Bayern Munich 2-0 Koeln (27/9/2014)

Minggu, 28 September 2014

Juara bertahan Bayern Munich meraih kemenangan tandang pertamanya di musim ini. Tiga angka dibawa pulang setelah Bayern mengalahkan Koeln dengan skor 2-0 di Rhein Energie Stadion, Sabtu (27/9/2014).

Bayern tampil dominan hampir di sepanjang pertandingan. Catatan ESPNFC menunjukkan bahwa pasukan Josep Guardiola itu memiliki 77 persen penguasaan bola dengan total 21 percobaan yang 8 di antaranya mengarah ke gawang.

Sedangkan Koeln cuma memiliki 23 persen penguasaan bola dengan total delapan percobaan dan tiga yang mengarah ke gawang.

Keunggulan Bayern dibuka lewat gol Mario Goetze di awal babak pertama yang sekaligus menutup jeda dengan skor 1-0. Satu gol lainnya tercipta di babak kedua berkat gol bunuh diri pemain Koeln, Daniel Halfar.

Kemenangan ini menjaga posisi Bayern di puncak klasemen sementara Bundesliga dengan 14 poin, unggul dua angka dari tim kedua, Borussia Moechengladbach, terpaut tujuh angka dari rival utamanya Borussia Dortmund. Sedangkan Koeln berada di posisi ke-12 dengan enam poin.

Bayern mengklaim penalti saat pertandingan baru berjalan lima menit. Arjen Robben menusuk ke kotak penalti yang dibayangi Daniel Halfar. Pemain yang disebut terakhir tampak melanggar Robben dari belakang sehingga terjatuh tapi pelanggaran tidak digubris wasit.

Sejauh ini Bayern menguasai bola namun turut dibarengi dengan solidnya pertahanan Koeln.

Barulah di menit ke-19, Goetze berhasil membawa Bayern di depan. Diawali dari kesalahan Halfar karena menggiring bola dengan maksud membuangnya di sudut lapangan, Thomas Mueller membuat crossing kepada Robert Lewandowski.

Sepakan Lewandowski kurang sempurna, namun beruntung Goetze yang berada di dekatnya berhasil mengeksekusi bola dari depan gawang untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Tim tamu nyaris menggandakan keunggulannya enam menit berselang. Operan Lewandowski dari sisi kiri menemui kaki Mueller yang diteruskan dengan sepakan first time, tapi kiper Timo Horn maju ke depan untuk menepis bola dengan ujung jarinya.

Horn kembali mendapat ujian. Di menit ke-33, Robben meliuk-liuk di kotak penalti. Di sisi kiri, winger Belanda itu kemudian melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh tapi Horn menjatuhkan dirinya untuk melindungi gawang.

Serangan balasan Koeln memaksa Manuel Neuer melakukan penyelamatan ganda. Akselerasi Yannick Gerhardt mengalahkan Rafinha untuk melepaskan crossing kepada Halfar yang diteruskan dengan tendangan ke tengah gawang. Setelah ditepis Neuer, bola rebound dicecar Anthony Ujah tapi kembali mentah.

Dua menit jelang paruh waktu, Koeln kembali merepotkan pertahanan Bayern. Jonas Hector melepaskan sepakan ke tiang dekat tapi Neuer masih sigap mengamankan bola. Skor di babak pertama: Bayern memimpin dari Koeln 1-0.

Keunggulan Bayern akhirnya bertambah di menit ke-66. Robben "menari" di kotak Koeln sebelum menemui Lewandowski. Striker Polandia itu lantas mengirim umpan silang kepada Alaba, tapi Halfar yang membayanginya justru salah mengantisipasi sehingga bola masuk ke gawang sendiri. Skor kini 2-0 untuk Bayern.

Xabi Alonso hampir menciptakan gol perdananya bagi Bayern. Di menit ke-71, Alonso dari luar kotak penalti melesakkan sebuah sepakan kencang tapi Horn menjatukan diri untuk menepis bola keluar.

Hingga akhir pertandingan, tidak ada gol lain yang tercipta. Bayern berhak atas kemenangan 2-0 dari tuan rumah Koeln

Susunan Pemain
KOELN: Horn; Brecko, Maroh, Wimmer, Hector; Lehmann, Gerhardt (Risse 59'); Olkowski, Matuschyk, Halfar (Voght 756'; Ujah

BAYERN MUNICH: Neuer; Lahm, Rafinha, Boateng (Dante 56'), Bernat; Alonso, Alaba; Robben (Shaqiri 76'), Muller (Benatia 56'), Gotze; Lewandowski

Berita Terkait: