Terinspirasi Fergie, Mourinho Ingin Melatih Sampai Tua

Rabu, 26 September 2012

Meski usianya tak lama lagi akan 50 tahun, Jose Mourinho merasa dirinya masih muda. The Special One ingin seperti Sir Alex Ferguson, yang bisa terus bekerja sampai usia senja.

Mourinho lahir di Setubal, Portugal, pada 26 Januari 1963. Dengan demikian, pria bernama lengkap Jose Mario dos Santos Mourinho Felix itu akan berusia setengah abad pada awal tahun depan.

Sejak memulai karier manajerial di Benfica pada tahun 2000, Mourinho telah membuktikan diri sebagai salah satu pelatih terhebat yang pernah ada. Dia sudah meraih trofi liga di empat negara berbeda, trofi Liga Champions untuk Porto dan Inter Milan, serta dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia 2010.

Dengan kesuksesan seperti itu, Mourinho tak begitu saja terpuaskan. Pria yang kini bekerja di Real Madrid itu merasa masih bisa meraih banyak hal lain di dunia sepakbola.

Mourinho berkaca pada apa yang sudah dicapai oleh Ferguson. Dengan usia yang sudah 70 tahun lebih, Fergie masih aktif memimpin Manchester United bersaing di level tertinggi.

"Saya memahami sepenuhnya kenapa Alex masih bekerja dan saya pikir saya akan sama," aku Mourinho yang dikutip Football Espana.

"Saya sangat mencintai sepakbola. Saya sangat suka melatih. Saya masih akan sangat muda saat berusia 50 tahun dan saya yakin masih punya banyak hal di hadapan saya," tambahnya.

"Lima puluh adalah angka dengan efek tertentu. Itu adalah angka yang saya yakini kadang-kadang punya efek negatif secara psikologis pada banyak orang karena mereka menyadari bahwa dunia berputar sangat, sangat cepat dan hidup kita sangat, sangat singkat," kata Mourinho.

"Itu adalah angka yang membuat saya berpikir dan melihat ke belakang, tapi juga melihat ke depan. Saya adalah orang yang bahagia karena apa yang sudah saya lakukan sejauh ini saya pikir luar biasa," tuturnya.

"Saya melihat ke belakang dan berkaca pada itu dan harus sangat bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan," ujar dia.

"Tapi, pada waktu yang sama saya melihat ke depan dan saya merasa diri saya lebih baik, lebih kuat daripada sebelumnya, dengan lebih banyak pengalaman, dan saya pikir saya masih ada di awal hidup profesional saya," tandasnya.

Berita Terkait: