Inter Milan 1-2 Juventus (30/3/2013)

Minggu, 31 Maret 2013

Juventus keluar sebagai pemenang laga Derby d'Italia. Dijamu Inter Milan di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (30/3/2013) malam WIB, La Vecchia Signora meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Pertandingan ini berjalan menarik dari awal dan kedua tim banyak menciptakan peluang. Juve membuat start sempurna dengan unggul cepat berkat gol Fabio Quagliarella.

Memasuki babak kedua, Inter bisa menyamakan kedudukan setelah Rodrigo Palacio menjebol gawang Gianluigi Buffon. Tapi, skor 1-1 tak bertahan lama karena Juve kemudian unggul lagi melalui sontekan Alessandro Matri.

Berkat kemenangan ini, Juve kokoh di puncak klasemen sementara Seri A dengan koleksi 68 poin dari 30 laga, unggul 12 poin atas Napoli yang ada di posisi kedua. Inter menempati urutan keenam dengan 47 poin dari 29 partai.

Juve unggul saat laga belum genap berusia tiga menit. Berawal dari operan Kwadwo Asamoah, Quagliarella yang menguasai bola di depan kotak penalti melepaskan tendangan melengkung. Kiper Samir Handanovic hanya bisa terpana melihat gawangnya bergetar.

Juve berpeluang mencetak gol lagi pada menit ketujuh. Namun, sundulan Leonardo Bonucci meneruskan umpan silang Arturo Vidal masih melambung.

Inter nyaris menyamakan skor pada menit ke-12 lewat percobaan Antonio Cassano. Tapi, tendangan Cassano dari luar kotak penalti bisa ditepis Buffon.

Berselang dua menit, Buffon kembali membuat penyelamatan bagus. Kali ini, dia mementahkan sundulan jarak dekat Palacio.

Matri tak mampu memanfaatkan kesempatan yang dia peroleh pada menit ke-25. Sontekannya masih melebar ke samping gawang Inter.

Empat kemudian, giliran Vidal yang menyia-nyiakan peluang bagus. Tinggal menghadapi Handanovic di kotak penalti, dia tak segera menembak. Akibatnya, bola lebih dulu disergap Handanovic.

Percobaan Ricky Alvarez pada menit ke-38 tidak mengubah keadaan. Tembakan mendatarnya masih melenceng tipis.

Di menit berikutnya, Juve gantian mengancam. Tembakan jarak jauh Andrea Pirlo mengarah ke gawang Inter, tapi Handanovic masih bisa mementahkannya.

Tim tuan rumah menekan lagi di akhir babak pertama. Umpan silang Cassano disundul Palacio, namun bola dengan mudah ditangkap oleh Buffon.

Permainan terbuka masih diperagakan kedua tim di babak kedua. Juve mendapatkan peluang lewat Simone Padoin, tapi tembakannya bisa ditangkap Handanovic.

Inter akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Palacio yang mendapatkan umpan dari Cassano melesat di antara bek-bek Juve sebelum dengan tenang menaklukkan Buffon.

Memasuki menit ke-60, Juve kembali unggul. Berawal dari umpan terobosan Vidal kepada Quagliarella, nama terakhir kemudian melepas umpan matang ke mulut gawang. Matri tanpa ampun mencocor bola ke gawang Handanovic.

Cassano punya peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-69. Dari sebuah sepak pojok, dia mendapatkan ruang tembak di kotak penalti. Tapi, penyelesaiannya bisa diamankan Buffon.

Di sisa waktu, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Inter 1, Juve 2.

Esteban Cambiasso terkena kartu merah di penghujung laga. Sebabnya, dia melakukan pelanggaran keras terhadap Sebastian Giovinco.

Susunan Pemain
Inter: Handanovic; Ranocchia (Cambiasso 66'), Samuel, Chivu; Zanetti, Kovacic, Gargano (Rocchi 80'), Pereira; Alvarez (Guarin 46'); Palacio, Cassano

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Padoin, Vidal, Pirlo, Marchisio, Asamoah (Peluso 63'); Quagliarella (Giovinco 82'), Matri (Pogba 74')

Berita Terkait: