Manchester United 4-1 Aston Villa (29/3/2014)

Sabtu, 29 Maret 2014

Manchester United meraih poin penuh kala menjamu Aston Villa. Wayne Rooney mencetak dua gol, Juan Mata mencetak satu gol, dan Javier Hernandez mencetak satu gol. United pun menang 4-1.

Selain ketiga pencetak gol di atas, Shinji Kagawa juga dinilai tampil relatif bagus. Kagawa menjadi arsitek dua gol pertama United yang diciptakan Rooney.

Pada laga yang berlangsung di Old Trafford, United tampil dengan sejumlah pemain utamanya, termasuk Wayne Rooney dan Juan Mata di lini depan. Sementara Phil Jones dan Nemanja Vidic dipercaya menjadi palang pintu.

Kendati United mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal, justru Villa duluan yang mencetak gol di menit ke-13. Rafael da Silva melakukan pelanggaran terhadap Christian Benteke sedikit di luar kotak penalti, membuat wasit mengeluarkan kartu kuning untuk Rafael dan memberi tendangan bebas untuk Villa.

Ashley Westwood menjadi eksekutornya. Tendangan kaki kanannya melengkung ke arah tiang dekat. Meskipun David De Gea sudah menepisnya, bola tetap masuk ke dalam gawang United. Tidak ada satu pun pagar betis United yang melompat cukup tinggi untuk menghalau tendangan bebas itu.

Tapi, United bereaksi cepat. Pada menit ke-20, mereka sudah bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari sebuah serangan balik, bola diberikan oleh Juan Mata kepada Shinji Kagawa di sisi kiri. Kagawa kemudian mengirimkan umpan silang ke arah kotak penalti dengan kaki kanannya.

Umpan silang itu kemudian mengarah kepada Wayne Rooney yang tidak terkawal. Dia membelokkan umpan itu dengan kepalanya dan gawang Brad Guzan pun bobol.

Satu menit menjelang babak pertama berakhir, United mendapatkan penalti. Gol ini lagi-lagi diawali oleh aksi Kagawa. Gelandang asal Jepang tersebut dengan tenang menemukan Mata yang tengah menusuk masuk ke dalam kotak penalti. Bola diterima Mata, namun gelandang asal Spanyol itu dilanggar oleh Leandro Bacuna.

Rooney kemudian menjadi algojo penaltinya. Dengan tenang Rooney mengeksekusinya. Tendangan kaki kanan pemain bernomor 10 itu tidak bisa dijangkau Guzan dan United berbalik unggul 2-1.

Di awal-awal babak kedua, Benteke mendapatkan dua peluang bagus. Yang pertama tercipta pada menit ke-49.

Kesalahan Alexander Buttner dalam menjaga posisi di dalam kotak penalti membuat Benteke berada dalam posisi bebas. Setelah menerima umpan silang, bomber asal Belgia itu mencoba melepaskan tendangan voli tepat di depan gawang United. Sial baginya, kakinya gagal menyentuh bola. Michael Carric4k kemudian menyelamatkan timnya dengan membuang bola tersebut.

Pada menit ke-53, Benteke melompat lebih tinggi daripada Nemanja Vidic untuk menyambut sebuah umpan silang dari sisi kanan. Sial buat Benteke sekali lagi, sundulannya masih melambung tipis di atas gawang De Gea.

Justru tuan rumah yang akhirnya sukses menambah keunggulan di menit ke-57. Berawal dari sebuah serangan yang dibangun Mata dan Rooney, bola jatuh ke kaki Marouane Fellaini. Gelandang asal Belgia itu kemudian mencoba memberikan operan kepada Mata, namun bola malah memantul kaki bek Villa. Mata kemudian mengambil bola tersebut dan melepaskan sepakan kanan datar. Dia pun mencetak gol pertamanya untuk United.

Villa sempat beberapa kali mengancam gawang De Gea lewat Benteke dan pemain pengganti, Aleksandar Tonev. Salah satu tendangan Tonev bahkan melenceng tipis di sebelah kiri gawang De Gea.

Namun, tidak ada gol tambahan dari Villa. Sebaliknya, pada saat injury time babak kedua, United mendapatkan satu gol lagi.

Operan dari Fellaini di sisi kiri diterima oleh Adnan Januzaj. Gelandang bernomor 44 itu kemudian melepaskan umpan silang dengan kaki kirinya dan bola pun disambar oleh Javier 'Chicharito' Hernandez dengan kaki kirinya. Skor 4-1 pun menutup laga ini.

Kemenangan ini tidak mengubah posisi United. Mereka tetap berada di urutan ketujuh dengan koleksi nilai 54. Sementara Villa tetap berada di urutan ke-12 dengan nilai 34.

Susunan Pemain
Manchester United: De Gea, Rafael (Carrick 45), Jones, Vidic, Buttner, Young, Fellaini, Fletcher, Kagawa (Januzaj 68), Mata, Rooney (Hernandez 75).

Aston Villa: Guzan, Bacuna, Vlaar, Clark, Bertrand, Westwood, Delph, Albrighton (Lowton 78), Weimann, Benteke, Agbonlahor (Tonev 71).

Berita Terkait: