Manchester City 4-0 Newcastle United (20/8/2013)

Selasa, 20 Agustus 2013

Manchester City tampil sebagai pemuncak klasemen di pekan pertama Premier League. Hasil itu mereka dapatkan setelah menang 4-0 atas Newcastle United di Etihad Stadium, Selasa (20/8/2013).

Keempat gol City yang disarangkan ke gawang Tim Krul dicetak oleh empat pemain berbeda: David Silva, Sergio Aguero, Yaya Toure, dan Samir Nasri. Newcastle sendiri bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-45 lantaran Steven Taylor mendapatkan kartu merah.

City tampil mendominasi pertandingan sejak awal laga. Manuel Pellegrini, yang menjalani laga debutnya di Liga Inggris, menempatkan Edin Dzeko di lini depan dengan ditopang Silva, Aguero, dan Jesus Navas. Sementara Toure berduet dengan Fernandinho sebagai gelandang tengah.

Enam menit pertandingan berjalan, Silva sudah membuat tuan rumah unggul. Dzeko mengirim umpan dari sisi kiri yang kemudian disambut dengan sundulan oleh gelandang asal Spanyol itu.

Pada menit ke-22, Aguero memperbesar keunggulan The Citizens. Berawal dari bola yang direbut oleh Vincent Kompany di lini belakang, City pun melakukan serangan balik. Bola kemudian diberikan kepada Dzeko, yang langsung mengirim umpan terobosan kepada Aguero. Lewat sepakan kaki kanan, pemain asal Argentina itu pun menaklukkan Krul.

Babak pertama belum berakhir, Newcastle kehilangan satu pemain, yakni Jonas Gutierrez. Dia terpaksa ditarik keluar lantaran mengalam cedera hamstring dan digantikan oleh Vurnon Anita.

Keadaan bertambah buruk untuk The Magpies setelah Taylor dikartu merah lantaran tangannya menghantam kepala Aguero.

Di awal-awal babak kedua, City sempat membuat sejumlah peluang, salah satunya adalah tendangan Gael Clichy pada menit ke-49. Namun, tendangan bek kiri asal Prancis itu masih bisa diblok.

Semenit berselang, Aguero dilanggar sedikit di luar kotak penalti Newcastle. City pun mendapatkan tendangan bebas.

Lewat tendangan bebas itu, Toure membuat skor berubah menjadi 3-0. Tendangan bebasnya melengkung melewati pagar betis dan Krul, kendati sudah melompat ke arah datangnya bola, tidak mampu menggapainya.

Gol keempat City lahir di menit ke-75 lewat Nasri, yang masuk menggantikan Aguero di menit ke-61. Dia menerima umpan terobosan yang dilepaskan Pablo Zabaleta dari sisi kanan, dan memenangi perebutan bola dengan Mathieu Debuchy. Selanjutnya, dia melepaskan sepakan dengan tenang dan menaklukkan Krul.

Dengan kemenangan empat gol tanpa balas ini, City naik ke puncak klasemen dengan menggeser Manchester United, yang pada Sabtu lalu menang 4-1 atas Swansea City.

Susunan Pemain
Manchester City: Joe Hart, Vincent Kompany (Javi Garcia 71), Pablo Zabaleta, Joleon Lescott, Gael Clichy, Jesus Navas, David Silva (Alvaro Negredo 79), Fernandinho, Yaya Toure, Sergio Aguero (Samir Nasri 61), Edin Dzeko.

Newcastle United: Tim Krul, Fabricio Coloccini, Mapou Yanga-Mbiwa, Mathieu Debuchy, Steven Taylor, Moussa Sissoko, Jonas Gutierrez (Vurnon Anita 44), Cheik Tiote, Hatem Ben Arfa (Sammy Ameobi 65), Yoan Gouffran (Paul Dummett 45), Papis Cisse.

Berita Terkait: