Tumbangkan Juventus, Lazio ke Final (30/1/2013)

Rabu, 30 Januari 2013

Lazio memastikan tiket ke babak final Coppa Italia usai menumbangkan Juventus pada leg kedua semifinal di Stadion Olimpico, Rabu (30/1/2013) dini hari WIB. Lazio berhasil menang dengan skor 2-1.

Dengan begitu, Lazio berhasil menang agregat 3-2 dari Juventus usai keduanya hanya mampu bermain imbang 1-1 pada leg pertama di kandang si Nyonya Tua. Dua gol Lazio pada laga kali ini, masing-masing dicetak oleh Alvaro Gonzalez dan Sergio Floccari.

Sementara itu, satu gol I Bianconeri diciptakan oleh Arturo Vidal. Kemenangan ini pun membuat Lazio melaju dengan mulus ke babak final Coppa Italia yang akan berlangsung pada 26 Mei mendatang.

Pada babak final nanti, Lazio akan menantang pemenang laga antara Inter Milan kontra AS Roma yang baru melangsungkan pertandingannya pada 18 April mendatang. Roma sendiri datang ke Giuseppe Meazza dengan modal kemenangan 2-1 pada leg pertama.

Pada leg kedua ini, Juventus menurunkan pemain lapis keduanya. Sang allenatore Antonio Conte membangkucadangkan beberapa pemain andalannya, seperti Andrea Pirlo, Paolo Pogba, Gianluigi Buffon dan Claudio Marchisio.

Di lini depan, si Nyonya Tua menurunkan duet Mirko Vucinic dan Sebastian Giovinco. Sedangkan, Lazio malah menurukan kekuatan terbaiknya. Miroslav Klose sebagai penyerang tunggal dan didukung Christian Ledesma dan Stefano Mauri.

Laga pun berawal dengan cukup sejak kickoff babak pertama. I Bianconeri sendiri sebenarnya nyaris mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-8 usai dijatuhkannya Arturo Vidal di kotak penalti Lazio.

Akan tetapi, wasit Luca Banti yang memimpin laga ini menilia bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh kiper Federico Marchetti tak layak diganjar penalti. Tim asuhan Vladimir Petkovic sendiri cukup sulit menembus pertahanan Juve.

Peluang terbesar Lazio sendiri tercipta pada menit ke-29 hasil dari Miroslav Klose, saat pemain asal Jerman tersebut dilanggar di kotak penalti. Akan tetapi, laga-lagi wasit tak menilai itu sebuah pelannggara. Alhasil, hingga babak pertama usai tak ada gol yang tercipta. Laga pada babak pertama pun harus berakhir dengan skor imbang tanpa gol atau skor kacamata, yaitu 0-0.

Memasuki interval kedua, si Nyonya Tua masih memberikan tekanan kepada daerah Lazio. Akan tetapi, peluang-peluang yang mereka ciptakan masih belum bisa menjadi gol karena ketatnya lini belakang Lazio.

Ironisnya, tuan rumah malah mampu unggul 1-0 lebih dulu atas Juve pada menit ke-53. Gol dari Alvaro Gonzalez itu sendir tercipta usai menyambut umpan Cristian Ledesma, yang berhasil dikonversi menjadi gol lewat tandukannya yang keras dan gagal diatisipasi oleh kiper Marco Storari.

Tertinggal dari Lazio, allenatore Antonio Conte langsung memasukan pemain andalannya, seperti Pirlo dan Fabio Quagliarella. Sedangkan, Lazio memilih memperkuat pertahanan dengan memasukkan Senad Lulic dan Lorik Cana.

Lazio juga harus ditinggal oleh Hernanes pada menit ke-60, karena tak mampu melanjutkan pertandingan usai beradu kepala dengan Mannone. Pelatih Vladimir Petkovic pun menarik keluar Klose dengan Sergio Floccari.

Juventus akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit kedua di masa injury tim. Gol penyama kedudukan tersebut dicipatkan oleh Arturo Vidal. Namun, Floccari muncul sebagai pahlawan bagi Lazio pada menit keempat di masa injury time.

Floccari berhasil mencetak gol lewat kepalanya usai memanfaatkan sepak pojok. Skor 2-1 pun bertahan hingga berakhirnya pertandingan dan membuat Lazio menang dengan agregat 3-2.

Namun, kartu truf Lazio justru saat pelatih Vladimir Petkovic memutuskan memasukkan Sergio Floccari menggantikan Miroslav Klose. Kehadiran Floccari membawa warna baru bagi serangan Lazio yang sempat mandek bersama Klose.

Saat laga memasuki masa injury time dua menit, Juventus sempat mengasi asa dengan mencetak gol balasan melalui Arturo Vidal. Dengan gol ini, Juventus bisa memaksakan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Akan tetapi, Floccari pun muncul sebagai pahlawan. Pada menit ke-4 masa injury time, sundulan kepalanya menyambut sepak pojok berhasil membuat kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Lazio. Skor itu bertahan hingga laga usai. Lazio pun berhak melaju ke final dengan mengantongi agregat 3-2.

Susunan Pemain
Lazio: 22-Federico Marchetti; 2-Michael Ciani, 20-Giuseppe Biava, 29-Abdoulay Konko, 3-Andre Dias; 26-Stefan Radu, 6-Stefano Mauri, 24-Cristian Ledesma, 8-Hernanes (Lulic 62), 15-Avaro Gonzalez; 11-Miroslav Klose (Flocari 69)

Juventus: 30-Marco Storari; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, Federico Peluso, 33-Maurico Isla, 23-Arturo Vidal, 39-Luca Marrone (Marchisio 70), 20-Simone Padoin (Pirlo 68), 24-Emanuele Giaccherini; 9-Mirko Vucinic, 12-Sebastian Giovinco

Berita Terkait: