Southampton 2-1 Chelsea (30/3/2013)

Minggu, 31 Maret 2013

Chelsea gagal membawa pulang poin dalam lawatannya ke markas Southampton. The Blues dipaksa mengakui keunggulan The Saints dengan skor akhir 1-2.

Pada pertandingan di St. Mary's Stadium, Sabtu (30/3/2013) malam WIB, Southampton secara umum tampil lebih dominan.

ESPN mencatat tim tuan rumah memiliki penguasaan bola dengan perbandingan 55:45. Southampton juga membuat lebih banyak percobaan dengan total 15 kali dengan empat on target sedangkan Chelsea cuma enam kali dengan dua on target.

Seluruh gol di pertandingan ini tercipta di babak pertama. Southampton membuka skor melalui Jay Rodriguez sebelum dibalas Chelsea lewat kaptennya, John Terry. Namun, Rickie Lambert mengembalikan keunggulan Southampton yang bertahan sampai laga usai.

Dengan kekalahan ini, Chelsea turun ke peringkat empat klasemen sementara dengan 55 poin, hasil 30 kali bertanding sedangkan Southampton naik ke peringkat 14 dengan 34 poin hasil 31 kali berlaga.

Southampton langsung melancarkan tekanan di menit awal. Menerima operan Rickie Lambert kepada Jay Rodriguez berakhir dengan tendangan yang cukup mengancam gawang Chelsea.

Tim tuan rumah terus mendominasi. Di menit ke-12, Southampton memperoleh peluang emas Nathaniel Clyne melepaskan umpan silang cantik namun berhasil diblok.

Gol! Southampton akhirnya membuka skor di menit 23. Rodriguez memperoleh sodoran dari Steven Davis di kotak penalti sebelum melepaskan tendangan yang gagal dijangkau Petr Cech.

Gol balasan Chelsea dari Fernando Torres dua menit kemudian dianulir lantaran sudah terjadi pelanggaran terlebih dahulu.

Keunggulan Southampton hanya bertahan 10 menit. Tendangan penjuru Marko Marin berhasil ditanduk John Terry untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Southampton mengembalikan keunggulan mereka dua menit kemudian. Tendangan bebas melengkung Rickie Lambert berhasil menjebol gawang Chelsea.

Southampton terus meneror pertahanan Chelsea di awal babak kedua. Beberapa upaya yang dihasilkan cukup membahayakan.

Frank Lampard! Dari tendangan pojok, bola jatuh di kaki Lampard yang berada tepat di depan gawang namun sontekannya sukses diselamatkan kiper pengganti Kelvin Davies, meskipun offside.

Peluang bagus dari Chelsea. Tendangan bebas Torres diterima Cesar Azpilicueta di sisi kiri untuk diteruskan dengan umpan silang kepada Victor Moses. Tendangan Moses ditepis ke atas gawang oleh Davies.

Moses jatuh di kotak penalti setelah diganjal oleh Yoshida. Kubu Chelsea mengajukan klaim penalti tapi tidak digubris oleh wasit. Permainan berlanjut.

Serangan balik berbahaya dari Southampton di menit ke-72. Schneiderlin mengirim umpan terobosan kepada pemain pengganti James Ward-Prowse. Si pemain yang disebut terakhir mengoperkan bola kepada Lambert dan berhasil dipotong.

Chelsea terus mencoba menciptakan gol penyama dengan menekan pertahanan Southampton. Terjadi kemelut di depan gawang Southampton namun kemudian bisa diamankan.

Di sisa waktu pertandingan, Chelsea tidak mampu menciptakan gol tambahan. Skor 2-1 untuk keunggulan Southampton bertahan hingga laga bubar.

Susunan Pemain
SOUTHAMPTON: Boruc (Davis 46), Clyne, Yoshida, Hooiveld, Shaw, Schneiderlin, Cork, S. Davis (Fox 85), Puncheon (Ward-Prowse 62), Lambert, Rodriguez.

CHELSEA: Cech; Azpilicueta, Ivanovic, Terry, Bertrand; Mikel (Ramires 73),Lampard; Moses, Oscar (Benayoun 76), Marin (Hazard 60); Torres.

Berita Terkait: