Barcelona Juara, Spanyol Lewati Italia

Minggu, 29 Mei 2011

Keberhasilan Barcelona menjadi juara membuat Spanyol kini menjadi negara peraih titel juara Liga Champions terbanyak, mengungguli Italia yang sebelumnya berbagi tempat di posisi teratas.

Barcelona memetik kemenangan 3-1 atas Manchester United di final Liga Champions. Gol-gol dari Pedro Rodrigues, Lionel Messi dan David Vill cuma bisa dibalas sekali oleh Wayne Rooney.

Buat Barca ini merupakan titel juara keempat mereka, setelah sebelumnya meraih keberhasilan serupa di tahun 1992, 1996 dan 1999. Sukses Barca ini juga memberi efek positif pada Spanyol karena mereka kini menjadi negara dengan peraih trofi Liga Champions terbanyak.

Total 13 titel juara Liga Champions didapat Spanyol. Seluruh gelar tersebut datang dari dua klub terbaik mereka, Real Madrid dengan sembilan titel dan Barcelona yang menyumbang empat.

Spanyol kini mengungguli Italia yang total telah meraih 12 titel juara. Mereka yang mendonasikan gelar adalah AC Milan (7 gelar), Inter Milan (3) dan Juventus (2).

Inggris berada di posisi ketiga dengan ada 11 gelar Liga Champions pernah dimenangi klub-klubnya. Liverppol masih jadi yang terbaik dengan lima gelar, diikuti MU (3), Nottingham Forest (2) dan Aston Villa (1).

Sementara Jerman telah mengumpulkan enam piala melalui Bayern Munich (4), Borussia Dortmund (1) dan Hamburg (1).

Keberhasilan menjadi negara dengan klub pengumpul titel juara Liga Champions terbanyak semakin menegaskan dominasi Spanyol. Di kancah sepakbola dunia La Furio Roja sudah menunjukkan dominasinya dengan memenangi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Berita Terkait: