Valentino Rossi Coba Ubah Riding Position

Rabu, 21 September 2011

Valentino Rossi nampaknya tidak berhenti berupaya meningkatkan kinerjanya di lintasan. Setelah wacana penggantian sasis dari serat karbon ke alumunium, kali ini Rossi akan mencoba cara lain di luar aspek teknis pada motor.

Ekspektasi Rossi dan Ducati di musim ini memang meleset jauh dari perkiraan semula. Diharapkan bisa menorehkan hasil bagus, The Doctor justru disibukkan dengan berbagai macam urusan untuk memperbaiki motor dibanding bersaing dengan para kompetitornya. Berulang kali, joki asal Italia itu mencari settingan terbaik pada motornya.

Hanya, sampai saat ini VR46 agaknya belum menemukan settingan yang tepat. Dan kali ini, Rossi bereksperimen untuk mengubah posisinya berkendara sesuai dengan postur tubuhnya. Dia mengakui sampai saat ini belum merasa nyaman saat memacu Ducati Desmosedici GP11.1.

“Kami kalah di beberapa daerah yang cukup aneh,” ketus Rossi mengaku tidak habis pikir mengapa selalu kalah dengan pesaingnya, Casey Stoner di trek lurus. “Sebagai contoh, dibandingkan dengan Stoner, kami jauh lebih lambat di trek lurus dengan motor yang sama seperti yang kami miliki dari tes pertama,” Rossi melanjutkan.

Rossi menduga riding positionnya saat ini lebih cocok untuk pengendara yang bertubuh lebih pendek dan kecil bukan pembalap jangkung seperti dirinya atau Nicky Hayden. Sebab itu, Rossi berharap, perubahan posisi berkendara nantinya bisa membawa dampak positif di atas lintasan.

“Saya tidak merasa nyaman di motor. Jadi kami sudah memikirkan sesuatu untuk mendistribusikan berat dan jika Anda menyaksikan saya di televisi, saya tidak seperti menaiki motor di masa lalu. Ini sangat jelas terlihat dari luar,” tukas juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut.

Akhir kata, Rossi mengungkapkan, dalam waktu dekat ini Ducati masih belum bisa menyelesaikan masalah yang terus menaungi sepanjang musim ini. “Kami telah bekerja dengan banyak cara berbeda tapi sepertinya kami belum banyak memperbaikinya,” keluh Rossi. “Kami masih sangat lambat, selain dalam beberapa balapan kami tidak konsisten. Sepertinya, kami belum bisa menyelesaikan masalah,” pungkas Rossi.

Berita Terkait: