Valencia 0-1 Manchester United (30/09/2010)

Kamis, 30 September 2010

Manchester United harus mengucapkan terima kasih kepada striker muda Javier Hernandez. Gol tunggal ‘Chicharito’ ke gawang Valencia pada matchday kedua penyisihan Grup C, Kamis (30/09/2010) dini hari, memberikan tiga angka buat Setan Merah.

Ya, Hernandez yang masuk sebagai pemain pengganti, sukses memecah kebuntuan skuad Sir Alex Ferguson dalam membobol gawang tuan rumah Los Che di Mestalla. Gol semata wayang sekaligus yang pertama bagi bomber timnas Meksiko ini di Liga Champioons membawa United menang tipis Valencia 1-0.

Kemenangan ini semakin terasa berarti, karena tambahan tiga angka ini mengantar Setan Merah untuk memuncaki klasemen semerntara Grup C dengan koleksi empat angka. Nemanja Vidic dkk memiliki poin sama dengan wakil Skotlandia Glasgow Rangers yang pada saat bersamaan sukses menekuk wakil Turki, Bursaspor, juga dengan 1-0.

Bermain tanpa sejumlah pilar seperti Wayne Rooney, Ryan Giggs, Paul Scholes dan kapten tim Gary Neville, United memang sempat kesulitan mendominasi jalannya laga. Dimitar Berbatov yang dipasang sebagai striker tunggal terlihat kesulitan berjuang sendirian di lini depan.

Sementara di kubu lawan, Valencia tampil lebih percaya diri di hadapan publiknya. Duet Roberto Soldado dan Juan Mata di lini depan kerap membahayakan gawang Edwin van der Sar.

Memasuki 15 menit pertama, Valencia langsung memiliki peluang lewat Pablo Hernandez. Setelah memotong umpan Nani kepada Michael Carrick, Pablo langsung menerobos ke area pertahanan United dan melepaskan tembakan keras yang masih melambung di atas mistar gawang van der Sar.

Semenit berselang, giliran Soldado yang memberikan ancaman. Van der Sar yang coba memotong umpan silang, berhasil menepis bola yang nahasnya mengarah ke Soldado. Sayangnya, mantan pemain Real Madrid ini tak siap menyambut bola, sehingga sundulannya hanya melintas di atas mistar.

Tidak terima terus ditekan, United merespon lewat upaya Anderson, dua menit berselang. Namun, upaya gelandang asal Brasil usai menyambut umpan silang Nani, masih melebar.

Memasuki menit 33, Valencia kembali menebar ancaman yang kali ini kembali datang dari Pablo. Akselerasinya di sisi lapangan di akhiri dengan umpan silang yang sayangnya gagal disambut baik Juan Mata maupun Soldado yang berdiri di depan gawang. Skor kacamata alias 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Tiga menit memasuki babak kedua, kembali Pablo mendapat kesempatan. Aksinya melewati Patrice Evra di sisi lapangan diakhiri dengan tendangan kaki kiri keras. Namun lagi-lagi, upaya Pablo belum menemui sasaran.

United pun tak tinggal diam dan membalas melalui peluang yang dimiliki Berbatov. Memanfaatkan umpan jauh, Berba berhasil melewati penjagaan David Navarro dan melepaskan tembakan keras yang memaksa kiper veteran Valencia Cesar Sanchez berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Tidak juga mencetak gol hingga laga menyisakan 15 menit, Sir Alex Ferguson mengambil keputusan berani dengan memasukkan striker muda Javier Hernandez pada menit ke-77. Chicharito masuk menggantikan Anderson untuk menemani Berba dan menambah daya dobrak armadanya.

Namun, keputusan berani Fergie ternyata cukup jitu. Pasalnya, permainan United semakin hidup dengan masuknya bomber 22 tahun tersebut. Di menit ke-83, Chicharito mendapat peluang emas memecah kebuntuan saat menerima umpan Darren Fletcher yang berawal dari crossing Nani. Sayang, upaya Hernandez masih mampu digagalkan tiang gawang.

Namun, dua menit berselang atau menit ke-85, Chicharito tidak membuang kesempatan emas yang dimilikinya. Berawal dari pergerakan Nani di sisi lapangan yang kemudian melepaskan umpan kepada Federico Macheda, Chicharito yang menerima umpan Macheda tak membuang banyak waktu untuk mencatatkan gol perdananya di Liga Champions. Dengan tenang, mantan striker Guadalajara ini melepaskan tendangan kaki kiri yang meluncur deras ke sisi kiri gawang Sanchez. 1-0 untuk United.

Pada lima menit waktu tersisa, Valencia terus berusaha keras mencetak gol penyeimbang untuk mengobati kekecewaan para pendukungnya di Mestalla. Hingga akhir laga baik Soldado maupun Mata tak mampu membobol gawang Edwin van der Sar. Mereka pun harus menerima pil pahit kalah tipis 0-1 di kandang sendiri.

Susunan Pemain:
Valencia: Cesar, Miguel, Navarro, Maduro, Mathieu, Pablo, Albelda/Topal (86’), Costa/Fernandes (73’), Mata, Dominguez/Aduriz (58’), Soldado
Manchester United: Van der Sar, Rafael Da Silva/O’Shea (90+2), Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Fletcher, Anderson/Hernandez (77’), Nani, Berbatov/Macheda (84’), Park

Berita Terkait: