Liverpool 2-0 Chelsea (30/11/2011)

Rabu, 30 November 2011

Liverpool memetik kemenangan dalam lawatan ke Chelsea. Dua gol masing-masing dari Maxi Rodriguez dan Martin Kelly memberi The Reds kemenangan 2-0 dan tiket semifinal Piala Liga Inggris.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stamford Bridge, Rabu (30/11/2011) dinihari WIB kedua tim bermain sama kuat 0-0 di babak pertama. 'Si Merah' membuka keunggulan melalui Maxi di menit 58, untuk kemudian digandakan Kelly lima menit berselang.

Kemenangan ini mengantar skuad besutan Kenny Dalglish masuk ke babak semifinal. Siapa lawan yang akan mereka hadapi belum diketahui karena masih harus menunggu hasil undian dengan tiga klub lainnya.

Buat Chelsea kekalahan ini menambah panjang performa buruk mereka di musim 2011/2012. Di Liga Inggris John Terry cs sudah kalah empat kali dan ketinggalan 10 poin dari pemuncak klasemen, sementara di Liga Champions mereka terancam gagal lolos ke babak 16 besar jika kalah atas Valencia di matchday terakhir.

Akselerasi David Luiz ke kotak penalti Liverpool menjadi peluang pertama yang terjadi dalam laga ini. Klaim penalti sempat diminta pemain Chelsea saat bek Brasil itu terjatuh, namun wasit justru memberinya kartu kuning karena dianggap diving.

Di menit 20 justru Liverpool yang dapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Alex dianggap menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang saat berupaya menghalau umpan silang Jose Enrique.

Adalah Andy Carroll yang kemudian maju sebagai eksekutor. Malang buat dia, sepakan yang dia lepaskan bisa dihadang kiper Ross Turnbull.

Satu menit sebelum turun minum Chelsea punya peluang membuka keunggulan melalui Lukaku, namun tandukan dia masih melenceng dari sasaran. Babak pertama pun berkesudahan sama kuat 0-0.

Sepuluh menit babak kedua berjalan fans The Blues nyaris dibuat kegirangan oleh Frank Lampard. Tendangan bebas yang dilepaskan sang gelandang sekitar 27 meter dari gawang hanya melayang tipis di atas sasaran.

Namun justru Liverpudlian yang lebih dulu merayakan gol di menit 58 setelah Maxi Rodriguez menjebol gawang The Blues. Gol tersebut bermula dari umpan yang dilepaskan Bellamy pada Jordan Henderson, bola kemudian jatuh ke kaki Maxi dan sepakannya bersarang di gawang Chelsea.

Lima menit berselang Liverpool berhasil mencetak gol kedua mereka. Bellamy kembali berperan dalam lahirnya gol ini, bola yang dia lepaskan pada Kelly berhasil diteruskan menjadi gol. The Reds unggul 2-0.

Tertinggal dua gol Andre Villas-Boas memasukkan Nicolas Anelka dan Juan Mata demi menambah daya gempur timnya. Namun keduanya tetap tak mampu menciptakan peluang berbahaya apalagi bikin gol.

Penyelamatan penting dibuat Jamie Carragher di menit 72. Dia memblok sepakan Anelka di depan gawang setelah striker Prancis itu berhasil melewati Pepe Reina.

Tekanan tuan rumah berlanjut saat Torres berhasil menyambut umpan tendangan sudut Frank Lampard, namun tak ada gol dari kejadian tersebut karena Reina melakukan tugasnya dengan baik di bawah mistar gawang.

Hingga akhirnya laga tuntas, Chelsea tetap gagal mencetak gol ke gawang tamunya. Skor akhir 2-0 untuk keunggulan Liverpool, yang membuat mereka berhak masuk semifinal.

Susunan Pemain
Chelsea: Ross Turnbull, Bosingwa, Alex, Ryan Bertrand, David Luiz, Frank Lampard, Florent Malouda ('64 Anelka), Oriol Romeu, Joshua McEachran ('41 Ramires), Fernando Torres, Romelu Lukaku ('64 Juan Mata)

Liverpool: Pepe Reina, Jamie Carragher, José Enrique, Martin Kelly, Sebastian Coates, Lucas ('70 Charlie Adam), Maxi Rodriguez ('89 Martin Skrtel), Jay Spearing, Jordan Henderson, Craig Bellamy ('79 Dirk Kuyt), Andy Carroll

Berita Terkait: