Manchester United 3-3 Basel (28/9/2011)

Rabu, 28 September 2011

Manchester United ditahan imbang di kandang sendiri. Sempat unggul 2-0 di babak pertama, MU akhirnya harus puas dengan skor akhir 3-3.

Dua gol MU tercipta dalam selang waktu satu menit, yakni melalui Danny Welbeck di menit 17 dan 18. Namun, 'Setan Merah' menunjukkan wajah buruk mereka pada lini pertahanan.

Beberapa kali Basel berhasil memberikan ancaman dan menciptakan peluang. MU akhirnya terhukum di babak kedua setelah Fabian Frei dan Alex Frei membuat kedudukan berbalik menjadi 2-3.

Beruntung bagi MU, mereka memiliki Ashley Young. Gelandang bernomor 18 ini tampil sebagai penyelamat di menit 89 lewat sundulannya. Skor akhir pun sama kuat 3-3.

Dengan hasil ini, MU tertahan di posisi tiga klasemen Grup C dengan nilai 2. Sementara itu Basel masih memimpin klasemen dengan nilai 4, atau sama dengan yang dimiliki Benfica, yang pada saat bersamaan menang tipis 1-0 atas Otelul Galati.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Rabu (28/9/2011) dinihari WIB, MU langsung menekan pertahanan Basel sejak awal. Kedua sayap, Ashley Young dan Antonio Valencia, banyak memberikan umpan ke dalam kotak penalti.

Di awal-awal pertandungan, peluang sempat diraih oleh Valencia, ketika dia menyambut umpan silang Young di tiang jauh. Namun, sundulannya masih melenceng dari gawang.

Gol pertama terjadi di menit 17 dengan diawali tusukan dari sisi kanan. Bola kemudian diberikan kepada Fabio da Silva yang ada di dalam boks, yang kemudian memberikannya kepada Ryan Giggs. Nama terakhir langsung memberikan bola kepada Welbeck yang langsung menyelesaikannya dengan satu sepakan kaki kiri.

MU hanya butuh waktu satu menit untuk menggandakan keunggulan. Umpan Giggs dari sisi kiri diterima oleh Welbeck di tiang jauh. Dengan satu tendangan kaki kanan, Welbeck berhasil menggetarkan jala Basel.

Unggul 2-0, pertahanan MU sempat mendapatkan ujian dari pemain-pemain depan Basel. Sayap kiri, Jacques Zoua, sempat mendapatkan peluang ketika menusuk dari sisi kiri dan melewati Rio Ferdinand. Namun, sepakannya masih melebar.

Alexander Frei juga sempat mendapatkan peluang. Tetapi sundulannya menyambut umpan Zoua masih melambung di atas mistar gawang.

Di babak kedua, Young sempat mencetak gol, namun akhirnya dianulir lantaran winger bernomor 18 itu berada dalam posisi off-side. Akhirnya malah Basel yang mendapatkan peluang emas pertama di babak kedua.

Pada menit 51, Marco Streller yang masuk dari sisi kanan dan tidak terkawal tinggal berhadapan dengan David De Gea. Ia melepaskan sebuah sepakan kaki kanan keras, namun De Gea masih bisa menghalau tendangan itu dengan kakinya.

Dua menit berselang, Young mengirimkan umpan terobosan kepada Giggs yang berlari masuk dari sisi kanan. Sial bagi Giggs, sepakannya menyambut umpan tersebut mengarah tepat ke tangkapan Sommer.

Basel akhirnya memperkecil kedudukan di menit 58 melalui Fabian Frei. Gol tersebut berawal dari sebuah sepak pojok. Bola hasil buangan jatuh ke kaki Frei yang langsung menghantamkan bola ke arah gawang dengan sepakan kaki kanan. Skor berubah menjadi 2-1.

Hanya butuh dua menit untuk membuat kedudukan menjadi 2-2. Sebuah umpan silang dari sisi kanan langsung ditanduk oleh Alex Frei ke sisi sebelah kiri De Gea. Jala tuan rumah bergetar dan kedudukan kini sama kuat.

Basel akhirnya membalikkan keadaan di menit 76 ketika Valencia melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Basel mendapatkan penalti. Alex Frei yang maju menjadi eksekutornya berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Kedudukan berbalik menjadi 3-2 untuk Basel.

MU mendapatkan tali penyelamat di menit 89. Nani, yang baru dimasukkan di babak kedua, memberikan umpan ke tiang jauh dan di sana ada Young. Lewat sebuah sundulan, Young pun membuat kedudukan menjadi 3-3. Skor tersebut pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan, MU selamat dari kekalahan.

Susunan Pemain
Manchester United: David De Gea, Rio Ferdinand, Phil Jones, Patrice Evra, Fabio Da Silva (Nani 70), Anderson (Dimitar Berbatov 82), Michael Carrick, Antonio Valencia, Ashley Young, Ryan Giggs (Park Ji-Sung 61), Danny Welbeck.

FC Basel: Yann Sommer, Aleksandar Dragovic, David Abraham, Park Joo-Ho, Markus Steinhofer, Granit Xhaka, Cabral, Jacques Zoua, Fabian Frei (Scott Chipperfield 77), Alexander Frei (Taulant Xhaka 89), Marco Streller (Ryong Pak 81).

Berita Terkait: