Manchester United 0-3 Manchester City (26/3/2014)

Rabu, 26 Maret 2014

anchester City sukses mempermalukan Manchester United di Derby Manchester jilid 168, Rabu dini hari, dengan skor telak 3-0 lewat sepasang gol yang dicetak Edin Dzeko, dan Yaya Toure di masa injury time.

Beberapa rekor tercipta di laga ini, selain United mencatatkan rekor kebobolan tercepat di kandang lewat gol pembuka Edin Dzeko saat pertandingan baru berjalan 45 detik, kekalahan ini menjadi kekalahan ke-10 United.

Kekalahan ini adalah kekalahan terbanyak yang dirasakan Setan Merah selama satu dekade terakhir, karena dalam kurun waktu tersebut, The Red Devils paling banyak menerima kekalahan di musim 2003-2004 dengan sembilan kekalahan dalam satu musim.

Dengan hasil ini pula, musim ini Manchester United tak pernah menang melawan City karena di pertemuan pertama, City justru mampu menang dengan skor lebih besar, yakni 4-1 di Etihad Stadium.

Masih meraba-raba permainan lawan dan bermain dalam tempo lemah, Manchester City justru mampu mencuri kesempatan untuk memberikan terapi kejut bagi tim tamu.

Pertandingan baru berjalan 45 detik, City sudah mampu menjebol gawang De Gea oleh Dzeko. Berawal dari sebuah kemelut, Nasri mampu menembak bola namun masih mengenai tiang gawang, dan bola muntahan justru jatuh tepat di depan Dzeko. Dengan mudah, pemain asal Bosnia ini menceploskan si kulit bundar.

Mencoba merespon gol dari Dzeko, Rooney Cs terlihat masih kesulitan menembus pertahanan City. Hingga 15 menit pertama, tuan rumah hanya mampu menguasai bola sebanyak 33 persen.

Menit 18, City bisa menggandakan keunggulan andai saja tendangan Dzeko dari dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea tak mengenai tiang gawang. United coba melakukan serangan balik setelah itu, tapi umpan silang Juan Mata dari sisi kiri masih mampu diblok Kompany.

Tempo meningkat, kini giliran United membuka peluang untuk bisa menyamakan skor di menit 24. Umpan silang dari Carrick, tak mampu dijangkau Welbeck yang berada di kotak penalti, tapi Fellaini mampu menerima bola dengan melepaskan sepakan voli, tapi masih bisa diamankan Joe Hart.

10 menit kedua, Setan Merah terlihat mencoba bangkit dengan terus melancarkan serangan demi serangan, seperti yang terlihat di menit 27. Rooney melihat Evra dalam posisi tanpa kawalan di sisi kiri. Bola kemudian dikirim kepada Evra dan melakukan umpan silang, namun masih bisa diamankan dengan baik oleh Hart.

Terus mendominasi, Setan Merah terus mengancam gawang Joe Hart di menit 40. Berawal dari umpan tarik Rafael kepada Rooney yang langsung mengoper kepada Mata, tembakan pun dilepaskan eks pemain Chelsea ini, tapi arah bola masih terlalu tinggi.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda bubarnya paruh pertama, skor 1-0 untuk keunggulan City, menjadi penghias papan skor.

Masuk ke interval kedua, peluang pertama didapat City di menit 47. Berawal dari umpan silang kepada Dzeko, Ferdinand amankan bola dengan baik, bola liar bergulir kepada Zabaleta, namun tembakan Zabaleta masih bisa diblok.

Lagi-lagi tim tamu mengancam gawang De Gea di menit 51. Kini giliran Fernandinho mencoba memanfaatkan sebuah umpan lambung dari Kompany, sayang sundulannya masih tinggi dari sasaran.

Petaka bagi United datang di menit 56. Umpan dari sepak pojok Nasri, mampu dikonversi menjadi sebuah gol oleh Dzeko dengan sebuah sontekan yang hanya membuat De Gea terdiam. City unggul 2-0.

Seolah tak puas dengan keunggulan 2-0, Fernandinho mencoba menambah keunggulan dengan melancarkan tembakan dari tengah kotak penalti memanfaatkan sebuah umpan tarik. Tapi usahanya di menit 69 ini belum mampu mengubah skor karena shoot-nya masih terlalu tinggi.

Satu menit berselang, Welbeck mendapat peluang bagus. Berhadapan dengan Joe Hart, pemain asal Inggris ini coba mengonversi sebuah umpan silang dengan melakukan back-heel, tapi lagi-lagi usahanya ini tak berbuah apa-apa.

Peluang bagi United datang di menit 80 lewat tendangan bebas Rooney dari sisi kiri lapangan. Dan tetap usahanya ini tak mampu mengubah kedudukan karena masih mampu diamankan oleh Joe Hart yang tampil baik di pertandingan ini.

Lima menit jelang laga usai, Zabaleta mendapat kesempatan mencetak gol ketiga usai menerima umpan dari Yaya Toure di kotak penalti, dia kemudian gagal meneruskan menjadi gol karena dijatuhkan Valencia, namun pelanggaran.

Kesialan United belum berhenti, pasalnya gol ketiga lahir di masa injury time dari kaki Yaya Toure yang menyerang gawang De Gea dengan tembakan kaki kanan yang tak mampu dihalaunya. Skor 3-0 bertahan untuk kemenangan City.

Susunan Pemain:
MANCHESTER UNITED: De Gea; Rafael, Ferdinand, Jones, Evra (C); Carrick, Cleverley/Kagawa, Fellaini/Valencia; Mata, Welbeck/Hernandez, Rooney

MANCHESTER CITY: Hart, Zabaleta, Kompany (C), Demichelis, Clichy, Yaya Toure, Fernandinho, Nasri/Milner, Silva, Jesus Navas/Javi Garcia, Dzeko/Negredo

Berita Terkait: