Reading 0-2 Manchester City (15/5/2013)

Rabu, 15 Mei 2013

Manchester City dipastikan menjadi runner-up Liga Primer Inggris musim ini. Kemenangan atas Reading membuat The Citizens memastikan posisi dua klasemen.

City melakoni pertandingan pertamanya tanpa Roberto Mancini yang sudah dipecat di Madejski Stadium, Rabu (15/5/2013) dinihari WIB. Menghadapi tuan rumah Reading, City membawa pulang kemenangan 2-0 berkat gol yang dicetak Sergio Aguero dan Edin Dzeko.

Dengan kemenangan ini, City memastikan posisi runner-up menjadi milik mereka. Dengan satu laga tersisa, jumlah poin City (78 poin) tak terkejar lagi oleh Chelsea (72 poin) yang ada di posisi tiga.

Sementara itu, Reading yang sudah terdegradasi tak beranjak dari posisi 19. Mereka mengumpulkan 28 poin dari 37 pertandingan.

City langsung mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Di menit keempat, Sergio Aguero melepaskan tembakan kencang dari dalam kotak penalti tapi masih bisa digagalkan oleh Alex McCarthy.

Tiga menit berselang, giliran sepakan Carlos Tevez yang ditepis oleh McCarthy. Bola muntah yang disambar Aguero juga kembali dihalau oleh McCharty.

Sundulan Tevez menyambut umpan Gareth Barry dari sisi kiri nyaris menjebol gawang Reading. Tapi McCarthy lagi-lagi melakukan penyelamatan.

Serangan balik dari Reading belum membahayakan gawang City. Bola sepakan Hal Robson-Kanu masih bisa diamankan oleh Joe Hart.

Aguero kemudian memecah kebuntuan City di menit ke-40. Menyelesaikan kerja sama Milner dan Silva, sepakan Aguero sukses menjebol gawang Reading.

Hingga turun minum, tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 1-0 untuk City bertahan hingga babak pertama usai.

Enam menit babak kedua berjalan, Reading punya peluang untuk menyamakan kedudukan. Menyambut umpan dari sisi kanan, Pavel Pogrebnyak menyundul bola namun Hart masih bisa menghalaunya.

Milner dan Silva kembali menjadi motor serangan City. Kali ini kerja sama keduanya menciptakan peluang bagi Yaya Toure untuk mencetak gol. Tapi tembakan pemain asal Pantai Gading itu bisa ditepis oleh McCarthy.

Upaya Toure kembali digagalkan oleh McCarthy. Sepakannya dari luar kotak penalti dihalau oleh kiper Reading itu dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Peluang Reading untuk mencetak gol di menit ke-78 tak membuahkan hasil. Sundulan Nick Blackman menyambut sepak pojok masih bisa dihalau oleh Tevez yang berdiri si tiang gawang.

Dua menit jelang laga usai, City menggandakan keunggulannya. Menerima bola dari Silva, Dzeko yang berdiri bebas di dalam kotak penalti kemudian menjebol gawang Reading setelah sempat mengecoh pemain belakang Reading.

Susunan Pemain
Reading: McCarthy, Gunter, Morrison, Mariappa, Kelly, Karacan, Guthrie, McCleary, McAnuff (Blackman 69'), Robson-Kanu, Pogrebnyak (Le Fondre 62')

City: Hart, Richards, Kolo Toure (Maicon 15'), Lescott, Clichy, Yaya Toure, Barry (Javi Garcia 58'), Milner, Silva, Tevez, Aguero (Dzeko 62')

Berita Terkait: