Juventus Juara Supercoppa Italia 2013

Senin, 19 Agustus 2013

Juventus mengawali musim 2013/2014 dengan sangat baik. La Vecchia Signora tampil sebagai juara Supercoppa Italia atau Piala Super Italia setelah mengalahkan Lazio dengan skor meyakinkan 4-0.

Bermain di Stadion Olimpico, Senin (19/8/2013) dinihari WIB, Juve unggul 1-0 saat turun minum. Gol pertama tersebut tercipta atas nama Paul Pogba.

Memasuki babak kedua, Juve mencetak tiga gol tambahan. Tiga gol yang tercipta dalam waktu berdekatan itu dicetak oleh Giorgio Chiellini, Stephan Lichtsteiner, dan Carlos Tevez.

Bagi Juve, ini adalah titel Supercoppa Italia keenam yang mereka raih. Sebelumnya, Bianconeri juga berjaya pada tahun 1995, 1997, 2002, 2003, dan 2012.

Juventus lebih dulu mendapatkan peluang. Mereka mengancam pada menit ketiga lewat percobaan Mirko Vucinic, namun tembakan Vucinic dari dalam kotak penalti tak mengarah ke sasaran.

Usaha yang dilakukan Lucas Biglia pada menit ke-11 juga tak menghasilkan gol untuk Lazio. Tendangan gelandang asal Argentina itu masih melenceng.

Juve memecahkan kebuntuan pada menit ke-23. Dari sebuah situasi tendangan bebas, Andrea Pirlo memberikan bola kepada Lichtsteiner. Lichtsteiner lantas mengirim umpan silang ke mulut gawang. Sempat berubah arah karena mengenai pemain Lazio, bola kemudian mengarah ke Pogba. Dengan cepat membalikkan badan, nama terakhir melepaskan tembakan kaki kiri yang menjebol gawang Lazio.

Lazio punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-34. Stefan Radu yang menguasai bola di luar kotak penalti Juve melepas tembakan keras, tapi sepakannya bisa ditepis oleh Gianluigi Buffon.

Setelah itu, tak ada peluang berarti yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Saat turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Juve.

Juve mengawali babak kedua dengan baik. Mereka mencetak gol keduanya pada menit ke-52.

Gol tersebut tercipta lewat sebuah serangan balik cepat. Lichtsteiner yang membawa bola di sisi kanan melakukan penetrasi ke kotak penalti Lazio dan kemudian menyodorkannya kepada Chiellini. Tanpa kesulitan, Chiellini mendorong si kulit bundar ke dalam gawang.

Juve hanya membutuhkan waktu dua menit untuk unggul lebih jauh lagi. Lichtsteiner bermain umpan satu-dua dengan Vucinic sebelum dengan tenang menaklukkan kiper Federico Marchetti lewat tembakan pelan.

Bencana buat Lazio tak berhenti sampai situ saja. Gawang mereka jebol untuk keempat kalinya pada menit ke-56. Berawal dari tembakan Lichtsteiner yang ditepis Marchetti, Pogba menanduk bola liar. Marchetti bisa menyelamatkan gawangnya lagi, tapi bola lepas dari tangkapannya. Pogba kemudian memberikan bola kepada Tevez, yang menggetarkan gawang Lazio lewat tembakan kerasnya. Juve 4, Lazio 0.

Juve nyaris mencetak gol kelima pada menit ke-61. Aksi Lichtsteiner lagi-lagi membuat pertahanan Lazio kalang kabut. Dia mengirim umpan silang yang disambut oleh Tevez dengan tendangan voli. Tapi, bola melayang di atas mistar.

Lazio memiliki kesempatan memangkas ketertinggalannya sembilan menit kemudian. Umpan Antonio Candreva disambut Miroslav Klose dengan sundulan, tapi bola tak mengarah ke gawang.

Tak berselang lama, Lazio mengancam lagi lewat percobaan Ederson. Namun, tendangan jarak jauh Ederson masih melambung.

Klose melakukan aksi indivdu mengesankan pada menit ke-75 ketika mengecoh Leonardo Bonucci dan tinggal berhadapan dengan Buffon. Tapi, penyelesaiannya masih bisa dihalau Buffon.

Buffon kembali menunjukkan reaksi yang prima ketika gawangnya terancam lagi. Dia menangkap dengan sempurna bola tembakan Ederson dari dalam kotak penalti.

Hingga pertandingan selesai, kedua tim tak mencetak gol tambahan. Juve menang dengan skor 4-0.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli (Caceres 76'), Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Ogbonna 82'), Vidal, Pirlo, Marchisio (Pogba 21'), Asamoah; Tevez, Vucinic

Lazio: Marchetti; Cavanda, Biava, Dias, Radu (Ederson 58'); Biglia, Ledesma (Floccari 58'); Candreva, Hernanes (Onazi 70'), Lulic; Klose

Berita Terkait: