Real Madrid 2-1 Real Betis (19/8/2013)

Senin, 19 Agustus 2013

Real Madrid harus bersusah payah sebelum memetik kemenangan atas Real Betis. Tertinggal lebih dulu, El Real akhirnya menang 2-1 setelah Isco mencetak gol penentu di jelang berakhirnya laga.

Memulai La Liga di kandang sendiri, Stadion Santiago Bernabeu, Senin (19/8/2013) dinihari WIB, Madrid di bawah pelatih barunya Carlo Ancelotti bermain tak terlalu meyakinkan. Meski banyak menekan, Sergio Ramos dkk malah kebobolan lebih dulu melalui Jorge Molina saat pertandingan masuk baru berjalan 14 menit.

Gol balasan yang dibuat Karim Benzema pada menit 26 membuat Madrid menyudahi babak pertama dengan skor 1-1. Di babak kedua, Los Merengues dibuat frustrasi dalam upaya mencetak gol keduanya.

Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil empat menit sebelum pertandingan tuntas melalui salah satu pemain baru, Isco. Tandukan pemain yang baru ditebus dari Malaga itu berhasil menggetarkan gawang Betis dan memastikan Madrid dapat poin maksimal.

Meski harus berjuang keras, tiga poin dari laga perdana di musk 2013/2014 ini jadi bekal awal yang bagus buat Madrid dan Ancelotti. Madrid kini bergabung dengan Athletic Bilbao, Valencia, Real Sociedad, dan Barcelona yang juga memiliki tiga poin di pekan perdana ini.

Pertandingan baru berjalan empat menit saat pemain Betis membuat gol bunuh diri, namun wasit lebih dulu menyatakan telah terjadi offside atas nama Marcelo sebelum dia mengirim bola ke kotak penalti. Lima menit berselang justru gawan El Real dalam ancaman ketika tandukan jarak dekat Jorge Molina bisa diblok kiper Diego Lopez.

Publik Santiago Bernabeu terdiam saat gawang Lopez akhirnya jebol di menit 14. Gol betis bermula dari penetrasi yang dilakukan Cedrick melalui tengah lapangan, di mana dia dengan mudah melewati Sergio Ramos. Di dalam kotak penalti Cedrick mengirim umpan pada Molina, yang sontekannya berhasil membelokkan bola ke dalam gawang.

Dua menit berselang Betis nyaris menggandakan keunggulan. Pergerakan Cedrick kembali merepotkan pertahanan Madrid, kali ini dia menusuk ke dalam kotak penalti dan mengirim bola pada Verdu. Meski punya ruang tembak yang lapang, Verdu gagal megarahkan bola dengan sempurna ke dalam gawang.

Madrid lantas melakukan serbuan gencar ke pertahanan Betis. Di menit 18 gol kembali terjadi, yang lagi-lagi tercipta akibat aksi bunuh diri pemain lawan. Namun sekali lagi gol tersebut dibatalkan karena ada pemain Madrid yang lebih dulu terperangkap offside.

Karim Benzema membuang peluang matang bikin gol saat dia dapat sodoran bola dari Marcelo di tengah kotak penalti. Sepakannya melayang tinggi. Kondisi serupa dialami Ronaldo yang gagal memanfaatkan peluang yang dipunya.

Di menit 24 Madrid akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Dari sudut sempit Benzema melepaskan tendangan keras yang tak dapat dihalau kiper Betis. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Betis lagi-lagi punya peluang mencetak gol, kali ini tandukan Nosa saat menyongsong umpan tendangan sudut hanya membentur mistar gawang. Sementara itu di menit 41 gol yang dibuat Benzema kembali dianulir sang pengadil, striker internasional Prancis itu dianggap berada dalam posisi offside.

Babak pertama baru berjalan satu menit Madrid sudah punya peluang matang bikin gol. Menyambut umpan dari Benzema, tendangan Ronaldo mentah oleh tiang gawang. Ronaldo kembali gagal bikin gol saat dia tak sampai menyambar umpan yang dilepaskan Marcelo.

Di sepanjang babak kedua Madrid menciptakan sangat banyak peluang. Selain melaui Benzema dan Ronaldo, setidaknya Angel di Maria dan Moratta punya peluang bikin gol. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan Madrid baru membuahkan hasil di menit 86.

Umpan diagonal yang dilepaskan Marcelo ditanduk dengan sempurna oleh Isco. Bola yang menghujam deras ke arah gawang tak kuasa dihalau kiper Betis.

Susunan Pemain
Real Madrid: Diego Lopez, Pepe, Sergio Ramos, Marcelo, Daniel Carvajal, Sami Khedira ('55 Casemiro), Luka Modric, Isco, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema ('81 Alvaro Morata), Mesut Ozil ('69 Angel Di Maria)

Real Betis: Stephan Andersen, Francisco Chica Torres, Paulao, Damien Perquis, Perez Nacho, Mati, Verdu ('79 Braian Rodriguez), Juanfran ('70 Alvaro Vadillo Cifuentes), Emmanuel Nosa Igiebor, Cedric ('62 Juan Carlos), Jorge Molina

Berita Terkait: