Iker Casillas Pecahkan Rekor Kemenangan Terbanyak di Timnas

Kamis, 31 Mei 2012

Cukup 10 menit bagi Iker Casillas bermain di laga ujicoba kontra Korea Selatan dan kapten timnas Spanyol itu pun menorehkan rekor baru, sebagai pemain timnas dengan catatan kemenangan paling banyak.

Casillas bermain sebagai pemain pengganti Pepe Reina di menit 80 kala Spanyol menang 4-1 atas Korsel, Kamis (31/5/2012) dinihari WIB. Begitu ia memasuki lapangan, sambutan meriah pun diberikan oleh para suporter 'Matador' yang memadati Stade de Suisse Wankdorf di kota Bern.

Sambutan itu tentu saja sebagai apresiasi atas pencapaian gemilang yang baru saja dicatatkan kiper 31 tahun itu di level timnas. Di penampilannya ke-130, pemain berjuluk Santo Iker itu membuat rekor 95 kemenangan di level timnas dan menjadi pemain pertama yang melakukannya.

Sebelumnya Casillas sejajar dengan pemain senior Mesir, Ahmed Hassan, dan eks bek Prancis, Lilian Thuram, yang punya 94 kemenangan bersama negaranya. Dengan ini resmi sudah Casillas ada di posisi teratas para pesepakbola dunia yang punya rekor kemenangan terbanyak di timnas.

Dari 10 besar deretan pemain tersebut, cuma Javier Zanetti (Argentina) dan Hassan yang mungkin bisa menyamai atau bahkan melewati Casillas. Tapi dengan umur keduanya yang jauh di atas Casillas, tampaknya kiper asal Real Madrid itu akan berada di posisi puncak untuk waktu yang lama.

Berikut 10 besar pemain dengan rekor kemenangan terbanyak bersama negaranya seperti dilansir Infostrada:
95 - Iker Casillas (Spanyol)
94 - Ahmed Hassan (Mesir)
94 - Lilian Thuram (Prancis)
89 - Mohamed Al-Deayea (Arab Saudi)
89 - Ali Daei (Iran)
88 - Cafu (Brasil)
87 - Claudio Suarez (Meksiko)
85 - Lothar Matthaeus (Jerman Barat/Jerman)
83 - Javier Zanetti (Argentina)
83 - Roberto Carlos (Brasil)

Berita Terkait: