Lionel Messi Dituduh Gelapkan Pajak di Spanyol

Jumat, 14 Juni 2013

Lionel Messi dan ayahnya dituduh telah melakukan penggelapan pajak di Spanyol. Pesepakbola terbaik dunia milik Barcelona itu dituding menggelapkan kewajibannya sebesar US$ 5,3 juta (Rp 51,9 miliar).

Dikutip dari Reuters, Messi dan ayahnya, Jorge, dituduh telah melakukan kecurangan dalam pembayaran pajak untuk tahun 2006, 2007, 2008 dan 2009. Tuduhan terhadap Messi tersebut datang seorang penuntut umum pajak di Catalunya bernama Raquel Amado.

Secara resmi Messi sudah melontarkan bantahan atas tuduhan tersebut. Melalui akun Facebook-nya, bintang asal Argentina itu mengaku terkejut karena selama di Spanyol sama sekali tak pernah melakukan pelanggaran hukum.

"Kami baru tahu dari media soal klaim tuduhan yang disampaikan oleh otoritas pajak Spanyol. Kami terkejut dengan berita itu, karena kami tidak pernah melakukan pelanggaran hukum," tulis Messi di akun Facebook-nya.

"Kami selalu memenuhi seluruh kewajiban pajak kami, mengikuti konsultan pajak yang juga akan mengklarifikasi situasi ini," lanjut Messi.

Messi, yang akan berusia 26 tahun di Juni ini, adalah salah satu atlet dengan gaji terbesar di dunia. Menurut Majalah Forbes dia bisa mengantongi US$ 20 juta (Rp 195,8 miliar) setiap tahunnya dari gaji saja. Sementara dari kontrak iklan bersama Adidas, PepsiCo and P&G jumlahnya mencapai US$ 21 juta (Rp 205,6 miliar).

Berita Terkait: