKA Moskow dengan masing-masing mengemas dua angka dan satu angka secara berurutan.

Bayern memimpin di menit ke-9 lewat gol Arjen Robben. Dari sisi kiri, Robben menusuk dan melakukan umpan satu-dua dengan Philipp Lahm. Dari sudut sempit, penyerang internasional Belanda tersebut melengkungkan bola ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau Morgan De Sanctis.

Roma merespons hanya semenit berselang lewat sebuah serangan balik. Umpan terobosan Mapou-Yanga Mbiwa diterima Gervinho yang berlari memasuki kotak penalti. Gervinho melepaskan sepakan dengan kaki kiri, tapi mampu ditepis oleh Manuel Neuer.

Robert Lewandowski menebar bahaya untuk tuan rumah di menit ke-14. Upayanya dari dalam kotak penalti masih terbaca oleh De Sanctis.

Tim tamu kembali mengancam lewat percobaan Lewandowski dari luar kotak penalti dua menit berselang. Tendangannya kali ini hanya melayang tipis di atas mistar gawang.
Setelah dua kesempatan bagus lewat Lewandowski, justru Mario Goetze yang berhasil menambah gol untuk Bayern di menit ke-23. Melakukan tusukan di sisi kiri, Goetze kemudian berlari ke tengah dan bertukar umpan dengan Thomas Mueller di dalam kotak penalti. Sodoran dari Mueller langsung disambut dengan tendangan mendatar yang tak mampu diantisipasi oleh De Sanctis.

Tak butuh waktu lama untuk Bayern unggul semakin jauh. Hanya berjarak dua menit, giliran Lewandowski yang mencetak gol. Umpan silang Juan Bernat disambut sundulan Lewandowski yang terlepas dari kawalan.

Bayern terus menggempur pertahanan Roma. Di menit ke-27, Goetze memaksa De Sanctis melakukan penyelamatan.

Tiga menit kemudian, gawang Roma kembali bergetar. Dari tengah, Lewandowski mengirim umpan terobosan ke Robben di sisi kanan. Robben menyambutnya dengan tendangan kaki kiri dan bola gagal dihentikan De Sanctis.

Di menit ke-36, wasit memberikan penalti untuk Bayern setelah bola mengenai lengan Kostas Manolas di kotak terlarang. Mueller maju sebagai eksekutor dan sukses menyarangkan bola ke gawang. Tendangannya meluncur ke pojok kanan bawah gawang.

Roma terus berada dalam posisi terdesak. Di menit ke-40, Lewandowski mendapatkan peluang lain saat menanduk umpan silang Robben. Sundulannya masih melayang di atas mistar gawang.

Roma coba balas menekan tak berselang lama. De Rossi mengarahkan bola hasil sepak pojok Totti ke gawang, tapi diblok Jerome Boateng. Bola pantulan coba disambar Daniele De Rossi, tapi melambung.

Bayern hampir saja menambah gol di masa injury time babak pertama. Lewandowski melepaskan umpan tumit kepada Xabi Alonso yang memasuki kotak penalti. Hanya saja tendangan gelandang asal Spanyol itu tepat mengarah ke kiper. Babak pertama usai.

Roma coba menekan di awal-awal babak kedua. Radja Nainggolan melepaskan tendangan keras tak jauh dari kotak penalti, namun masih melambung di atas gawang Neuer.

Roma dua kali mendapatkan peluang emas dalam waktu berdekatan di menit ke-54, masing-masing dari Gervinho dan Florenzi. Belum berbuah gol.
Peluang Gevinho diawali dari umpan terobosan Vasilis Torosidis. Gervinho yang lolos dari kawalan berhadapan satu lawan satu dengan Neuer, hanya saja tendangannya masih membentur tiang kanan gawang.

Berikutnya giliran Florenzi yang berhadapan satu lawan satu dengan Neuer, setelah meneriman umpan terobosan lambung dari De Rossi. Kali ini upaya dari Roma gagal di tangan Neuer yang melakukan penyelamatan cemerlang.

Roma kembali mendapatkan kesempatan bagus untuk memperkecil kedudukan, tepatnya di menit ke-61. Dari tendangan bebas, Miralem Pjanic mengirimkan umpan ke muka gawang.

Gervinho lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan Neuer dari jarak dekat. Lagi-lagi kiper internasional Jerman itu melakukan penyelamatan gemilang, menggagalkan tendangan first time Gervinho.

Upaya Roma pada akhirnya membuahkan hasil di menit ke-67. Sebuah serangan cepat berujung pada tusukan Nainggolan di sisi kiri. Gelandang Belgia itu mengirimkan umpan silang ke muka gawang, disambut sundulan Gervinho yang tak terkawal. Kali ini Neuer takluk.

Namun demikian, Bayern kembali menjauh di menit ke-78. Robben memberikan umpan terobosan kepada Ribery dan nama yang disebut terakhir melambungkan bola melewati atas De Sanctis.

Bahkan dua menit berselang, Bayern menambah keunggulannya lagi. Awalnya Rafinha melepaskan tembakan keras mendatar dari luar kotak penalti, De Sanctis gagal menangkap dan bola bergulir menjauh dari jangkauannya. Di sana lalu muncul Xherdan Shaqiri yang menyambut bola dan menceploskan ke gawang.

Bayern selanjutnya mampu mencatatkan sejumlah peluang di 10 menit terakhir, di antaranya lewat tendangan Shaqiri yang masih melambung, sepakan Robben yang melenceng tipis, dan upaya Ribery yang membentur tiang. Tapi tak ada gol tambahan, laga pun usai untuk kemenangan Bayern 7-1.

Susunan pemain:

Bayern: Neuer, Benatia, Boateng, Bernat, Lahm, Alaba, Alonso, Goetze (Shaqiri 76'), Robben, Mueller (Rafinha 60'), Lewandowski (Ribery 68')

Roma: De Sanctis, Yanga-Mbiwa, Cole (Holebas 46'), Torosidis, Manolas, Nainggolan, Pjanic (Ljajic 79'), De Rossi, Iturbe, Totti (Florenzi 46'), Gervinho

Berita Terkait: