Ferguson: Dominasi Barcelona Pasti Akan Berakhir

Minggu, 29 Mei 2011

Sir Alex Ferguson tak menyangkal kehebatan Barcelona sepanjang musim ini. Pelatih Manchester United ini bahkan mengakui, untuk saat ini tidak ada yang bisa meruntuhkan dominasi El Barca.

Performa anak asuh Pep Guardiola sepanjang musim ini memang bisa dikatakan brilian. Permainan kolektif nan indah dengan sentuhan umpan pendek satu-dua serta ball possession, membuat setiap lawan yang berhadapan dengan Barca selalu kesulitan. Bahkan, tak jarang tim yang menjadi lawan Barca seperti sebuah tim yang sedang diajari bermain bola karena hanya sibuk mengejar bola, sepanjang pertandingan.

Hal ini jugalah yang dialami Manchester United yang berhadapan dengan Barca di final Liga Champions, dini hari tadi. United yang tampil di hadapan mayoritas pendukungnya, tidak mampu mengimbangi ball possession Barca yang mencapai 63 persen. Alhasil, tiga gol bersarang di jala Edwin van der Sar melalui kaki Pedro Rodriguez (27’), Lionel Messi (54’) dan David Villa (69’). Sementara United hanya mampu membalas satu gol melalui Wayne Rooney di menit ke-34.

Menyikapi hasil pertandingan, Ferguson mengakui bahwa Barca memang pantas jadi juara karena tampil lebih dominan dari anak asuhnya. Namun, pria 69 tahun ini menegaskan bahwa dominasi yang ditunjukkan El Barca dalam beberapa tahun terakhir ini pasti akan berakhir.

“Setiap tim pasti akan melalui perputaran dan untuk kali ini Barcelona sedang berada dalam posisi di atas karena mereka tim terbaik di Eropa,” tutur Fergie sebagaimana dikutip Tribalfootball, Minggu (29/5/2011).

“Namun, berapa lama mereka bisa mempertahankan ini, apakah mereka bisa menggantikan tim di tempat lain ... mereka pasti memiliki filosofi. Bisakah Anda menemukan pemain seperti Xavi, Iniesta dan Messi di setiap waktu? Mungkin tidak,” tandasnya.

Berita Terkait: