Chelsea 2-1 Crystal Palace (14/12/2013)

Minggu, 15 Desember 2013

Chelsea memetik kemenangan 2-1 atas Crystal Palace di lanjutan Premier League. Kemenangan ini membawa The Blues makin mendekat ke Arsenal yang ada di puncak klasemen.

Dalam pertandingan di Stamford Bridge, Sabtu (14/12/2013) malam WIB, Chelsea membuka keunggulan di menit ke-16 lewat Fernando Torres. Namun Marouane Chamakh mampu menyamakan kedudukan di menit ke-30.

Lima menit kemudian, Ramires mengembalikan keunggulan Chelsea. Gol Ramires itu sekaligus menjadi gol terakhir yang tercipta di pertandingan itu.

Dengan kememangan ini, Chelsea naik ke peringkat dua klasemen dengan 33 poin. Mereka kini cuma terpaut dua angka dari Arsenal yang memimpin klasemen.

Sementara itu, Palace belum keluar dari zona degradasi. Tim arahan Tony Pulis itu tertahan di peringkat 19 dengan 13 poin.

Setelah sama-sama kesulitan menembus pertahanan lawan, Chelsea akhirnya memecah kebuntuan lebih dulu di menit ke-16. Gol tim tuan rumah diciptakan oleh Fernando Torres.

Gol Torres berawal dari tembakan Willian dari luar kotak penalti yang mengenai tiang gawang. Bola muntah langsung dimanfaatkan oleh Torres untuk menjebol gawang Palace.

Chelsea terus mendominasi permainan. Peluang kembali didapat tim tuah rumah di menit ke-23. Tapi sepakan Branislav Ivanovic dari sudut sempit usai menerima bola dari Juan Mata masih melebar tipis di sisi kanan gawang Palace.

Peluang Michael Essien di menit ke-27 belum membuahkan gol. Tembakannya dari luar kotak penalti masih melebar dari gawang Palace.

Palace menyamakan kedudukan tiga menit kemudian. Umpan Joel Ward disambut sepakan kaki kiri oleh Marouane Chamakh untuk menjebol gawang Petr Cech.

Namun Chelsea kembali unggul di menit ke-35. Berawal dari pergerakan Eden Hazard di sisi kiri, dia kemudian menyodorkan bola kepada Ramires. Ramires kemudian melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau oleh Julian Speroni.

Chelsea terus menekan Palace. Hazard yang berhasil mencuri bola dari Adrian Mariappa kemudian mengirim bola kepada Willian. Tapi sepakan Willian masih bisa diamankan oleh Speroni.

Hingga babak pertama usai, skor 2-1 untuk Chelsea tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Chelsea langsung mengambil inisiatif menyerang. Empat menit laga babak kedua berjalan, Chelsea mendapat peluang lewat sepakan Mata.

Willian yang bergerak dari sisi kiri kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Namun sepakan Mata menyambut bola dari Willian masih melambung di atas mistar gawang Palace.

Palace yang tertinggal satu gol terus berupaya untuk mencari gol penyeimbang. Stuart O'Keefe yang berhasil mencuri bola dari Ivanovic kemudian menyodorkan bola kepada Jerome. Tapi Jerome terlalu terburu-buru melepaskan tembakan dan bola masih melayand di atas mistar gawang Cech.

Palace terus menekan, kali ini berawal dari serangan balik. Jerome mengirim bola kepada Jason Puncheon. Setelah mendapat ruang tembak, Puncheon melepaskan tembakan ke arah gawang tapi masih bisa digagalkan oleh Cech.

Di menit ke-58, Palace kembali mendapat peluang. Berawal dari tendangan bebas Puncheon, Damien Delaney menyundul bola ke arah gawang. Namun Cech lagi-lagi masih bisa menggagalkan peluang Palace itu.

Kemelut di depan gawang Chelsea di menit ke-77 nyaris berbuah gol penyeimbang untuk Palace. Tapi Cech dan Ivanovic bisa menghalau upaya O'Keefe.

Semenit kemudian, Palace kembali mengancam gawang Chelsea. Tapi sundulan Delaney menyambut sebuah sepak pojok masih menyamping dari gawang Cech.

Peluang emas Chelsea untuk menambah keunggulan di menit ke-86 tak membuahkan hasil. Ramires yang berdiri bebas gagal menyodorkan bola kepada Oscar. Bola lebih dulu dipotong oleh Speroni.

Dua penyelamatan gemilang berturut-turut dilakukan Speroni dua menit kemudian. Dia menghentikan sepakan Schuerrle dan Ba di dalam kotak penalti.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta. Chelsea menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas Palace.

Susunan Pemain
Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Terry, Azpilicueta, Essien, Ramires, Willian (Schuerrle 82'), Mata (Oscar 62'), Hazard, Torres (Ba 84')

Crystal Palace: Speroni, Mariappa, Delaney, Gabbidon, Ward, Jedinak, Dikgacoi (O'Keefe 29'), Bannan (Bolasie 52'), Puncheon, Chamakh (Gayle 88'), Jerome

Berita Terkait: