Arsenal 4-1 Wigan Athletic (15/5/2013)

Rabu, 15 Mei 2013

Arsenal kembali masuk ke zona empat besar dan menggeser Tottenham Hotspur setelah mereka mengalahkan Wigan Athletic 4-1. Bagi Wigan, hasil ini membuat mereka dipastikan terdegradasi.

Pertandingan di Emirates Stadium, Rabu (15/5/2013) dinihari WIB, berakhir sama kuat 1-1 di babak pertama. Arsenal unggul lebih dulu lewat Lukas Podolski, tapi Wigan membalas melalui Shaun Maloney.

Arsenal mencetak tiga gol penentu kemenangan mereka di babak kedua. Tiga gol tambahan ini diciptakan oleh Theo Walcott, Podolski, dan Aaron Ramsey.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi Arsenal ke urutan keempat klasemen sementara Premier League dengan 70 poin dari 37 partai. The Gunners unggul satu poin atas Spurs yang turun ke urutan kelima.

Bagi Wigan, ini adalah ironi setelah beberapa hari lalu mereka menjuarai Piala FA. The Latics dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship karena baru mengoleksi 35 poin dan tertahan di urutan ke-18. Dengan satu laga tersisa, mereka tak akan mampu mengejar Sunderland yang sudah mengumpulkan 39 poin.

Arsenal mengancam pada menit ketujuh. Diawali pergerakan Walcott di sisi kanan, bola diumpankan ke mulut gawang dan Santi Cazorla menyundulnya sambil menjatuhkan diri. Tapi, bola sundulan Cazorla masih melenceng tipis.

Tim tuan rumah membuka skor empat menit kemudian. Podolski berdiri tanpa kawalan ketika menyambut sebuah tendangan sudut dan dengan mudah menyundul si kulit bundar ke dalam gawang.

Arsenal berpeluang menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Cazorla mengirim umpan terobosan yang bisa disontek Ramsey, tapi bola sontekan Ramsey masih melebar.

Percobaan Ramsey pada menit ke-28 juga tak menghasilkan gol. Tendangan mendatar yang dilepaskannya masih mengarah ke samping gawang.

Walcott sempat menjebol gawang Wigan pada menit ke-38. Tapi, wasit Mike Dean tak menganggap telah terjadi gol karena Walcott lebih dulu terjebak offside.

Memasuki menit ke-45, Wigan mendapatkan tendangan bebas menyusul pelanggaran Mikel Arteta terhadap Maloney di luar kotak penalti Arsenal. Maloney mengeksekusi sendiri tendangan bebas tersebut dan tembakannya tak mampu dibendung Wojciech Szczesny. Arsenal 1, Wigan 1.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, tim tamu nyaris berbalik unggul. Usai bekerja sama dengan Roger Espinoza dan Callum McManaman, Arouna Kone melepaskan tembakan dari jarak dekat, tapi tembakannya bisa diblok Szczesny.

Di menit ke-50, Wigan sempat menggetarkan gawang Arsenal lewat sepakan James McCarthy. Tapi, gol ini dianulir karena McCarthy lebih dulu terjebak offside.

Berselang semenit, Arsenal mendapatkan peluang emas. Walcott menusuk dari sayap kanan dan mengirimkan umpan matang kepada Cazorla. Tapi, kesempatan ini tak berujung gol karena tendangan Cazorla dimentahkan kiper Wigan, Joel Robles.

Robles kembali membuat penyelamatan pada menit ke-60. Dia menggagalkan tembakan jarak dekat Walcott.

Publik Emirates kembali bergelora saat laga berusia 63 menit. Walcott mencetak gol dan membawa Arsenal memimpin 2-1. Pemain bernomor punggung 14 itu sukses mengonversi umpan silang mendatar Cazorla dari sisi kanan menjadi gol.

Arsenal mencetak gol ketiganya lima menit kemudian. Berawal dari tendangan bebas yang diambil Szczesny, sundulan Cazorla membuat Podolski tinggal berhadapan dengan Robles. Podolski tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan satu sontekannya cukup untuk menggetarkan gawang Wigan.

Di menit ke-71, tim tuan rumah membuat Wigan makin menderita lewat gol keempat yang mereka buat. Ramsey yang berlari di sisi kiri menusuk sendirian ke kotak penalti sebelum menaklukkan Robles dari jarak dekat. Arsenal 4, Wigan 1.

Hingga laga berakhir, tak ada gol tambahan tercipta. Arsenal masuk empat besar, Wigan terdegradasi.

Susunan Pemain
Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Rosicky (Wilshere 78'), Arteta (Vermaelen 90+1'), Ramsey; Cazorla, Walcott, Podolski (Oxlade-Chamberlain 78')

Wigan: Robles; Alcaraz, Scharner, Boyce; McCarthy, Gomez (Watson 64'), Espinoza, McArthur; McManaman (Di Santo 57'), Maloney (Henriquez 85'), Kone

Berita Terkait: