Gara-Gara Topan Sandy, Obama Batal Kampanye

Selasa, 30 Oktober 2012

Topan Sandy mengancam wilayah Amerika Serikat. Presiden Amerika Serikat Barack Obama pun terpaksa membatalkan acara kampanyenya dikarenakan topan mematikan itu.

Gedung Putih menyampaikan, Obama semula dijadwalkan tampil dalam kampanye kepresidenan di Orlando, Florida hari Senin ini.

"Dikarenakan memburuknya kondisi cuaca di wilayah Washington, presiden tidak akan menghadiri event kampanye hari ini di Orlando," ujar juru bicara Gedung Putih Jay Carney seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (29/10/2012).

"Presiden akan kembali ke Gedung Putih untuk memonitor persiapan-persiapan dan respons awal atas Topan Sandy," imbuh Carney.

Kekuatan angin Topan Sandy diperkirakan meningkat saat bertemu dengan badai musim dingin dari AS sebelah barat. Hal ini akan menciptakan fenomena badai dahsyat, yang oleh para ahli disebut Frankenstorm karena hal itu terjadi menjelang perayaan Halloween.

Topan mematikan ini bisa berdampak pada sekitar 60 juta jiwa penduduk AS yang tinggal di wilayah pantai timur dan New York masuk dalam jalur yang akan dilewati badai ini. Topan Sandy diperkirakan akan tiba pertama kali di wilayah New Jersey dan Delaware pada Senin (29/10) waktu setempat.

Para gubernur di sejumlah negara bagian telah mengumumkan keadaan darurat menjelang kedatangan Topan Sandy. Negara-negara bagian tersebut adalah Connecticut, Delaware, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Vermont, Virginia dan Washington, DC.

Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.

Berita Terkait: