Swiss 1-0 Brasil (15/8/2013)

Kamis, 15 Agustus 2013

Timnas Brasil menelan pil pahit dalam laga ujicoba melawan Swiss. Tim besutan Luiz Felipe Scolari itu kalah tipis 0-1, yang mana golnya tercipta akibat gol bunuh diri Dani Alves.

Dalam pertandingan yang berlangsung di St Jakob Park, Kamis (15/8/2013) dinihari WIB, kedua kesebelasan bermain sama kuat 0-0 saat jeda pertandingan.

Tiga menit setelah restart, Alves melakukan blunder. Dia salah mengirimkan umpan kepada Oliviera Jefferson hingga malah membobol gawangnya sendiri.

Kekalahan dari Swiss ini merupakan hasil negatif kedua Selecao dibawah asuhan Scolari. Sepanjang tahun 2013, Brasil sudah melakoni 13 laga. Rinciannya, mereka menang tujuh kali, seri empat kali, dan kalah dua kali.

Laga baru berjalan empat menit, Neymar sudah unjuk kebolehan mengolah bola di sisi kiri kotak penalti Swiss. Setelah melakukan gocekan, Neymar mengirim bola kepada Marcelo.

Marcelo dengan bebas mengirimkan umpan ke tengah, Hulk yang menunggu di tengah tak dapat menyelesaiannya karena sepakannya yang tepat sasaran masih diamankan oleh Kiper Swiss Diego Benaglio.

Fred memberikan ancaman pada menit kedelapan. Mendapatkan umpan dari Dani Alves, sepakan Fred masih bisa diamankan oleh kiper tuanrumah.

Empat menit berselang Fred kembali mengancam. Memotong umpan sodoran Hulk, bola sepakannya masih bisa di antisipsi oleh tim tuan rumah.

Hulk gagal memanfaatkan peluang emas di menit 17. Tinggal berhadapan satu lawan satu meneruskan umpan Fred, tapi sepakannya masih bisa diamankan oleh Benaglio.

Saat laga berjalan setengah jam, Brasil mendapatkan peluang. Tapi, bola sepakan Neymar itu juga masih melebar.

Neymar melepaskan umpan di menit 38. Paulinho berhasil memenangi duel udara dengan Philippe Senderos, tapi bola sundulannya malah melayang di atas mistar.

Dua menit menjelang paruh pertama laga, Xerdhan Shaqiri mendapatkan peluang emas. Tapi, Oliveira Jefferson berhasil mengantisipasinya. Tak ada gol tercipta, skor 0-0 saat trurun minum.

Setelah restart, Swiss mampu mencuri gol di menit 48. Gol itu tercipta lewat aksi bunuh diri yang dilakukan oleh Dani Alves. Marcelo juga hampir membuat gol bunuh diri saat laga berjalan 54 menit.

Lima menit menjelang waktu normal habis, Neymar menyia-nyiakan peluang. Dia gagal menguasai bola sodoran Jo dengan sempurna sampai akhirnya tak mampu melepaskan sepakan terarah.

Di sisa lima menit pertandingan tidak ada gol tambahan, Swiss pun menang tipis 1-0 atas Brasil.

Susunan Pemain
Swiss: Benaglio, Lichtsteiner (Lang 62), Senderos (Schaer 46), Rodriguez, Klose, Xhaka, Behrami, Stocker (Barnetta 46), Dzemaili (Schwegler 75), Shaqiri (mehmedi 86), Seferovic (Gavranovic 75)

Brasil: Jefferson, Dani Alves (Jean 69), Thiago Silva , Marcelo (Maxwell 56), Dante, Neymar, Oscar (Hernanes 59), Luis Gustavo (Fernando 56), Paulinho , Hulk (Moura 63), Fred (Jo 56)

Berita Terkait: