Bayern Munich Juara Liga Jerman 2013/2014

Rabu, 26 Maret 2014

Wunderbar! Luar biasa buat Bayern Munich yang mampu berpesta juara lebih dini. Masih tujuh laga tersisa, Bayern mengklaim mahkota Bundesmeister untuk ke-24 kalinya di Ibu Kota berkat kemenangan 3-1 atas Hertha Berlin.

Bayern yang pekan demi pekan terus bercokol di puncak klasemen Bundesliga, memastikan gelarnya secara prematur di spieltag ke-27 dini hari tadi. Meski saingan terdekat, Borussia Dortmund memetik satu angka di derbi Ruhr kontra Schalke 04, bentangan jarak 25 poin sudah cukup menjamin Bayern merajai liga Jerman.

Babak Pertama
Bayern sudah gas pol tempo permainan dan baru enam menit kick off bergulir, papan skor di Olympiastadion sudah bergolak, 1-0. Adalah Toni Kroos yang membuka keran gol Bayern usai menerima umpan Thomas Müller. Berdiri bebas di tiang jauh, finishing Kroos sukses membolongi gawang Thomas Kraft.

Tim tamu juga tak butuh waktu sekian lama untuk memperlebar kedudukan. Skor 2-0 dipatok Mario Götze pada menit ke-14 yang memanfaatkan bola liar di depan gawang, hasil kemelut crossing Bastian Schweinsteiger. Stand, Bayern dua, Hertha nol!

Götze nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-27 saat mencoba menyambar umpan silang deras dari Kroos yang merangsek dari sisi kiri. Sial, aliran bola terlambat disontek Götze dan clearance segera dilakoni Johannes van den Bergh guna mengamankan gawang timnya.

Sebelum turun minum, tepatnya di menit ke-37 bermula dari kerja sama David Alaba dan Götze, Müller mendapat ruang tembak leluasa. Tapi tatapannya kosong ketika bola tembakannya membentur mistar. Bola rebound sempat ingin dicocor Robben, namun Kraft lebih cepat menangkap. Skor masih 2-0 untuk Bayern sampai jeda.

Babak Kedua
Die Alte Dame atau si Nyonya Tua – julukan Hertha, setidaknya baru bisa memberi perlawanan berarti di babak kedua. Adrián Ramos punya kesempatan memperkecil kedudukan saat berupaya mencocor umpan Nico Schulz, lima menit setelah babak kedua dimulai. Namun Ramos terlambat sepersekian detik.

Delapan menit berselang, Bayern balik mengancam via akselerasi Mario Mandzukic yang belum lama masuk menggantikan Müller. Namun peluangnya terbuang ketika Mandzukic memegang bola terlalu lama di kotak penalti, sampai akhirnya dicuri Van den Bergh.

Menit ke-61, Mandzukic mencoba peruntungannya dari sudut sempit kotak penalti. Penyerang berpaspor Kroasia ini melepas tembakan keras yang sayangnya, masih bisa diselamatkan Kraft.

Empat menit berselang atau tepatnya di menit ke-66, Hertha akhirnya memperkecil kedudukan, 1-2 via tendangan dua belas pas. Penalti dihadiahkan kepada Hertha usai Rafinha de Souza melanggar Ramos di kotak terlarang.

Dengan tenang, Ramos mengeksekusi sendiri penaltinya dan dengan eksekusi ala “Panenka”, Ramos menaklukkan Manuel Neuer di bawah mistar Die Roten. Skor, 2-1 masih untuk keunggulan Bayern.

Laga bak sudah ingin ditentukan Bayern di menit ke-79 di mana gol ketiga lahir, guna menjamin kemenangan dari tim Ibu Kota ini, berbuah gelar Bundesliga buat mereka. Ribéry dari sudut sempit membuat Kraft memungut bola dari jaring gawangnya untuk ketiga kali, usai melakoni kerja sama apik dengan Götze. Skor, 3-1 untuk Raksasa Bavaria.

Seketika schiedsrichter (wasit) Marco Fritz meniup peluit panjang tanda laga bubar, para pemain Bayern pun larut dalam euforia. Tak peduli bahwa mereka berada di kandang tim lawan, Ribéry Cs tak kuasa menahan kegempitaan selebrasi gelar liga yang resmi mereka klaim untuk ke-24 kalinya.

Susunan Pemain
Hertha Berlin: Thomas Kraft, Levan Kobiashvili/Peter Niemeyer (64’), Christoph Janker, Peter Pekarík, Johannes van den Bergh, John Brooks, Hajime Hosogai, Per Skjelbred, Nico Schulz, Hany Mukhtar/Ronny de Araújo (71’), Adrián Ramos/Sandro Wagner (87’).

Bayern Munich: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Rafinha de Souza, Jérôme Boateng, David Alaba, Dante Bonfim, Arjen Robben/Franck Ribéry (54’), Bastian Schweinsteiger/Thiago Alcântara (64’), Toni Kroos, Mario Götze, Thomas Müller/Mario Mandzukic (54’).

Berita Terkait: