Barcelona 7-0 Levante (19/8/2013)

Senin, 19 Agustus 2013

Barcelona langsung meraih kemenangan besar di pekan perdana Liga Spanyol. Menjamu Levante di Camp Nou, Senin (19/8/2013) dinihari WIB, The Catalans menggilas Levante tujuh gol tanpa balas, 7-0.

Meski dikabarkan mengalami cedera, Lionel Messi dipasang sebagai starter dalam laga tersebut. Pemain terbaik dunia itu kemudian mencetak dua gol di menit 12 dan penalti pada menit 42.

Gol-gol Barcelona lainnya dibuat Alexis Sanchez di menit tiga, Daniel Alves menit 23, Pedro Rodriguez (26 & 73), serta Xavi Hernandez pada menit 45.

Pembelian terbaru Barcelona, Neymar, juga dimainkan dalam pertandingan tersebut. Masuk di menit 64 menggantikan Alexis, bintang asal Brasil itu belum berkontribusi besar dan malah dapat kartu kuning akibat melanggar pemain lawan.

Kemenangan mutlak ini mengantar Barcelona memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan poin tiga. Nilai mereka sama dengan Athletic Bilbao, Valencia dan Real Sociedad, namun Barca unggul dalam selisih gol.

Baru tiga menit pertandingan berjalan Barcelona sudah membuka keunggulan melalui Alexis Sanchez. Melakukan kerjasama satu-dua dengan Cesc Fabregas di dalam kotak penalti, sontekan Alexis dari jarak dekat membuat skor berubah jadi 1-0.

Terus memberi tekanan hebat ke pertahanan lawan, Barcelona tak perlu menunggu lama untuk mencetak gol keduanya. Tepatnya di menit 12 skor berubah jadi 2-0, di mana gol dibuat Messi dari dalam kotak penalti, juga setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Pedro.

Memasuki menit 18 Alexis nyaris menambah keunggulan timnya. Namun tendangan akrobatik yang dia lepaskan usai dapat umpan dari Xavi gagal menemui sasaran.

Lewat serangan yang terbangun sangat rapi dan pergerakan yang mengalir dinamis, Barcelona menambah keunggulannya di menit 23. Adalah Dani Alves yang kali ini mencatatkan namanya di papan skor, setelah dia dengan leluasa menceploskan bola ke dalam gawang dari tengah kotak penalti. Skor kini 3-0 untuk Barcelona.

Dua menit kemudian skor kembali berubah. Kali ini Pedro yang membuat gol dan menggelorakan fans Blaugrana di Camp Nou. 4-0 untuk Barcelona.

Berikutnya kiper Keylor Navas membuat dua penyelamatan gemilang di bawah mistarnya. Pertama dia menghalau bola yang dicungkil Messi pada menit 27, dua menit kemudian aksinya menghindarkan Xavi dari mencetak gol.

Sebelum turun minum Barcelona berhasil menambah dua gol lagi. Di menit 40 Barcelona dapat penalti setelah Adriano dijatuhkan oleh Pedro Lopez di dalam kotak penalti. Maju sebagai eksekutor, sepakan Messi mengubah kedudukan jadi 5-0.

Di periode injury time babak pertama Xavi tak mau ketinggalan mencetak gol. Lolos dari jebakan offside di dalam kotak penalti, Xavi mendahului kiper untuk mengarahkan bola ke dalam gawang. 6-0 untuk Barca.

Messi!. Tinggal berhadapan dengan Navas usai dapat umpan dari Fabregas, Messi gagal mejebol gawang Levante di menit 52. Tiga menit kemudian sepakan keras Gerard Pique juga gagal berujung gol karena terhadang pemain bertahan lawan.

Di menit 63 Neymar masuk lapangan menggantikan Alexis. Tujuh menit berselang gantian Messi meninggalkan lapangan dan digantikan oleh Andres Iniesta.

Setelah beberapa peluang terbuang, Barcelona akhirnya bisa menambah keunggulannya pada menit 72. Adalah Pedro yang mencetak gol tersebut sekalugus memastikan Barca meraih kemenangan 7-0 di pertandingan perdana musim 2013/2014.

Susunan Pemain
Barcelona: Victor Valdes, Gerard Pique, Javier Mascherano, Adriano, Dani Alves, Cesc Fabregas, Xavi, Sergio Busquets, Pedro ('77 Cristian Tello), Alexis Sanchez ('64 Neymar), Lionel Messi ('71 Andres Iniesta)

Levante: Keylor Navas, David Navarro, Rodas Ramirez Hector, Juanfran, Pedro Lopez, Nabil El Zhar ('64 Andreas Ivanschitz), Ruben Garcia, Jordi Xumetra Feliu, Sergio Pinto ('46 Issam Adoua), Simao Mate Junior ('45 Miguel Pallardo), David Barral

Berita Terkait: