Barcelona 2-1 Villarreal (15/12/2013)

Minggu, 15 Desember 2013

Neymar kembali menjadi penentu kemenangan Barcelona. Penyerang asal Brasil itu memborong dua gol timnya ketika Blaugrana mengalahkan Villarreal dengan skor tipis 2-1.

Pada pertandingan di Camp Nou, Minggu (15/12/2013) dinihari WIB, Barca memimpin 1-0 saat jeda. Satu gol diciptakan oleh Neymar lewat titik putih.

Villarreal bisa menyamakan kedudukan pada awal babak kedua melalui sundulan Mateo Musacchio. Tapi, Neymar kembali mencetak gol dan memastikan Barca mendapatkan tiga angka.

Hasil ini memantapkan posisi Barca di urutan teratas klasemen sementara La Liga. Mereka punya 43 poin dari 16 pertandingan, unggul tiga poin atas Atletico Madrid dan lima poin atas Real Madrid. Villarreal di posisi kelima dengan 28 poin.

Seperti biasanya, Barca langsung mendominasi sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan. Mereka nyaris bikin gol pada menit keenam, tapi tendangan voli Alex Song dari jarak dekat hanya menghantam tiang gawang.

Memasuki menit ke-28, Barca mendapatkan hadiah penalti setelah Mario dianggap melakukan handball di area terlarang. Neymar yang dipercaya menjadi eksekutor menjalankan tugasnya tanpa cacat.

Tim tuan rumah hampir saja menambah keunggulannya pada menit ke-40. Alexis Sanchez lolos dari jebakan offside, tapi tembakannya bisa ditepis oleh kiper Villarreal, Sergio Asenjo.

Hingga berakhirnya paruh pertama, tak terjadi perubahan skor. Barca masih memimpin 1-0.

Tiga menit setelah restart, Villarreal sukses menyamakan skor. Musacchio menyundul bola hasil tendangan sudut Trigueros untuk menggetarkan gawang Barca yang dijaga oleh Jose Pinto.

Villarreal berpeluang bikin gol lagi pada menit ke-51. Namun, sepakan Giovani Dos Santos masih sedikit melenceng.

Usaha Sanchez dua menit kemudian juga tak menghasilkan gol kedua untuk Barca. Tembakannya dari luar kotak penalti bisa diamankan oleh Asenjo.

Cesc Fabregas mengancam gawang Villarreal pada menit ke-63. Umpan terobosan Sanchez membuatnya langsung berhadapan dengan Asenjo, tapi penyelesaiannya bisa digagalkan si kiper.

Fabregas menjadi otak terciptanya gol kedua Barca pada menit ke-68. Dia melepaskan umpan terukur kepada Sanchez yang berdiri di kotak penalti. Sanchez lantas memberikan bola kepada Neymar. Tanpa kesulitan, Neymar mendorong si kulit bundar ke dalam gawang.

Dalam posisi unggul, Barca terus menekan Villarreal dan mencoba mendapatkan gol ketiga. Andres Iniesta punya kans bagus pada menit ke-82 lewat tendangan volinya. Tapi, Asenjo bisa menepis bola keluar lapangan.

Di injury time, Neymar punya kans untuk mencetak hat-trick. Tapi, tembakannya dari dalam kotak penalti melambung tinggi.

Susunan Pemain
Barcelona: Pinto, Montoya, Bartra, Pique, Jordi Alba, Iniesta, Busquets, Song (Xavi 62'), Alexis Sanchez (Pedro 84'), Fabregas (Sergi Roberto 87'), Neymar

Villarreal: Asenjo, Gaspar, Jaume, Mussacchio, Ramirez, Ramos (Uche 64'), Aquino (Pereira 74'), Pina, Dos Santos, Munoz, Perez (Jokic 69')

Berita Terkait: